Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah di Balik Sistem Ekonomi Merkantilisme | Sejarah Kelas 11

sistem ekonomi merkantilisme Yuk, kita ketahui hal menarik apa saja di balik sistem ekonomi merkantilisme di artikel berikut ini. -- Pernah gak sih kamu bertanya, kenapa kerajaan seperti Inggris, Prancis, dan Spanyol dulu pergi menjelajah dan mendirikan koloni baru? Jika kamu menjawab dengan jawaban “petualangan dan tantangan”, maka kamu benar. Tapi petualangan yang mereka lakukan itu bukan sekedar petualangan untuk mendapat foto-foto indah, melainkan ada misi lain di balik petualangan mereka. Misi apa kah itu? Yuk, simak penjelasannya!  Kerajaan-kerajaan di Eropa memiliki sistem ekonomi yang mengharuskan mereka untuk menjelajah. Nah sistem ekonomi ini namanya merkantilisme. Apa itu merkantilisme? Gambaran MerkantilismeIlustrasi (cnx.org)

Mengenal Sistem Ekonomi Merkantilisme

Merkantilisme adalah nama dari sebuah sistem ekonomi, sistem ini digunakan pada abad ke 16 hingga abad ke 18. Sistem ekonomi ini berupaya meningkatkan kekuatan negara sendiri dengan melemahkan kekuatan ekonomi negara lainnya. Sistem ini sangat populer saat itu karena kebanyakan kerajaan melarang koloninya berdagang dengan koloni dari kerajaan lain. Sistem ini berjalan dengan skema dimana kerajaan disebut dengan “Mother Country”. Mother country ini akan mengontrol semua perdagangan di koloninya. Koloni dilarang untuk berdagang dengan koloni lain atau kerajaan lain, selain itu kerajaan akan berusaha menekan import dan mendukung eksport. Skema merkantilismeSkema Merkantilisme (Sumber: Youtube.com, saluran: Teach Social Studies) Gampangnya gini, teman kamu mau jual motor, terus kamu tawarin buat jualin motor dia, nah setelah ketemu pembelinya harganya kamu naikin 2 juta, kamu bawa dan anterin motornya ke si pembeli, abis itu yang 2 juta kamu simpan, baru sisanya kamu kasih ke teman kamu, tapi teman kamu nggak tau kalau harganya kamu naikin 2 juta. Hal ini juga berlaku sebaliknya kalau teman kamu sedang mencari barang. money, capitalist, kapitalisme, merkantilisme, ekonomiUang, membuat kamu, kerajaan, dan semua orang senang :) (Sumber: Giphy.com) Seperti dijelaskan di atas, sistem ekonomi merkantilisme ini bertujuan untuk memperkuat sebuah negara atau dalam kasus nyatanya sebuah kerajaan. Jika sebuah kerajaan mempunyai kekayaan berlimpah, kerajaan tersebut bisa melakukan apa saja, misalnya berperang dan mempertahankan daerah, riset untuk iptek, memajukan kebudayaannya, atau membuat koloni baru di tempat lain. Kerajaan-kerajaan Eropa yang terkenal dengan kebijakan ekonomi ini, pada abad ke 16 – 18 disebut dengan “The Big Three”, yang terdiri dari Spanyol, Inggris, dan Perancis. Bahkan sistem ekonomi ini sampai diajarkan kepada anak-anak sekolah di negara-negara tersebut.

Kebijakan Merkantilisme

Kebijakan Merkantilisme Sistem ekonomi ini pula yang menyebabkan banyaknya terjadi revolusi melawan kerajaan. Hal tersebut dikarenakan adanya monopoli dagang dan penarikan pajak yang memberatkan hingga menyengsarakan rakyat, lihat saja revolusi Amerika atau revolusi Perancis. Selain itu, karena sistem ini menitikberatkan kepada wilayah lain yang mempunyai sumber daya berlebih dan berharga, akhirnya kerajaan-kerajaan tersebut berlomba mendapatkan wilayah baru dan memicu perang antar kerajaan. penggambaran merkantilismeEnggak, mereka gak perang kaya gitu naik onta, ini buat ilustrasi aja (sumber: giphy.com) Jika dilihat dari sifatnya yang mementingkan modal/kapital sebagai ukuran dari keberhasilan dan faktor penggerak ekonomi. Maka sistem ekonomi ini adalah kekek-nya sistem ekonomi kapitalis. Kamu tahu kan kapitalis/kapitalisme? Kamu gatau? Berarti kamu harus banyak baca lagi nih, coba deh baca ini: Macam-macam Sistem Ekonomi.

Dampak Merkantilisme

Kemudian, sistem merkantilisme ini juga berpengaruh lho terhadap kehidupan di dunia. Apa saja ya pengaruhnya? Pengaruh merkantilisme terhadap dunia Gimana, sekarang kamu jadi tahu kan kenapa pada zaman dahulu kala, banyak kerajaan saling memperebutkan wilayah jajahan, ini terjadi karena mereka menganut sistem ekonomi merkantilisme yang membutuhkan daerah untuk menyokong kerajaannya. Nah agar kamu lebih mengerti lagi dampak yang diberikan oleh sistem ini, ada baiknya kamu coba ruanguji, disana ada soal-soal ujian berkualitas yang bisa bikin kamu tambah pinter. Cobain skuy! tryout ruanguji hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '93e6f0c1-91dd-4e56-8f2d-1bd01dc17669', {"useNewLoader":"true","region":"na1"}); Sumber referensi: Hapsari, R. Adil, M. (2016) Sejarah untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga. Sumber foto: Foto ilustrasi merkantilisme [Daring]. Tautan: https://cnx.org/contents/om58Z9rT@3/%F0%9F%93%9D-Mercantilism (Diakses: 25 November 2020) Foto skema merkantilisme [Daring]. Tautan: https://www.youtube.com/watch?v=gMYo07DESRs (Diakses: 25 November 2020) GIF lempar uang [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/news-breaking-nowthis-3o85xocwDAut8lqT9S (Diakses: 25 November 2020) GIF Metal Slug 2 game [Daring]. Tautan: https://giphy.com/gifs/metal-slug-p6jQUdpkStYhW (Diakses: 25 November 2020)   Artikel ini diperbarui pada 25 November 2020
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Kisah di Balik Sistem Ekonomi Merkantilisme | Sejarah Kelas 11"