Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal SBMPTN Tes Potensi Skolastik (TPS) 2019

TPS UTB SBMPTN Squad, pada SBMPTN 2019 mendatang kamu harus berhadapan dengan soal TPS (Tes Potensi Skolastik). TPS atau Tes Potensi Skolastik adalah tes yang digunakan untuk mengukur potensi yang ada pada diri yang bersangkutan. Dalam tes ini, calon mahasiswa akan diukur pada kemampuan kognitif, logika atau nalar dan pemahaman umum. Tes ini dapat mengetahui apakah seseorang mempunyai potensi untuk masuk ke perguruan tinggi, disamping kemampuan akademik. Nah, sudah siapkah kamu untuk menghadapimu? Yuk, berlatih dulu dengan soal berikut sebelum menghadapi hari ujian nanti. latihan soal sbmptn

Topik: Kemampuan Verbal: Urutan dalam Soal Cerita

Pilihlah jawaban yang benar sesuai dengan urutan dalam soal cerita!
  1. Agen properti menawarkan lima buah rumah dengan luas dan tipe sama. Harga kelima rumah tersebut ditentukan oleh panorama sekelilingnya.
  • Rumah R berharga tiga kali lipat rumah Q.
  • Harga rumah S adalah harga rumah R ditambah Q.
  • Rumah P dua kali lebih mahal dari rumah Q
  • Rumah T lebih murah dua kali lipat daripada rumah S
Urutan tiga rumah yang memiliki panorama terindah adalah...
  1. S, R, Q
  2. S, P, T
  3. S, R, P
  4. S, P, Q
  5. R, S, T
Jawaban: C Pembahasan: Urutan rumah yang tepat berdasarkan harganya adalah S (seharga 4Q), R (seharga 3Q), P dan T (seharga 2Q) dan Q sendiri. Karena harga ditentukan oleh panorama, urutan tiga rumah berpanorama terindah adalah S, R, lalu P atau T, sesuai dengan jawaban C. latihan soal sbmptn
  1. Sebuah pos satpam biasanya diisi 2—3 personel secara bergantian oleh Pono, Supandi, Mursid, Daniel, dan Waluyo. Tugas jaga ditentukan dengan ketentuan sebagai berikut.
  • Setiap orang mendapat jatah tiga hari bertugas dan libur setiap Senin.
  • Pada Selasa dan Jumat harus ada tiga personel.
  • Pono bertugas selama tiga hari berturut-turut, termasuk Jumat.
  • Daniel tidak bertugas di hari Minggu.
  • Hari tugas Supandi dan Mursid berselang-seling.
  • Waluyo selalu bertugas bersama Supandi.
Jika Mursid bertugas pada Rabu, manakah pernyataan yang tepat?
  1. Pono bertugas dengan Waluyo pada hari Selasa.
  2. Mursid bertugas pada hari Minggu dengan Daniel.
  3. Waluyo bertugas dengan Supandi dan Daniel pada Rabu.
  4. Daniel bertugas dengan Mursid dan Pono pada Jumat.
  5. Supandi bertugas bersama Pono dan Waluyo pada Kamis.
Jawaban: D Pembahasan: Di bawah ini adalah tabel pembagian tugas para satpam tersebut. latihan soal sbmptn Berdasarkan tabel tersebut, jawaban paling sesuai adalah D, sementara A, B, C, dan E tidak tepat. latihan soal sbmptn

Topik: Kemampuan Verbal: Hubungan kata

3. ... : PEPOHONAN = LADANG : ...
  1. DAUN – SAWAH
  2. HUTAN – PALAWIJA
  3. KAYU – TANAH
  4. POHON – PERSAWAHAN
  5. BUKIT – PADI
Jawaban: B Pembahasan: Hubungan yang tepat untuk menyubtitusikan tanda titik dua (:) adalah kata ditanami sehingga jawaban yang tepat adalah B, HUTAN ditanami PEPOHONAN seperti halnya LADANG ditanami PALAWIJA (tanaman selain padi, seperti kacang, ubi, jagung, biasanya ditanam di ladang). latihan soal sbmptn 4. FAIL : ... = KEBERHASILAN : ...
  1. SUKSES – KEKALAHAN
  2. KEKALAHAN – KEMENANGAN
  3. RAK – KEGAGALAN
  4. DOKUMEN – KESUKSESAN
  5. HUJATAN – MEDALI
Jawaban: D Pembahasan: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V, fail berarti ‘dokumen’. Oleh karena, itu, hubungan tepat untuk menyubtitusikan tanda titik dua (:) adalah frasa bersinonim dengan sehingga jawaban yang tepat adalah D, FAIL bersinonim dengan DOKUMEN seperti halnya KEBERHASILAN bersinonim dengan KESUKSESAN.  latihan soal sbmptn

