Artikel ini menyediakan beberapa soal latihan Matematika IPS SMA sebagai bahan persiapanmu untuk menghadapi Ujian Nasional (UN). --
Topik: Relasi dan Fungsi Subtopik: Relasi Level Kognitif: LOTS 1. Jika diketahui himpunan P = {2, 3, 4, 5, 6}, dengan relasi dari P ke Q adalah
“½ kalinya dariâ€. Maka di bawah ini yang termasuk anggota himpunan Q adalah … A. {1, 3/2, 2, 5/2, 3} B. {1, 2, 3, 4, 5} C. {2, 3, 4, 5, 6} D. {4, 6, 8, 10, 12} E. {-2, -3, -4, -5, -6}
Jawaban: D Pembahasan: Diketahui P = {2, 3, 4, 5, 6}. Berikut masing-masing anggota P dengan relasi ½ kalinya dari. 2 sama dengan ½ kalinya dari 4. 3 sama dengan ½ kalinya dari 6. 4 sama dengan ½ kalinya dari 8. 5 sama dengan ½ kalinya dari 10. 6 sama dengan ½ kalinya dari 12. Jadi, yang termasuk anggota himpunan Q adalah {4, 6, 8, 10, 12}.
Topik: Fungsi Komposisi Subtopik: Invers Fungsi Level Kognitif: MOTS 2. Diketahui f(x) = 6x - 8, jika f-1(a) = 4, maka nilai 4a - 11 adalah … A. 6 B. 11 C. 13 D. 18 E. 24
Jawaban: C Pembahasan: Perhatikan bahwa:

, maka


, a = 6. Maka, 4a - 11 = 4(6) - 11 = 24 - 11 = 13.
Topik: Fungsi Linear Subtopik: Fungsi Linear Level Kognitif: LOTS 3. Di antara fungsi di bawah ini, yang merupakan fungsi linear adalah …
Jawaban: D Pembahasan: Bentuk umum fungsi linear adalah
f(x) = ax + b dengan a, b ∈ R. Perhatikan bahwa f(x) = x2 - 5 dan f(x) = x2 - 2x + 9 adalah fungsi kuadrat serta

dan

memiliki x yang tidak berpangkat satu. Jadi, yang merupakan fungsi linear adalah f(x) = -6x + 7.
Topik: Fungsi Kuadrat II Subtopik: Pertidaksamaan Kuadrat Level Kognitif: MOTS 4. Nilai x yang memenuhi agar -x2 + 4x + 5 ≤ 0 adalah … A. x ≥ -5 B. x ≥ -1 C. x ≥ 5 D. x ≥ 0 E. x ≥ 2
Jawaban: C Pembahasan: Perhatikan bentuk pertidaksamaan pada soal.

Didapat pembuat nol, yaitu x = 5 atau x = -1. Dengan menggunakan garis bilangan didapat:

Sehingga, himpunan penyelesaian dari -x2 + 4x + 5 ≤ 0 adalah {x|x ≤ -1 atau x ≥ 5, x ∈ R}. Namun, karena permintaan pada soal adalah
“yang memenuhiâ€, maka jawaban yang tepat adalah yang termasuk ke dalam himpunan penyelesaian {x|x ≤ -1 atau x ≥ 5, x ∈ R}, yaitu terdapat pada pilihan jawaban C.
Topik: Fungsi Rasional Subtopik: Pertidaksamaan Rasional Level Kognitif: MOTS 5. Jika penyelesaian dari pertidaksamaan adalah q < x < p, maka 3p - 2q adalah … A. -4 B. 4 C. 11 D. 15 E. 19
Jawaban: C Pembahasan: Perhatikan bahwa:

Sehingga, didapat pembuat nol dari pembilang pada bentuk rasionalnya, yaitu x = 5, dan dari penyebutnya, yaitu x = 2. Dengan menggunakan garis bilangan didapat:

Sehingga, didapat penyelesaian 2 < x < 5. Karena pada soal diketahui penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut adalah q < x < p, maka p = 5 dan q = 2, sehingga 3p - 2q = 3(5) - 2(2) = 15 - 4 = 11.
Topik: Fungsi Trigonometri dan Grafiknya Subtopik: Aturan Sinus Level Kognitif: MOTS 6. Perhatikan segi-8 beraturan berikut ini:

Jika panjang OD adalah 8 cm, maka luas segi-8 beraturan tersebut adalah … cm2. A. 16 B. 64 C. 64 D. 128 E. 128
Jawaban: E Pembahasan: Perhatikan bahwa segi-8 beraturan tersebut dibagi menjadi 8 buah segitiga sama kaki yang memiliki luas yang sama. Perhatikan segitiga OAB. Karena OD = 8 cm, maka OA = OB = 8 cm. Perhatikan bahwa

Berdasarkan aturan sinus untuk luas segitiga, maka luas segitiga OAB adalah

Karena segi-8 beraturan tersebut dibagi menjadi 8 buah segitiga sama kaki yang memiliki luas yang sama, maka:
Topik: Sistem Persamaan Linear Subtopik: Penerapan SPLDV Level Kognitif: MOTS 7. Jika pembilang dan penyebut suatu pecahan masing-masing dikurangi dengan 3, maka pecahan itu menjadi ⅔. Tetapi, jika kedua-duanya ditambah 3, maka pecahan itu menjadi ⅚. Pecahan tersebut adalah … A. 2/9 B. 5/9 C. 5/6 D. 2/3 E. 7/9
Jawaban: E Pembahasan: Misalkan: Pembilang = x, penyebut = y.

