Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal dan Pembahasan Ujian Nasional (UN) SMP: IPA 2019

latihan soal un IPA smp terbaru 2019 Artikel ini berisi kumpulan soal dan pembahasan untuk persiapan Ujian Nasional SMP IPA tahun 2019 -- Squad, gimana persiapakan kamu menghadapi Ujian Nasional? Jangan sampai merasa ujian nasional masih jauh dan belajar dengan mendadak, lho. Setelah 3 tahun berjuang di SMP, kamu pasti ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Karena, ya, pembelajaran yang terbaik itu yang dipahami dengan benar. Bukan cuman asal hafal di detik-detik terakhir. Supaya bisa mengasah kemampuan kamu dalam bidang IPA, berikut adalah 10 contoh latihan soal untuk ujian nasional beserta pembahasannya.   separator   1. Topik: Klasifikasi Makhluk Hidup Sub Topik: Ciri-ciri/karakteristik makhluk hidup Indikator: Peserta didik mampu mengklasifikasi makhluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae dan mamalia.   Perhatikan ciri-ciri makhluk hidup berikut ini!
  1. Heterotrof.
  2. Biasanya hidup di tempat yang lembab.
  3. Tubuhnya tersusun atas benang-benang halus atau hifa.
  4. Pada umumnya berkembang biak dengan spora.
Ciri-ciri di atas merupakan ciri kelompok makhluk hidup…. A. MoneraB. PlantaeC. FungiD. Mamalia   Kunci: C Pembahasan: Fungi merupakan kelompok makhluk hidup yang memperoleh makanan dengan cara menguraikan sisa makhluk hidup lain. Ciri lain dari fungi adalah bersifat heterotrof, tidak berklorofil, tidak mempunyai akar, batang, dan daun. Fungi biasa hidup di tempat yang lembab, bersifat saprofit (memperoleh bahan organik dari organisme yang sudah mati atau sudah membusuk) atau parasit (organisme yang hidup dan mengisap makanan dari organisme lain yang ditempelinya). Tubuh fungi terdiri atas benang-benang halus yang disebut hifa dan pada umumnya berkembang biak dengan spora. separator  2. Topik: Sistem Organisasi Kehidupan Sub Topik: Keragaman pada sistem organisasi kehidupan Indikator: Peserta didik mampu mengklasifikasikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan dari sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme   Susunan yang tepat pada sistem organisasi kehidupan dari yang sederhana menuju kompleks adalah…. A. Sel - organ - jaringan - sistem organ - organismeB. Sel - jaringan - organ - sistem organ - organismeC. Sel - jaringan - organisme - organ - sistem organD. Organisme - sistem organ - organ - jaringan - sel   Kunci: B Pembahasan: Urutan sistem organisasi kehidupan dari yang sederhana menuju kompleks adalah Sel - Jaringan - Organ - Sistem Organ - Organisme. Sel merupakan unit terkecil kehidupan. Sel-sel dengan bentuk dan fungsi yang sama berkumpul membentuk jaringan. Kumpulan dari beberapa macam jaringan yang berbeda dan membentuk satu kesatuan untuk melakukan fungsi tertentu disebut organ. Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu disebut dengan sistem organ. separator  3. Topik: Interaksi Antar Makhluk Hidup Sub Topik: Gejala alam biotik dan abiotik Indikator: Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri makhluk abiotik dan biotik yang ada di lingkungan sekitar   Berikut ini merupakan komponen biotik di alam adalah…. A. Tanah liatB. Batu bataC. Air lautD. Jasad renik   Kunci : D Pembahasan : Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup dan ikut memengaruhi makhluk hidup baik secara langsung maupun tidak langsung. Lingkungan terdiri atas dua komponen utama, yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik terdiri atas makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan jasad renik. Sedangkan komponen abiotik terdiri atas benda-benda tidak hidup di antaranya air, tanah, udara, dan cahaya. separator 4. Topik: Bioteknologi Sub Topik: Pemanfaatan bioteknologi Indikator: Peserta didik mampu menyimpulkan pemanfaatan dari bioteknologi   Perhatikan pernyataan mengenai bioteknologi berikut ini!
