Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA 2019 dan Pembahasannya
Artikel berikut ini menyediakan latihan soal ujian nasional Bahasa Indonesia untuk jenjang SMA di tahun 2019 beserta pembahasannya. --- Menurut kamu, apakah Bahasa Indonesia menjadi mata pelajaran yang sulit di ujian nasional? Harusnya sih nggak ya. Kenapa? Ya karena sehari-hari kan kita menggunakan Bahasa Indonesia, meskipun dalam ragam bahasa yang nggak resmi. Bahasa Indonesia kerap menjadi monster yang siap menjatuhkan nilai ujian nasional kamu. Nah, biar nggak jadi monster, kenalan dulu yuk dengan latihan-latihan dan pembahasan soal yang akan muncul di ujian nasional nanti. 1. Topik: Membaca Nonsastra Indikator: Peserta didik dapat menemukan ide pokok Bacalah paragraf berikut dengan saksama! Sebaiknya, brokoli dimasak atau direbus dengan air mendidih dalam kondisi setengah matang. Tambahkan garam untuk membunuh kuman, lalu tiriskan sebentar! Siram dengan air dingin! Fungsi air dingin untuk mempertahankan warna dan memperlambat proses pemasakan brokoli. Dalam kondisi seperti ini, brokoli dapat disimpan 2â3 hari dalam lemari pendingin dan aman dikonsumsi. Ide pokok paragraf tersebut adalah.... A. cara menyimpan brokoli B. fungsi garam dan penirisan brokoli C. cara mempertahankan warna brokoli D. daya tahan brokoli E. cara membersihkan brokoli Jawaban: A Pembahasan: Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi pengembangan paragraf. Ide pokok biasanya terdapat pada awal atau akhir paragraf. Jika terdapat pada awal paragraf, biasanya terdapat pada kalimat pertama yang disebut sebagai kalimat utama. Paragraf di atas merupakan jenis paragraf induktif yang memiliki ide pokok di akhir paragraf. Jadi, Ide pokok paragraf tersebut adalah cara menyimpan brokoli. 2. Topik: Membaca Nonsastra Indikator: Peserta didik dapat menyimpulkan isi tersirat dalam teks Setelah dilakukan penilaian terhadap ulangan Bahasa Indonesia kelas XII IPA, yang memperoleh nilai 8 sebanyak 25 orang, nilai 7 sebanyak 4 orang, dan nilai 6 hanya 1 orang. Jumlah siswa 30 orang. (...) Simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah.... A. Belum dapat dikatakan mereka pintar. B. Mereka belum dikatakan siswa yang pandai. C. Dapat dikatakan nilai mereka baik. D. Jadi, guru mereka boleh berbangga. E. Memang mereka anak yang rajin-rajin. Jawaban: C Pembahasan: Simpulan adalah pendapat akhir yang didapatkan dari uraian yang telah disampaikan sebelumnya. Simpulan dapat diperoleh dari keseluruhan isi bacaan. Berdasarkan uraian paragraf di atas, nilai Bahasa Indonesia kelas XII IPA sebagian besar memperoleh nilai yang bagus dan hanya satu orang yang memperoleh nilai 6. Maka, simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah âDapat dikatakan nilai mereka baik.â Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 3. Topik: Membaca Nonsastra Indikator: Peserta didik dapat membandingkan isi, pola, dan atau bahasa teks Teks 1 Pagi itu hujan lebat mengguyur Kota Bandar Lampung, Lampung. Hujan yang terjadi mulai pukul 04.30 WIB tadi membuat jalan menuju Stasiun Tanjung Karang, tepatnya Jalan Raden Intan, terendam banjir. Pada malam hari genangan air setinggi sekitar 40 cm mengakibatkan kemacetan cukup panjang. Teks 2 Ribuan rumah terendam banjir bandang di tiga kecamatan di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah. Para korban mengungsi ke daerah yang lebih aman. Kondisi itu terjadi pada Minggu pukul 03.00 WITA Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah.... A. Teks 1 : urutan waktu Teks 2 : urutan tempat B. Teks 1 : urutan waktu Teks 2 : urutan sebab-akibat C. Teks 1 : urutan sebab-akibat Teks 2 : urutan waktu D. Teks 1 : urutan tempat Teks 2 : urutan waktu E. Teks 1 : urutan tempat Teks 2 : urutan sebab-akibat Jawaban: B Pembahasan: Pola penyajian teks 1 adalah berdasarkan urutan waktu. Hal tersebut terlihat pada kalimat pertama yang menyatakan pagi itu, kemudian pada kalimat selanjutnya menyatakan pukul 04.30 WIB dan pada malam hari. Pada teks 2, pola penyajiannya berdasarkan urutan sebab-akibat, yaitu terlihat pada kalimat pertama yang menyatakan banjir dan kalimat seterusnya yang menjelaskan akibat dari banjir tersebut sehingga para korban mengungsi. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka perbedaan pola penyajian kedua teks berita di atas adalah teks 1 penyajiannya berdasarkan urutan waktu, sedangkan teks 2 berdasarkan sebab-akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. Baca Juga: Perbedaan Buku Fiksi dan Nonfiksi 4. Topik: Membaca Terbatas Indikator: Peserta didik dapat melengkapi unsur teks Perhatikan petunjuk berikut!
- Pasanglah mata bor!
- Masukkan steker ke dalam stop-kontak!
- Arahkan mesin bor dengan tepat ke arah tempat yang akan dilubangi dan dikunci.
- Hidupkan mesin!
- [....]
- Matikan mesin dan tunggu sampai putaran berhenti!
- [....]
- Gabungkan ujung benang, kemudian ikat boneka!
- Ikatkan benang sepanjang 30 cm ke semua lubang pada plastik!
- Buatkan lingkaran pada plastik sampul buku!
- Lemparkan ke udara, tampaklah orang terjun!
- Gunting plastik sesuai pola, kemudian beri lima lubang untuk benang pada pinggirnya!
Posting Komentar untuk "Latihan Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA 2019 dan Pembahasannya"