Topik: Kemampuan Verbal: Penalaran Logis

  1. (1) Semua siswa kelas V mahir bermain kelereng.
(2) Tidak ada siswa kelas V yang mahir bermain kelereng dan layang-layang sekaligus. (3) Anggi mahir bermain layang-layang. Mana pernyataan yang sesuai dengan tiga premis di atas?
  1. Sebagai siswa kelas V, Anggi pun mahir bermain kelereng.
  2. Anggi dan siswa kelas V mahir bermain layang-layang.
  3. Siswa kelas V dan Anggi tidak mahir bermain kelereng.
  4. Sebagian siswa kelas V, termasuk Anggi, mahir bermain layang-layang.
  5. Anggi bukan siswa kelas V.
Jawaban: E Pembahasan: Jawaban A bertentangan dengan premis 2. Pilihan B bertentangan dengan premis 2. Jawaban C bertentangan dengan premis 1. Jawaban D bertentangan dengan premis 2 dan 1. Pilihan paling sesuai adalah E karena dari premis 1 dan 2 diketahui bahwa semua siswa kelas V mahir bermain kelereng dan tidak mahir bermain layang-layang. Sementara itu, Anggi mahir bermain layang-layang. Oleh karena itu, pasti Anggi bukan siswa kelas V. latihan soal sbmptn
  1. (1) Setiap hari, pukul 17.00, semua karyawan wajib pulang dari kantor, kecuali para direktur.
(2) Selasa pukul 17.30, Hana masih berada di kantor. Kesimpulannya adalah...
  1. pada Selasa, semua karyawan pulang pukul 17.30.
  2. petinggi perusahaan pulang pukul 17.30.
  3. tidak ada petinggi perusahaan yang bekerja pada Selasa.
  4. Hana, petinggi perusahaan, masuk kantor pada Selasa.
  5. Hana adalah seorang karyawan teladan.
Jawaban: D Pembahasan: Dari premis 1 diketahui semua direktur belum pulang selepas pukul 17.00 dan dari premis 2 diketahui Hana masih berkantor pada pukul 17.30. Dapat disimpulkan bahwa Hana adalah direktur atau petinggi perusahaan. Oleh karena itu, jawaban paling sesuai adalah D. latihan soal sbmptn

Topik: Kemampuan Numerikal: Deret

7. 1 , ... , 5, 9, 25, 27, 125, 81, ... , 243
  1. 1, 325
  2. 3, 625
  3. 5, 243
  4. 7, 343
  5. 9, 729
Jawaban: B Pembahasan: latihan soal sbmptn latihan soal sbmptn 8. ..., 21, 34, 55, a, 144, b, 377, 610,... (a, b) = ?
  1. (85, 229)
  2. (86, 230)
  3. (87, 231)
  4. (88, 232)
  5. (89, 233)
Jawaban: E Pembahasan: Bilangan di atas adalah bagian dari deret Fibonacci. Setiap bilangan adalah jumlah dari dua bilangan sebelumnya. latihan soal sbmptn latihan soal sbmptn

Topik: Kemampuan Numerikal, Kemampuan Aritmatik

9. Jika 4-17dan 5-17, berapakah  6-15?
  1. 5
  2. 9
  3. 5
  4. 10
  5. 5
Jawaban: A Pembahasan: latihan soal sbmptn latihan soal sbmptn 10. Jika 8-14, berapakah 9-18?
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Jawaban: B Pembahasan: latihan soal sbmptn latihan soal sbmptn

