Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan dan Pembahasan Soal HOTS SBMPTN: Saintek

Squad, pada SBMPTN 2019 mendatang soal-soal yang akan diujikan merupakan jenis soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Sebelumnya, kita sudah membahas mengenai pengertian dan tujuan dari digunakannya soal HOTS. Nah, sekarang saatnya kita berlatih soal-soal yang termasuk ke dalam soal HOTS untuk mata pelajaran Saintek. Sudah siap? Yuk, kita belajar! Matematika IPA-1 Topik: Dimensi Tiga (Bangun Ruang) Level: C5 (Sintesis) 1. Diketahui bidang empat beraturan T.ABC dengan rusuk 6. Titik P adalah titik tengah TC. Jika mtk1-11 adalah sudut antara AP dengan bidang ABC, maka sin mtk1-11= .... mtk2-11 Jawaban: E Pembahasan: Perhatikan gambar berikut. mtk3-6 Perhatikan segitiga ABC mtk4-2 Berdasarkan aturan pada segitiga samasisi mtk5-2 mtk6-2 Kemudian berdasarkan prinsip kesebangunan mtk7-2 mtk8-2 Perhatikan segitiga APP' mtk9-2 Untitled design (4)-18 Topik: Integral Level: C6 (Evaluasi) 2. Turunan kedua f(x) adalah mtk10-2Jika grafik y = f(x) melalui titik A(1,6) dan garis singgung y = f(x) di titik A mempunyai gradien 4, maka f(x) = … mtk11-2 Jawaban: E Pembahasan: mtk12-2 garis singgung y = f(x) di titik A(1,6) mempunyai gradien 4, berarti f' (1) = 4 mtk13-2 Grafik y = f(x) melalui titik A(1,6), berarti f(1) = 6 mtk14-2 Biologi Topik: Ruang Lingkup Biologi Indikator Soal: Menganalisis tabung yang bisa dibandingkan untuk menentukan ada tidaknya pengaruh oksigen dalam yogurt yang dihasilkan Soal di bawah ini adalah contoh soal yang tergolong dalam soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), karena siswa harus menganalisis variabel bebas apa saja yang ada dalam percobaan itu, siswa juga harus menganalisis variabel terikat yang dipengaruhi oleh variabel bebas oksigen serta siswa juga menganalisis tabung mana yang akan menghasilkan yogurt (memahami konsep fermentasi juga). Soal ini berada pada kategori C4.
  1. Perhatikan perangkat percobaan di bawah ini!
Tabung I: Susu pasteurisasi+ bakteri asam laktat+ tabung tertutup Tabung II: Susu Pasteurisasi+ tanpa bakteri asam laktat + tabung terbuka  Tabung III: Susu pasteurisasi+ bakteri asam laktat + tabung terbuka Tabung IV : Susu pasteurisasi + tanpa bakteri asam laktat + tabung tertutup Untuk mengetahui bahwa oksigen menjadi faktor yang berpengaruh terhadap yogurt yang dihasilkan, maka tabung yang harus dibandingkan adalah....
  1. I dan II
  2. II dan III
  3. III dan IV
  4. I dan IV
  5. III dan I
Kunci: E Pembahasan: Oksigen adalah salah satu variabel bebas dalam percobaan tersebut. Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi variabel terikat (variabel yang berisi faktor yang diamati atau diukur untuk menentukan ada tidaknya pengaruh variabel bebas). Selain oksigen variabel bebas lainnya adalah bakteri asam laktat. Oleh karena itu jika ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh oksigen terhadap yogurt yang dihasilkan adalah dengan mengamati tabung I dan III, karena keduanya diberi bakteri asam laktat yang berperan dalam pembuatan yogurt, namun dalam keadaan yang berbeda dimana tabung I tertutup (tidak ada oksigen) dan tabung III dibuka (ada oksigen) sehingga pengaruh oksigen dapat diketahui dengan membandingkan tabung I dan tabung III. Matematika IPA (1) Topik: Medan Magnetik (Induksi Elektromagnetik) Level: C4 (Analisis)
  1. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!
  • Semakin cepat magnet digerakkan keluar masuk kumparan maka semakin besar arus induksi yang terjadi.
  • Semakin banyak jumlah lilitan kawat pada kumparan, semakin besar tegangan yang ditimbulkan akibat perubahan fluks magnetik.
  • Semakin besar perubahan fluks magnetik maka semakin besar arus induksi yang ditimbulkan.
Dari pernyataan-pernyataan di atas, pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor….
  1. (1)
  2. (1) dan (2)
  3. (1), (2), dan (3)
  4. (1) dan (3)
  5. (2) dan (3)
Jawaban : C Berdasarkan Hukum Faraday : fis1-11 Dengan: fis2-11 Keterangan : fis3-5 Berdasarkan persamaan di atas maka dapat dipastikan bahwa semua pernyataan adalah benar. Pernyataan (1) benar karena semakin cepat magnet digerakkan keluar masuk kumparan perubahan fluks magnetik per satuan waktu juga akan menjadi besar yang menyebabkan tegangan induksi besar. Apabila tegangan induksinya membesar, maka arus induksi yang timbul juga pasti membesar. Untitled design (4)-19 Topik   : Gerak Parabola Level   : C5 (Sintesis)
  1. Perhatikan gambar di bawah ini!
fis4-2 Ketiga bentuk lintasan bola memiliki tinggi maksimum sama yakni h. Bentuk lintasan bola yang memiliki waktu terlama di udara adalah….
