Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Jawaban Latihan 4.1 Matematika Kelas 9 Hal 212

 Latihan 4.1 Kekongruenan Bangun Datar

1. Manakah di antara gambar di bawah ini yang kongruen?

2. Manakah di antara gambar di bawah ini yang kongruen?

3. Apakah menurutmu pensil warna pada gambar di samping ini kongruen? Jelaskan.

4. Tuliskan pasangan bangun yang kongruen.

Tuliskan langkahmu menentukan bangun tersebut, digeser (translasi), diputar (rotasi), atau gabungannya?

5. Berikut ini adalah pasangan bangun yang kongruen. Tuliskan sisi-sisi dan sudutsudut yang bersesuaian.

6. Manakah belah ketupat di bawah ini yang kongruen? Jelaskan.

Gambar (a) dan (c) karena sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudutsudut yang bersesuaian sama besar.

7. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG adalah kongruen. Jika panjang sisi AD = 12 cm, DC = 13 cm dan EF = 22 cm maka tentukan panjang EH

EH = 15 cm

8. Perhatikan gambar berikut ini

Jika dua gambar di samping kongruen, tentukan nilai u dan v pada gambar tersebut.

9. Perhatikan dua gambar rumah tampak dari depan yang kongruen berikut ini.

a. Tentukan sisi-sisi yang bersesuaian.

b. Tentukan sudut-sudut yang bersesuaian.

c. Berapa panjang KJ, KL, dan LM?

d. Berapa keliling dan luas JKLMN jika jarak J ke LM adalah 7 m?

a. Panjang AB = JK, BC = KL, CD = LM, DE = MN, EA = NJ

b. Besar ∠A = ∠J, ∠B = ∠K, ∠C = ∠L, ∠D = ∠M, ∠E = ∠N

c. Panjang KJ = 5 m, KL = 4 m, LM = 8 m

d. Keliling JKLMN = 26 m, luas JKLMN = 44 m

10. Analisis Kesalahan

Jelaskan dan perbaikilah pernyataan yang salah berikut.

“Kedua bangun di samping mempunyai empat sisi dan sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang, jadi kedua bangun tersebut kongruen”

11. Benar atau Salah

Trapesium pada gambar di samping ini kongruen. Tentukan pernyataan berikut ini benar atau salah. Jelaskan. Besar ∠Z = 140o Besar ∠C = 40o

Sisi WZ bersesuaian dengan sisi CB

Keliling bangun ABCD sama dengan keliling WXYZ

Luas bangun ABCD tidak sama dengan luas WXYZ.

12. Bernalar

Gambar di samping menunjukkan dua cara menggambar satu garis untuk membagi persegi panjang menjadi dua bangun yang kongruen. Gambarkan tiga cara lainnya.

13. Berpikir Kritis Apakah luas dua bangun yang kongruen pasti sama? Apakah dua bangun dengan luas yang sama pasti kongruen? Jelaskan dengan gambar atau diagram untuk mendukung jawabanmu.

14. Berpikir Kritis Berapa banyak segitiga sama sisi kongruen paling sedikit yang diperlukan untuk membentuk segitiga samasisi yang ukurannya lebih besar dari segitiga sama sisi semula? Demikian juga, berapa persegi kongruen paling sedikit yang diperlukan untuk menghasilkan persegi yang ukurannya lebih besar dari persegi semula? Dapatkah hasil ini diperluas untuk segi-n beraturan yang lain? Jelaskan alasanmu. Harus ditambah berapa banyak segi-n beraturan lagi supaya tetap jadi segi-n?

MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Soal dan Jawaban Latihan 4.1 Matematika Kelas 9 Hal 212"