Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP dan Pembahasannya
Artikel kali ini akan memberikan informasi tentang latihan soal ujian nasional 2019 Matematika SMP berserta pembahasannya. Selamat belajar Squad. --- Sudah sejauh mana persiapan kamu dalam menghadapi ujian nasional 2019 ini Squad? Wah jangan bilang belum ada persiapan sama sekali lho. Ada beberapa bekal yang harus kamu siapkan saat berjuang di ujian nasional nanti. Selain sarapan sebelum ke sekolah, kamu juga harus membekali diri dengan latihan-latihan soal dong. Terlebih mata pelajaran matematika. Pasti di pikiran kamu yang terlintas ialah kesulitan-kesulitan yang tiada akhir. Nah, di artikel ini kamu bisa memperdalam pemahaman kamu dengan 10 contoh soal latihan untuk ujian nasional 2019 untuk mata pelajaran matematika. Ada pembahasannya juga lho, keep scroll ya Squad. 1. Topik : Bilangan Sub Topik : Operasi bilangan bulat 1. Hasil dari -4 + 8 : (-2) x 2 + 5 -2 adalah...A. -9B. -7C. 7D. 9Jawaban: APembahasan:Operasi tersebut dimulai dengan pembagian dan perkalian karena kedudukannya lebih tinggidari penjumlahan dan pengurangan. -4 + (8 : -2) x 2 + 5 -2 = -4 + (-4 x 2 ) + 5 â 2 = -4 + (-8) + 5 â 2 = -9 2. Topik : Operasi bilangan pecahan Indikator : Peserta didik mampu menghitung hasil operasi bilangan pecahan Hasil dari adalah... Jawaban: D Pembahasan: 3. Topik: Perbandingan Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai perbandingan Sebuah toko kue selama 8 hari dapat membuat 240 kotak kue. Banyak kue yang dapat dibuat oleh toko tersebut selama 12 hari adalahâ¦. A. 160 kotak B. 260 kotak C. 360 kotak D. 460 kotak Jawaban: C Pembahasan: Jadi, banyak kue yang dapat dibuat selama 12 hari adalah 360 kotak. 4. Topik: Bilangan bentuk akar Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan masalah bilangan bentuk akar Bentuk yang ekuivalen dengan adalah... Jawaban: C Pembahasan: 5. Topik: Barisan dan deret Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai dari deret bilangan Diketahui barisan aritmetika dengan U4= 20 dan U8= 44. Suku ke-40 baris itu adalah⦠A. 106 B. 236 C. 246 D. 275 Jawaban: B Pembahasan: Eleminasi kedua persamaan: Substitusi nilai b ke satu diantara persamaan di atas, maka: 20 = a + 3b 20 = a + 3(6) 20 = a + 18 2 = a Maka suku ke-40 barisan tersebut adalah U40 = 2 + (39) 6 = 236 6. Topik: Aritmetika sosial Indikator: Peserta didik mampu menyelesaikan masalah aritmetika sosial Pak Arif membeli motor dengan harga Rp15.000.000,00 dan dijual lagi dengan harga Rp16.500.000,00. Berapa perentase keuntungan yang diperoleh? A. 1% B. 1,5% C. 10% D. 15% Jawaban: C Pembahasan: keuntungan = harga jual â harga beli = 16.500.000 â 15.000.000 = 1.500.000 Persentase keuntungannya 7. Topik: Aljabar Sub Topik: Himpunan K = {3, 4, 5} dan L = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, himpunan pasangan berurutan yang menyatakan relasi âdua lebihnya dariâ dari himpunan K ke L adalah â¦. A. {(3, 5), (4, 6)} B. {(3, 5), (4, 6), (5, 7)} C. {(3, 1), (4, 2), (5, 3)} D. {(3, 2), (4, 2), (5, 2)} Jawaban: C Pembahasan : "dua lebihnya dari " dari himpunan K ke L : 3 dua lebihnya dari 1, 4 dua lebihnya dari 2, 5 dua lebihnya dari 3 Himpunan pasangan berurutannya adalah {(3, 1), (4, 2), (5, 3)} 8. Topik: Persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel Indikator: Peserta didik mampu menentukan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel Penyelesaian dari adalah .... A. x = -42 B. x = -35 C. x = 35 D. x = 42 Jawaban: A Pembahasan: 9. Topik: Sistem persamaan linier dua variabel Indikator: Peserta didik mampu menghitung persamaan linear dua variabel Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00 sedangkan harga 3 kaus dan 3 celana Rp 000,00. Harga 2 kaus dan 5 celana adalah.