  1. merah
  2. biru
  3. hijau
  4. merah = hijau
  5. merah = biru = hijau
Jawaban : E Ketinggian maksimum pada gerak parabola dirumuskan : fis5-2 Karena percepatan gravitasi dan ketinggian maksimum sama untuk semua kondisi maka : fis6-2 Waktu bola melayang di udara (mencapai jarak maksimum) dirumuskan : fis7-2 Dari persamaan ini didapatkan hasil bahwa waktu bola terlama di udara tidak dipengaruhi oleh bentuk lintasan bola. Untitled design (4)-19 Topik   : Usaha – Energi Level   : C6 (Evaluasi) 3. Seorang siswa melakukan suatu eksperimen sederhana sebagai berikut. Pada eksperimen pertama, dia menarik suatu benda dengan gaya F pada permukaan datar licin sehingga mempercepat benda dari diam sampai mencapai kelajuan v. Pada percobaan kedua, ia mempercepat dengan gaya yang sama sehingga dia menyimpulkan bahwa perbandingan usaha pada eksperimen pertama dan kedua adalah 1 : 3. Dengan demikian pada percobaan kedua, ia mempercepat dari….
  1. v menjadi 2v
  2. v menjadi 3v
  3. 2v menjadi 3v
  4. 3v menjadi 4v
  5. 4v menjadi 5v
Jawaban : A Soal ini dapat diselesaikan dengan menggunakan konsep usaha-energi. Dalam soal ini gaya F yang diberikan akan membuat benda berpindah sejauh s. Selama benda berpindah maka kelajuan benda bergerak juga ikut berubah sehingga besarnya usaha akibat gaya sama dengan perubahan energi kinetik benda. Berlaku persamaan : fis8-2 Pada eksperimen pertama : fis9-2 Pada eksperimen kedua : fis10-2 Didapatkan kesimpulan bahwa : fis11-2 Jadi, pada ekseperimen kedua siswa tersebut mempecepat benda dari kelajuan v menjadi 2v. Matematika IPA (2) 1. Proses pemurnian belerang yang dilakukan oleh Frasch dikenal juga dengan proses penambangan sumur panas. Konsep kerjanya adalah dengan mengalirkan air panas kedalam sumur galian yang terdapat deposit belerang, sehingga belerang akan meleleh dan mengapung pada permukaan air. Namun diawal proses ini, Frasch mengalami permasalahan. Suhu tertinggi dari air panas adalah 100oC, namun belerang memiliki titik lebur pada suhu 101,6o C. Analisis, cara manakah di bawah ini yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapai Frasch? (diketahui KIM4 Ar S = 32 g/mol, Ar H = 1 g/mol, O = 16 g/mol).
  1. Menaikan tekanan air hingga 200 kPa
  2. Menambahkan 0,09 kg NaCl disetiap liter air yang dipanaskan
  3. Menambahkan HCl 2,15 M kedalam setiap liter air yang digunakan
  4. Menambahkan alkohol 10% kedalam setiap liter air yang digunakan
  5. Meningkatkan volume air yang masuk 2 kali lipat dari normal
Jawaban: B Pembahasan: (A) Jawaban A salah, karena menaikan tekanan air akan menggugurkan tanah meningkatkan sedimen, sehingga lebih sulit untuk mendapat belerang murni. (B) Jawaban B benar. Menambahkan 0,09 kg NaCl atau 90 gram NaCl disetiap liter air akan menaikan suhu air sekitar KIM2-1 (sehingga titik didih menjadi air KIM3-1) dan sama dengan titik leleh belerang dalam deposit, sehingga belerang akan didapatkan. kim1-1 (C) Jawaban C salah. Menambahkan HCl akan merusak alat – alat pertambangan yang umumnya dari logam. (D) Menambahkan alkohol 10% pada setiap liter air tidak berpengaruh, karena belerang tidak larut dalam alkohol. (E) Meningkatkan volume air yang masuk tidak akan mempengaruhi, karena konsep kerjanya adalah melelehkan belerang. Untitled design (4)-19 Gimana Squad? Menurut kamu, susah atau biasa aja nih soal-soal HOTS yang telah kita bahas tadi? Jangan patah semangat dulu ya, kamu masih punya banyak waktu kok untuk terus berlatih soal-soal SBMPTN di ruangbelajar. Video pembahasannya pasti bikin kamu cepat paham deh! ruangbelajar hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '62700d92-1aae-4202-a1e5-0542d3acc323', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Latihan dan Pembahasan Soal HOTS SBMPTN: Saintek"