Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Jawaban Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 126

Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia Kelas 9 Hal 126 Teks Diskusi

1. Selain judul di atas, coba buat judul lain yang lebih menarik menurutmu!

2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?

3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!

4. Tahukah kamu mengapa kata hijau ditulis dalam tanda kutip ”hijau”? Jelaskan mengapa!

5. Bagaimana teks diskusi ini disusun?

6. Bagaimana teks beralih dari satu sudut pandang ke sudut pandang yang lain?

7. Bagaimana simpulan berkaitan dengan bagian teks lainnya (isi dan pendahuluan)?

8. Apa bagian paling efektif dari simpulan? Mengapa?

9. Diskusi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca agar setuju dengan pandangan mereka. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks ini adalah tidak mudah, berpikiran sempit. Coba temukan yang lainnya!

10. Diskusi menggunakan kata-kata untuk menghubungkan gagasan dalam satu paragraf dan hubungan gagasan antar-paragraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah namun, ditambahkan, pada saat yang sama. Dapatkah kamu temukan yang lainnya?

11. Pungtuasi (tanda baca) sangat penting dalam setiap jenis tulisan. Apa perbedaan jenis pungtuasi yang digunakan dalam teks ini? Tuliskan kembali contoh setiap jenis itu

12. Apakah teks diskusi ini efektif? Jelaskan mengapa!

13. Kata-kata yang perlu dicermati (cari maknanya dalam kamus, kamus istilah bidang ilmu, atau ensiklopedia) adalah gaya hidup hijau, daur ulang, limbah B3, organik, nonorganik, kampung wisata, bonus

Kunci Jawaban Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia Kelas 9 Hal 126 Teks Diskusi

1.selain judul diatas, coba buat judul lain yang lebih menarik menurutmu!

JAWABAN: DAUR ULANG DAN AKSI NYATA UNTUK LINGKUNGAN

2. Apa tujuan pendahuluan dalam teks diskusi ini?

JAWABAN: TUJUAN PENDAHULUAN DALAM TEKS DISKUSI TERSEBUT ADALAH MENGGUGAH KESADARAN MASYARAKAT YANG MASIH ENGGAN BERBUAT NYATA UNTUK MELESTARIKAN LINGKUNGAN LEWAT GERAKAN DAUR ULANG.

3. Apakah menurutmu pendahuluan ini sudah efektif? Jelaskan mengapa!

JAWABAN: BAGIAN PENDAHULUAN TERSEBUT SUDAH EFEKTIF KARENA MENYENTIL TINDAKAN DAN PENDAPAT SEBAGIAN ORANG YANG MEMILIH UNTUK BERHENTI DI TEORI, TAPI TIDAK PERNAH ATAU HANYA SEDIKIT BERBUAT NYATA.

4. Tahukah kamu mengapa kata hijau di tulis dengan dalam tanda kutip "hijau"? Jelaskan mengapa!

JAWABAN: KATA "HIJAU" DITULIS DALAM TANDA KUTIP UNTUK MENYATAKAN BAHWA GAYA HIDUP YANG DIRUJUK BUKANLAH GAYA HIDUP UNTUK MENGENAKAN BUSANA BERWARNA HIJAU TAPI UNTUK MELESTARIKAN LINGKUNGAN.

5. Bagaimanakah teks diskusi ini disusun?

JAWABAN: TEKS DISKUSI TERSEBUT DISUSUN DENGAN MEMBANDINGKAN PEMIKIRAN DUA KELOMPOK YANG BERBEDA TENTANG APLIKASI DAUR ULANG UNTUK PELESTARIAN LINGKUNGAN.

6. Penulis dapat berpindah dari satu sudut pandang ke sudut pandang lain dengan cara menganalisa dan memahami lebih lanjut teks tersebut dari sudut pandang yang berbeda.

7. Simpulan memang harus berkaitan dengan isi teks yang ingin di simpulkan. Kesimpulan adalah ringkasan isi cerita, inti cerita, dan tujuan yang di ceritakan dalam teks tersebut. Simpulan memuat semua isi cerita yang di persingkat melalui kalimat yang padat dan jelas.

8. Bagian yang paling efektif dari simpulan adalah kalimat utama dalam kesimpulan. Karena pada kalimat itu menjelaskan secara umum dari isi pembahasan tertentu, misalnya makalah.

9. KATA PERSUASIF

1. lebih  peduli

2. tidak mudah

3. mudah

4. gerakan kebersihan

5. membuang-buang waktu

6. direpotkan

7. tidak berpikir

8. berpikiran sempit

9. lebih efIsien

10. tidaklah sulit

11. masuk akal

10. Contoh konjungsi lain yang digunakan untuk mengubungkan gagasan dalam sebuah teks diskusi adalah sebagai berikut.

- Akan tetapi sebagai konjungsi pertentangan

- Namun sebagai konjungsi pertentangan

- Oleh karena itu sebagai konjungsi penegasan dan kausalitas.

Penjelasan:

Konjungsi sendiri merupakan kata yang berfungsi sebagai penghubung antarklausa, kalimat, hingga alinea. Konjungsi dapat dibedakan berdasarkan tempat dan fungsinya. Berdasarkan fungsi, misalnya, terdapat konjungsi pertentangan, kausalitas, temporal, dan lain sebagainya.

11. pungutasi (tanda baca ) yang terdapat pada teks diskusi itu adalah kata "hijau". Kata "hijau" itu menggunakan tanda kutip 2 untuk menegaskan /menekankan dan kata atau sebenarnya mudah ? menggunakan tanda tanya.

12. Efektif karena kita diberi beberapa sudut pandang. Maka kita bisa mengerti mana yg condong ke Pro maupun Kontra. Serta dapat diambil hikmahnya. Buang buruknya ambil baiknya. Lebih tepatnya mungkin begitu.

13. - Limbah B3 adalah jenis limbah yang berbahaya

- Gaya hidup hijau adalah hidup dengan memanfatkan lingkungan sekitar dengan baik

- Daur ulang adalah proses mendaur ulang sampah supaya dapat di olah kembali

- Kampung wisata adalah kampung yang di disain untuk menjadi objek wisat

- Sampah organik adalah sisa buangan yang berasal dari makhluk hidup baik manusia, hewan maupun tumbuhan dan sifatnya yang mudah membusuk.

- Sampah non organik ialah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati baik berupa produk sinterik maupun hasil prosses teknology pengelolahan bahan tambang atau sumber daya alam dan tidak dapat diuraikan oleh alam, Contohnya: botol plastik, tas plastik, kaleng.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Kegiatan 4 Pertanyaan Telaah Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 126"