⦠A. Rp60.000,00 B. Rp90.000,00 C. Rp270.000,00 D. Rp360.000,00 Jawaban: D Pembahasan: Misalkan kaus = x dan celana = y Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00 : x + 2y = 150.000 Harga 3 kaus dan 3 celana Rp270.000,00 : 3x + 3y = 270.000 Dengan metode eliminasi diperoleh: Sehingga harga 2 kaus dan 5 celana = 2x + 5y = 2(30.000) + 5(60.000) = 360.000 10. Topik: Garis-garis sejajar dan sudut Indikator: Peserta didik mampu menentukan nilai sudut berdasarkan garis Perhatikan gambar di bawah ini! Besar sudut AOC adalah... A. 42° B. 44° C. 46° D. 50° Jawaban: C Pembahasan: â AOC dan â BOC merupakan sudut saling berpenyiku, maka: â AOC + â BOC = 90° (6x + 4)° + (5x + 9)° = 90° 11x° + 13° = 90° 11x° = 90° - 13° 11x° = 77° x = 7° â AOC = (6x + 4)° â AOC = (6.7 + 4)° â AOC = 46° 11. Topik: Segiempat dan segitiga Indikator: Peserta didik mampu menganalisis panjang sisi segitiga berdasarkan sudut Dari pasangan sisi-sisi segitiga di bawah ini, yang merupakan sisi-sisi segitiga siku-siku adalahâ¦. A. 8 cm, 12 cm, 16 cm B. 9 cm, 12 cm, 15 cm C. 9 cm, 12 cm, 17 cm D. 12 cm, 14 cm, 20 cm Jawaban: B Pembahasan: Dalam jika segitiga ABC, jika c2 = a2 + b2, maka segitiga adalah segitiga siku-siku. Dimana c adalah sisi miring. Untuk sisi segitiga 8 cm, 12 cm, dan 16 cm 162 > 82 + 122 256 > 64 + 144 256 > 208 (segitiga tumpul) Untuk sisi segitiga 9cm, 12cm, dan 15cm 15² = 9² + 12² 255 = 81 + 144 225 = 225 (segitiga siku-siku) Untuk segitiga 9cm, 12cm, dan 17 cm 17² > 9² +12² 289 > 81 + 144 289 > 225 (segitiga tumpul) Untuk segitiga 12cm, 14cm, dan 20cm 20² > 12² + 14² 400 > 144 + 196 400 > 340 (segitiga tumpul) Jadi, yang merupakan ukuran panjang sisi segitiga siku-siku adalah 9 cm, 12 cm, dan 15 cm. 12. Topik: Lingkaran Indikator: Peserta didik mampu menghitung luas lingkaran Sebuah ban mobil memiliki panjang jari-jari 35 cm. Ketika mobil tersebut berjalan, ban mobil tersebut berputar sebanyak 100 kali. Tentukan luas ban mobil tersebut! A. 220 cm² B. 3.850 cm² C. 2.220 cm² D. 38.500 cm² Jawaban: B Pembahasan: r = 35 cm L = Î r² L = 22/7 x (35 cm)² L = 3.850 cm² 13. Topik: Lingkaran Indikator: Peserta didik mampu menyimpulkan keliling lingkaran Sebuah lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter 56 m. Di sekeliling lapangan akan dipasang lampu dengan jarak 4 m. Berapa banyak lampu yang diperlukan? A. 24 buah B. 30 buah C. 34 buah D. 44 buah Jawaban: D Pembahasan: Banyak lampu = keliling : jarak lampu = 176 : 4 = 44 buah 14. Topik: Geometri dan Pengukuran Sub Topik: Garis dan sudut Perhatikan gambar di bawah ini Nilai y adalah... A. 24° B. 25° C. 26° D. 34° Jawaban: C Pembahasan : Untuk menjawab soal ini kamu harus paham konsep hubungan antarsudut jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain. Dalam hal ini â CEF dan â EAH merupakan