Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan dan Pembahasan Soal HOTS SBMPTN: Matematika Dasar 2019

soal hots SBMPTN Matematika dasar Squad, apakah kamu merasa takut atau khawatir untuk menghadapi soal-soal HOTS Matematika di SBMPTN 2019 nanti? Eits, tenang aja. Kali ini, kita akan belajar latihan dan pembahasan soal prediksi HOTS SBMPTN Matematika Dasar. Sudah siap? Yuk, mulai! Untitled design(4)-10 Topik: Pertidaksamaan Subtopik: Pertidaksamaan Bentuk Akar 1. Misal 1-405577069081menyatakan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan 2-79dan 3-43 menyatakan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan 4-18 Hubungan yang tepat antara 1-405577069081 dan3-43 adalah …. 5-18 Jawaban: B Pembahasan: Untuk pertidaksamaan pertama, kuadratkan kedua ruas sehingga diperoleh 6-16 Diperoleh himpunan penyelesaiannya adalah 7-15Namun ekspresi di dalam akar haruslah non negatif, sehingga 8-15 Diperoleh himpunan penyelesaiannya adalah 9-19Sehingga  adalah irisan dari kedua himpunan penyelesaian tersebut, yakni 10-13 Untuk pertidaksamaan kedua, kuadratkan kedua ruas sehingga diperoleh 11-122 Diperoleh himpunan penyelesaiannya adalah 12-12 Namun ekspresi di dalam akar haruslah non negatif, sehingga 13-11 Diperoleh himpunan penyelesaiannya adalah 14-5577069075 Sehingga  adalah irisan dari kedua himpunan penyelesaian tersebut, yakni 15-8 Dapat disimpulkan bahwa irisannya adalah himpunan kosong, yakni 16-6 Untitled design(4)-10 Topik: Rumus-rumus Trigonometri Subtopik: Sudut Rangkap 2. Untuk setiap17-5 berlaku 18-6 SEBAB Untuk setiap 17-5 berlaku 19-5 Jawaban: C Pembahasan: Untuk setiap  17-5berlaku 20-4 Karena 21-4maka 19-5 Melalui rumus sudut rangkap diperoleh  22-5 Untitled design(4)-10 Topik: Barisan dan Deret Subtopik: Barisan dan Deret Aritmetika 3. Diketahui fungsi 1-405577069082dengan x anggota bilangan asli. Nilai dari  2-80….
  1. 3.575
  2. 3.675
  3. 3.775
  4. 3.875
  5. 3.975
Jawaban: C Pembahasan: Perhatikan bahwa3-444-19 , dan 5-19 Dari observasi tersebut diperoleh bahwa barisan 6-17 merupakan barisan aritmetika dengan suku awal 7-16, dan suku ke-50, 8-16 Maka jumlah  suku pertama deret tersebut adalah 9-20 Untitled design(4)-10 Topik: Turunan Subtopik: Garis Singgung Kurva 4. Jika garis singgung kurva 10-14melalui titik (4,4) dan mempunyai gradien 5 pada titik tersebut, maka 11-123….
  1. 4
  2. 2
  3. 1
  4. -2
  5. -4
Jawaban: D Pembahasan: Gradien garis singgung diperoleh melalui turunan kurva tersebut di titik 12-13 yakni 13-12 Lalu karena kurva melalui titik (4,4) maka diperoleh persamaan kedua 14-5577069076 Substitusi persamaan pertama ke persamaan kedua sehingga diperoleh 15-9 Maka dari itu diperoleh 16-7 Jadi 17-6 Untitled design(4)-10 Topik: Fungsi Eksponen Subtopik: Pertidaksamaan Eksponen  5. Pertidaksamaan berikut yang berlaku untuk setiap 17-5adalah …. 18-7 Jawaban: E Pembahasan: Tidak ada pertidaksamaan pada pilihan yang berlaku untuk setiap 17-5 karena 19-6 hanya berlaku untuk 20-5 21-5 (karena 22-6 maka tanda pertidaksamaan dibalik) Cara yang serupa berlaku untuk pertidaksamaan lainnya. Untitled design(4)-10 Topik: Persamaan Kuadrat Subtopik: Akar-akar Persamaan Kuadrat 6. Diberikan persamaan kuadrat 1-405577069083 Jika 2-81dan  akar-akar dari persamaan tersebut dengan 3-45, maka nilai dari  4-20adalah …. 5-20 Jawaban: A Pembahasan: Perhatikan bahwa 6-18 karena3-45maka 8-17 Perhatikan bahwa 9-21 Jadi, 10-15 Untitled design(4)-10 Topik: Matriks Subtopik: Kesamaan Matriks 7. Diketahui 11-124Nilai dari 12-14...... 13-13 Jawaban: A Pembahasan: Dari kesamaan pada baris pertama kolom kedua diperoleh 14-5577069077Dari kesamaan pada baris kedua kolom pertama diperoleh 15-10Lalu dari kersamaan pada baris pertama kolom pertama diperoleh 16-8Jadi 17-7 Untitled design(4)-10 Topik: Peluang Subtopik: Peluang Suatu Kejadian 8. Dua buah dadu dilempar bersama-sama. Peluang munculnya jumlah mata dadu 4 atau 5 adalah …. 18-8 Jawaban: B Pembahasan: Terdapat 3 kejadian jumlah mata dadu bernilai 4, yakni (1,3), (3,1), (2,2) serta terdapat 4 kejadian jumlah mata dadu bernilai 5, yakni (1,4), (2,3), (3,2), (4,1). Jadi peluangnya adalah 19-7 Untitled design(4)-10 Topik: Turunan Subtopik: Turunan Aljabar 9. Turunan orde ke-n dari  20-6adalah  21-6…. 22-7 Jawaban: A Pembahasan: Perhatikan observasi berikut 23-4 Jika dilanjutkan hingga n kali maka turunan ke-n  dari fungsi tersebut adalah 24-4 Untitled design(4)-10 Topik: Program Linier Subtopik: Nilai Maksimum dan Minimum 10. Diberikan sistem pertidaksamaan 25-4 Fungsi objektif yang mencapai minimum di titik (1,2) adalah …. 26-3 Jawaban: E Pembahasan: Berikut daerah penyelesaiannya. Daerahnya ditandai dengan warna yang paling hitam. 27-3 Titik pojok dari daerah tersebut adalah (0,4), (0;2,5), (1,2), (2,0), dan (5,0). Hasil perhitungan dari masing-masing fungsi objektif tersaji pada tabel berikut. 28-3 Perhatikan bahwa tidak ada fungsi objektif yang mencapai minimum pada titik (1,2). Untitled design(4)-10 Susah atau biasa aja nih Squad? Jangan sampai lengah ya, ayo terus persiapkan dirimu demi menghadapi SBMPTN 2019 mendatang dengan melihat video pembahasan soal-soal SBMPTN beranimasi di ruangbelajar. ruangbelajar hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '62700d92-1aae-4202-a1e5-0542d3acc323', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Latihan dan Pembahasan Soal HOTS SBMPTN: Matematika Dasar 2019"