Kunci Jawaban Latih Ulangan Akhir Bab 5 Sejarah Kelas 11 Hal 72 Semester 2
Latih Ulangan Akhir Bab 5
1. Mengapa Jepang tampak begitu mudah memasuki Kepulauan Indonesia secara merata?
2. Mengapa dibentuk pemerintahan militer di Sumatra, Jawa, dan juga Indonesia bagian timur?
3. Apa maksud program “Pan Asia” dan apa hubungannya dengan ajaran Hakko ichiu?
4. Mengapa dibentuk Putera dan apa tujuannya?
5. Mengapa dibentuk Barisan Pelopor, apa tujuannya?
6. Jelaskan yang dimaksud dengan Ekonomi Perang?
7. Pada zaman Jepang, keadaan pendidikan dan aktivitas di bidang perkebunan mengalami kemerosotan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Coba lakukan telaah kritis!
8. Jelaskan dampak dari berbagai kebijakan Jepang itu terhadap kehidupan masyarakat!
9. Jelaskan tentang perlawanan Rakyat Papua terhadap kekejaman Jepang!
10. Nilai-nilai apa yang dapat kamu peroleh setelah belajar tentang sejarah pendudukan di Jepang di Indonesia?
Kunci Jawaban
1. Karena berbeda dengan Belanda dan sekutu yang langsung menunjukkan kekuatannya, Jepang melakukan propaganda untuk menarik simpati rakyat, yang mana Jepang awalnya berjanji untuk membantu Indonesia mengalahkan sekutu yakni Belanda dan akan memberikan kemerdekaan sepenuhnya.
2. Karena militer di bagian Indonesia timur sangat lemah dan sangat rawan penjajahan, sedangkan hasil tambang yang melimpah berada di pulau Sumatra dan Jawa, sehingga ketiga daerah tersebut rentan mengalami penjajahan.
3. pan asia adalah idiologi yang mempromosikan penyatuan bangsa asia, sedangkan hakko ichiu adalah ajaran menganggap semua orang sebagai saudara dan membangun wilayah kekuasaaan tertentu(khussusnya di asia timur raya ) dengan jepang sebagai pemimpinnya
4. Tujuan Putera adalah membangun dan menghidupkan kembali hal-hal yang dihancurkan Belanda. Menurut Jepang, Putera bertugas untuk memusatkan segala potensi rakyat guna membantu Jepang dalam perang. Selain tugas propaganda, Putera juga bertugas memperbaiki bidang sosial ekonomi.
5. Tujuannya :
- menanamkan semangat nasionalisme di kalangan para pemuda.
- mendapatkan tenaga cadangan sebanyak-banyaknya yang diperlukan bagi kemenangan perang Jepang.
- mendidik dan melatih pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri.
6. Yang dimaksud dengan ekonomi perang adalah seluruh tindakan atau kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh setiap negara modern untuk memenuhi semua kebutuhan perang.
7. Karena pada zaman penjajahan Jepang sudah pasti pendidikan dan aktivitas dibidang perkebunan mengalami kemerosotan karena bangsa Jepang tidak memperbolehkan kita mendapatkan pendidikan yang baik agar kita tidak bisa melawan mereka dan mereka juga hanya meminta kita menanam dan tidak memperbolehkan kita untuk menikmati hasil tanaman yang kita tanam akan tetapi hasil tanaman itu diambil alih oleh bangsa Jepang untuk dijual dan dikirim ke negeri mereka
8. Dampak positif
1. Jepang memberikan ruang dalam merumuskan dasar negara sebagai pemenuhan janji kemerdekaan
2. Jepang memberikan pendidikan militer lebih bagus (daripada kebijakan belanda) selain itu dimanfaatkan sebagai persiapan pembentukan pertahanan bagi negara baru
3. Jepang membebaskan pembentukan organisasi sehingga memperkuat persatuan dan kesatuan secara tidak langsung di para anggotanya
Negatif
1. Indonesia menjadi tersiksa dari adanya kerja romusha
2. Jepang tidak memeprbolahkan institusi atau pendidikan berkembang
3. Jepang melarang adanya organisasi politik
9. Perlawanan di Papua terjadi di Tanah Besar. Perlawanan ini dipimpin oleh Simson. Dalam perlawanan rakyat di Papua, terjadi hubungan kerja sama antara gerilyawan dengan pasukan penyusup sekutu sehingga rakyat mendapatkan modal senjata dari sekutu.
10. nilai keterbukaan dan toleransi sesama rakyat, sikap disiplin , nilai kemiliteran, keikhlasan dan nilai pantang menyerah
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Latih Ulangan Akhir Bab 5 Sejarah Kelas 11 Hal 72 Semester 2"