  1. Pembuatan tempe dengan memanfaatkan kapang.
  2. Pembuatan tape dan roti menggunakan khamir.
  3. Pembuatan yogurt dan keju dengan bantuan bakteri.
  4. Rekayasa genetika untuk menghasilkan padi tahan hama.
  5. Menggabungkan dua sifat tanaman dengan cara okulasi.
Pernyataan di atas yang merupakan kegiatan bioteknologi adalah…. A. 1 dan 2B. 1, 2, dan 3C. 1, 2, 3, dan 4D. Semua jawaban benar   Kunci: C Pembahasan: Bioteknologi adalah pemanfaatan makhluk hidup atau bahan yang diperoleh dari makhluk hidup untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang bermanfaat bagi manusia dengan menerapkan prinsip-prinsip dari ilmu dan teknologi. Bioteknologi memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan produk pangan maupun pertanian. Contoh kegiatan bioteknologi tersebut di antaranya adalah pembuatan tempe dengan memanfaatkan kapang Rhizopus sp., pembuatan tape dan roti menggunakan khamir, pembuatan yogurt dan keju dengan bantuan bakteri, dan rekayasa genetika untuk menghasilkan padi tahan hama. separator 5. Topik: Pencemaran Lingkungan Sub Topik: Pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan Indikator: Peserta didik mampu menganalisis prosedur pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan   Upaya meminimalisasi sampah hasil limbah rumah tangga agar tidak mencemari perairan dapat dilakukan dengan cara mendaur ulang sampah-sampah di sekitar kita. Seperti dibuat menjadi kompos, kerajinan tangan, dan benda berguna lainnya. Upaya tersebut disebut dengan istilah…. A. RecycleB. ReuseC. ReduceD. Repair   Kunci: A Pembahasan: Recycle atau daur ulang adalah mengolah kembali barang bekas agar dapat dimanfaatkan lebih lanjut. dalam proses daur ulang akan dilakukan proses mengolah kembali sampah atau benda-benda bekas menjadi barang atau produk baru yang memiliki nilai manfaat. Contoh dari kegiatan daur ulang adalah proses perubahan sampah organik menjadi kompos, Pengunaan kaleng bekas untuk bahan baku kerajinan tangan. separator 6. Topik: Sistem gerak Sub Topik: Mekanisme sistem organ Indikator: Peserta didik mampu menjelaskan mekanisme sistem gerak   Perhatikan pernyataan di bawah ini!
  1. Memberikan bentuk dan menyokong tubuh.
  2. Melindungi organ-organ eksternal.
  3. Tempat dibentuknya sel darah.
  4. Tempat menempelnya otot sebagai alat gerak pasif.
Pernyataan di atas yang paling tepat untuk menjelaskan fungsi dari sistem rangka bagi tubuh manusia adalah…. A. 1 dan 2B. 1 dan 3C. 2 dan 4D. Semua jawaban benar   Kunci: B Pembahasan: Tubuh manusia dibentuk oleh tulang-tulang yang tersusun secara teratur yang disebut rangka. Terdapat 4 fungsi utama sistem rangka bagi tubuh, yaitu : 1. Memberikan bentuk dan mendukung tubuh 2. Melindungi organ internal atau organ dalam, misal tulang rusuk melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak 3. Tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif yang dapat menggerakkan tulang 4. Tempat dibentuknya sel darah, yaitu pada bagian sumsum tulang (jaringan lunak yang terdapat di bagian tengah tulang). separator 7. Topik: Sistem Ekskresi Sub Topik: Menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia Indikator: Peserta didik mampu mendeskripsikan cara menjaga kesehatan sistem ekskresi manusia   Batu ginjal merupakan penyakit berbahaya pada sistem ekskresi manusia. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tersebut adalah.... A. Banyak mengonsumsi garam mineralB. Banyak mengonsumsi minuman beralkoholC. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung pewarnaD. Banyak mengonsumsi air putih   Kunci: D Pembahasan: Batu ginjal merupakan gangguan berupa terbentuknya endapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal atau kantung kemih. Batu ginjal berbentuk kristal yang tidak dapat larut. Kandungan batu ginjal adalah kalsium oksalat, asam urat, dan kristal kalsium fosfat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi penyakit tersebut adalah dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi garam mineral dan banyak mengonsumsi air putih sehingga tidak terbentuk endapan dalam ginjal. separator 8. Topik: Sistem Reproduksi Sub Topik: Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia Indikator: Peserta didik mampu mejelaskan macam - macam kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi manusia   Penyakit menular pada alat kelamin manusia yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum disebut…. A. HIVB. GonorhoeC. SifilisD. Keputihan   Kunci: C Pembahasan: Sistem reproduksi sangat rawan terhadap kelainan dan penyakit. Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus. Sifilis atau raja singa merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Gejala awal penyakit ini adalah luka pada tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh, biasanya pada daerah sekitar kelamin. Penyakit ini dapat menyebar dan menyerang organ tubuh lainnya, kemudian menimbulkan kerusakan pada organ tersebut. separator   9. Topik: Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan Sub Topik: Percobaan fotosintesis Indikator: Peserta didik mampu menerapkan percobaan fotosintesis   Munculnya gelembung udara pada percobaan Ingeuhouz dengan Hidrylla sp. sebagai tanaman uji membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan produk berupa…. A. KarbohidratB. AirC. Karbon dioksidaD. Oksigen   Kunci: D Pembahasan: Percobaan Ingeuhouz merupakan salah satu percobaan untuk melihat proses fotosintesis pada tumbuhan. Munculnya gelembung udara pada percobaan Ingeuhouz dengan Hidrylla sp. sebagai tanaman uji membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan gas oksigen. separator 10. Topik: Sistem Organisasi Kehidupan Sub Topik: Keterkaitan antara sistem organ pada manusia Indikator: Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara sistem organ manusia   Berikut ini merupakan kondisi yang dapat terjadi jika organ hati rusak adalah…. A. Terganggunya fungsi sistem organB. Dapat menimbulkan penyakitC. Akumulasi suatu toksik dalam tubuhD. Semua jawaban benar   Kunci: D Pembahasan: Sistem organ merupakan kumpulan organ yang saling bekerja sama untuk melaksanakan fungsinya, sehingga apabila salah satu organ penyusun sistem tersebut rusak atau tidak berfungsi, maka sistem organ tersebut akan mengalami kegagalan perannya, sehingga dapat menimbulkan suatu penyakit atau terakumulasinya suatu bahan toksik yang berbahaya bagi tubuh. separator 11. Topik: Pewarisan Sifat Sub Topik: Pewarisan sifat makhluk hidup untuk meningkatkan kesejahteraan manusia Indikator: Peserta didik mampu menentukan manfaat dari penerapan pewarisan sifat pada tumbuhan dan hewan   Berikut yang merupakan keunggulan varietas padi hibrida adalah…. A. Lebih rentan terkena serangan insektaB. Bentuk biji lebih lonjongC. Lebih merusak ekosistem sawahD. Lebih pulen, lebih wangi, dan lebih cepat dipanen   Kunci: D Pembahasan: Varietas hibrida merupakan suatu jenis tumbuhan yang merupakan keturunan dari persilangan antara dua atau lebih jenis tumbuhan yang memiliki karakteristik genetik yang berbeda. Varietas hibrida ini dibuat untuk mengambil manfaat dari munculnya kombinasi yang baik dari induk-induk yang disilangkan. Padi hibrida dapat menghasikan beras 30% lebih banyak daripada padi pada umumnya, lebih tahan terhadap lahan yang kering, lebih pulen, lebih wangi, dan lebih cepat dipanen. Contoh padi hibrida misalnya varietas Arize, Intani, PPH, Bernas Prima, dan varietas IPB 4S. separator 12. Topik: Objek Ilmu Alam dan Pengamatannya Sub Topik: Pengukuran Indikator: Peserta didik mampu menghitung hasil pengukuran mistar/jangka sorong   Perhatikan gambar hasil pengukuran menggunakan jangka sorong di bawah ini!   jangka sorong
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Latihan Soal dan Pembahasan Ujian Nasional (UN) SMP: IPA 2019"