sudut sehadap, maka: â EAH = â CEF â EAH = 102° â EAH + â BAE = 180° (sudut saling berpelurus) 102°+ 3y = 180° 3y = 180° - 102° 3y = 78° y = 26° 15. Topik: Geometri dan Pengukuran Sub Topik: Segitiga dan Segiempat Sebuah taman berbentuk persegi. Di sekeliling taman itu ditanami pohon pinus dengan jarak antar pohon 4 m. Panjang sisi taman itu adalah 65 m. Banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah ... A. 50 B. 55 C. 60 D. 65 Jawaban: D Pembahasan: Keliling taman yang berbentuk persegi tersebut adalah K = 4 s K = 4 x 65 m K = 260 m Karena tiap 4 m ditanami pohon maka banyak pohon yang diperlukan adalah Banyak pohon = 260 m/4 m Banyak pohon = 65 Jadi, banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah 65 buah pohon. 16. Topik: Geometri dan Pengukuran Sub Topik: Kesebangunan dan Kekongruenan Sebuah foto berbentuk persegi panjang diletakan di atas selembar karton berukuran 20 cm x 40 cm. Di sebelah kiri, kanan dan atas terdapat sisa karton masing-masing 5 cm. Jika foto dan karton tersebut sebangun, maka lebar sisa karton di bawah foto itu adalah .⦠A. 5 cm B. 10 cm C. 20 cm D. 30 cm Jawaban: C Pembahasan: Diketahui bahwa ukuran karton 20 cm x 40 cm Ukuran foto dapat diketahui berdasarkan sisa karton Panjang (P) = 20 - sisa kanan - sisa kiri = 20 - 5 - 5 = 10 cm Lebar (L) = 40 - sisa atas - sisa bawah = 40 - 5 - x = (35 -x) cm Dapat digambarkan sebagai berikut Karena foto dan karton sebangun, maka dapat dicari nilai x menggunakan rumus 17. Topik: Bangun ruang sisi lengkung Indikator: Peserta didik mampu menghitung volume bangun ruang sisi lengkung Perhatikan gambar! Sebuah bola tepat berada di dalam tabung sehingga bola menyinggung setiap sisi tabung. Jika volume tabung 60 cm3, volume bola adalahâ¦. A. 30 cm3 B. 36 cm3 C. 40 cm3 D. 45 cm3 Jawaban: C Pembahasan: Volume bola tersebut adalah 40 cm3 18. Topik: Peluang Indikator: Peserta didik mampu menganalisis peluang Dalam sebuah kotak terdapat 9 kelereng yang diberi nomor 1 sampai dengan 9. Jika diambil sebuah kelereng secara acak, peluang terambilnya kelereng bernomor prima adalah⦠Jawaban: B Pembahasan: 19. Topik: Ukuran pemusatan data Indikator: Peserta didik mampu menganalisis ukuran pemusatan data Berat rata-rata dari 12 siswa adalah 55 kg dan berat rata-rata 15 orang lainya adalah 45 Berat rata-rata dari keseluruhan kedua kelompok tersebut adalahâ¦. A. 47 kg B. 48 kg C. 49 kg D. 50 kg Jawaban: C Pembahasan: Jumlah berat 12 siswa = 12 X 55 = 660 = rata-rata ke-1 Jumlah berat 15 siswa = 15 X 45 = 675 = rata-rata ke-2 20. Topik: Peluang Indikator: Peserta didik mampu menghitung peluang Dalam percobaan melempar sebuah dadu, peluang muncul mata dadu faktor dari 6... Jawaban: C Pembahasan: Mata dadu faktor dari 6 adalah 1, 2, 3, dan 6 Itu dia beberapa contoh latihan soal ujian nasional 2019 Matematika SMP berserta pembahasannya. Kamu bisa lho memahami materi dari soal yang akan diujikan di ruangbelajar. Dengan animasi yang keren, dijamin kamu bakalan mudah buat pahamin materinya deh. Gabung sekarang yuk. hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '1eaeb7cf-6e40-4247-9ae0-312c2019d986', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
Posting Komentar untuk "Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika SMP dan Pembahasannya"