Topik: Kemampuan Numerikal, Logika Matematika

11. Rata-rata nilai UAS 18 siswa kelas A adalah 8,5. Bila nilai dua orang siswa dimasukkan, rata-ratanya menjadi 8,65. Berapa nilai rata-rata dua orang tersebut?
  1. 8
  2. 8,5
  3. 9
  4. 9,5
  5. 10
Jawaban: E Pembahasan: latihan soal sbmptn latihan soal sbmptn 12. Sisi terpanjang dua segitiga siku-siku A dan B adalah 13 cm dan 10 cm masing-masing. Jika jumlah keliling dua segitiga tersebut adalah 54 cm, berapa luas A dibandingkan luas B?
  1. 2:3
  2. 3:4
  3. 3:5
  4. 5:4
  5. 5:6
Jawaban: D Pembahasan: Karena dalam soal disebutkan panjang sisi terpanjang, dapat diketahui alas dan tinggi kedua segitiga siku-siku tersebut berdasarkan teorema phytagoras. latihan soal sbmptn latihan soal sbmptn

Topik: Kemampuan Figural, Pencerminan/Rotasi Gambar

Pilih gambar yang tak sesuai dengan yang lain! 13. latihan soal sbmptn Jawaban: E Pembahasan: Bentuk A, B, C, dan D merupakan satu bidang yang dirotasi, sementara E bukan. latihan soal sbmptn 14. latihan soal sbmptn Jawaban: E Pembahasan: Bentuk A dan C tidak berbeda, sementara bentuk C dan D adalah pencerminan satu sama lain. Yang berbeda sendiri adalah E. latihan soal sbmptn

Topik: Kemampuan Figural, Kelanjutan Gambar

15.  latihan soal sbmptn Jawaban: B Pembahasan: Dalam gambar-gambar di atas, kelanjutan gambar didasarkan atas jumlah bangun di dalam dan luar lingkaran. Bangun di dalam lingkaran dalam kota-kotak sebelumnya adalah 3, 4, dan 5, sementara jumlah bangun di luar lingkarannya adalah 0, 1, 2, dan 3. Oleh karena itu, gambar selanjutnya adalah kotak berisi lingaran dengan bangun di dalam lingkaran berjumlah 6 dan bangun di luar lingkaran berjumlah 4, seperti yang ada di jawaban B. latihan soal sbmptn 16. latihan soal sbmptn latihan soal sbmptn Jawaban: D Pembahasan: Gambar-gambar domino di soal memiliki satu kesamaan, yaitu jumlah titiknya adalah 4. Jadi, gambar domino selanjutnya juga harus memiliki empat buah titik, seperti halnya gambar pada pilihan D. latihan soal sbmptn

Topik: Kemampuan Figural, Bangun Geometri

17. latihan soal sbmptn latihan soal sbmptn Jawaban: D Pembahasan: Bangun segi lima di atas akan lebih mudah diurai dengan menandai bagian atap dan alasnya latihan soal sbmptn sehingga jaring-jaringnya akan lebih mudah diurai sebagai berikut. latihan soal sbmptn Jika diurai, jaring-jaringnya sesuai dengan jawaban D. latihan soal sbmptn 18.  latihan soal sbmptn Jawaban: B Pembahasan: Untuk lebih mudahnya, titik-titik persinggungan ditandai, latihan soal sbmptn sehingga didapat jawaban B latihan soal sbmptn latihan soal sbmptn 19.  Mana gambar yang berbeda di bawah ini? latihan soal sbmptn Jawaban: A Pembahasan: Bangun B, C, D, dan E merupakan bentuk bangun yang dirotasi, kecuali A. latihan soal sbmptn Gimana Squad? Menurut kamu susah atau biasa aja nih? Coba share pendapat kamu di kolom komentar ya! Jangan lupa untuk terus persiapkan dirimu untuk menghadapi soal-soal HOTS di SBMPTN 2019 lainnya dengan menonton video beranimasi, berlatih soal, dan mengulang pelajaran dari rangkuman infografis di ruangbelajar. TPS UTBK hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, 'eb1444b0-85eb-4952-9900-f8c13bfe0d13', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Latihan Soal SBMPTN Tes Potensi Skolastik (TPS) 2019"