Eliminasi kedua persamaan:

Substitusikan ke persamaan pertama:

Maka, pecahan tersebut adalah x/y = 7/9.
Topik: Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Kuadrat Dua Variabel Subtopik: Sistem Persamaan Linear Kuadrat Dua Variabel (SPLKDV) Level Kognitif: HOTS 8. Diketahui garis k melewati titik (2,4) dan menyinggung parabola y = x2 - 2x + 4. Persamaan garis k adalah … A. y = 2x + 4 B. y = -2x C. y = 2x - 4 D. y = -2x + 4 E. y = 2x
Jawaban: E Pembahasan: Misalkan persamaan garis k adalah y = mx + c dengan m adalah gradien garis tersebut. Diketahui garis k melewati titik (2,4), maka kita mempunyai

Selanjutnya, kita substitusikan c = 4 - 2m ke y = mx + c, sehingga

Kemudian, substitusikan y = m(x-2) + 4 ke y = x2 - 2x + 4, maka kita peroleh

Karena garis k melewati titik (2,4) dan menyinggung parabola y = x2 - 2x + 4, maka nilai diskriminan pada persamaan 0 = x2 - (2 + m)x + 2m adalah nol, sehingga kita peroleh

Maka, persamaan garis k adalah
Topik: Program Linear Subtopik: Pemodelan Matematika Level Kognitif: LOTS 9. Seorang pengusaha material hendak mengangkut 110 ton barang dari gudang A ke gudang B. Untuk keperluan itu, sekurang-kurangnya diperlukan 50 kendaraan truk yang terdiri dari jenis I dengan kapasitas 3 ton dan jenis II dengan kapasitas 2 ton. Model matematika dari persamaan tersebut adalah …
Jawaban: C Pembahasan: Misalkan: Truk jenis I = x, truk jenis II = y.
- “Hendak mengangkut†maka tanda yang digunakan adalah ≤ dan “sekurang-kurangnya†maka tanda yang digunakan adalah ≥.
- Penulisan model matematika jumlah truk yang digunakan:

- Penulisan model matematika untuk material yang hendak diambil:

Maka, model matematika dari permasalahan tersebut adalah:
Topik: Matriks Subtopik: Operasi Hitung Matriks I Level Kognitif: LOTS 10. Jika,

, nilai A + B - C = …
Jawaban: E Pembahasan: Perhatikan bahwa
Topik: Matriks Subtopik: Determinan Matriks Level Kognitif: HOTS 11. Diketahui

dengan |a| ≠|b| dan

dengan y adalah suatu bilangan bulat genap. Jika KM adalah matriks singular, maka y … A. -5 B. -3 C. -2 D. 2 E. 6
Jawaban: D Pembahasan: Karena KM adalah matriks singular, maka det (KM) = 0. Perhatikan bahwa det (KM) = det (K) . det (M), maka

Karena |a| ≠|b|, maka a2 ≠b2, sehingga a2 - b2 ≠0. Akibatnya,

Karena y adalah suatu bilangan bulat genap, maka y = 2.
Topik: Barisan dan Deret Subtopik: Aplikasi Deret Aritmatika Level Kognitif: MOTS 12. Diketahui lima orang bersaudara dengan selisih umur yang sama. Anak yang termuda berusia 13 tahun dan yang tertua 33 tahun. Jumlah usia mereka seluruhnya adalah … A. 112 tahun. B. 115 tahun. C. 125 tahun. D. 130 tahun. E. 160 tahun.
Jawaban: B Pembahasan: Diketahui: a = 13, n = 5, U5 = 33. Hitunglah nilai beda (b):

Hitunglah jumlah usia ke-5 anak tersebut:
Topik: Limit I Subtopik: Limit Aljabar Level Kognitif: LOTS 13.

A. 0 B. 2 C. 3 D. 6 E. ∞
Jawaban: C Pembahasan:
Topik: Turunan Subtopik: Turunan Fungsi Aljabar Level Kognitif: LOTS 14. Turunan pertama dari fungsi

adalah …
Jawaban: D Pembahasan: Perhatikan bahwa:
Topik: Integral Subtopik: Teorema Dasar Kalkulus Level Kognitif: HOTS 15. Dengan menggunakan jumlah Riemann dengan tak hingga persegi panjang, hasil dari

adalah … A. 34 B. 35 C. 36 D. 37 E. 38
Jawaban: C Pembahasan: Karena batas kiri = 0 dan batas kanan = 3, maka:

Kemudian kita cari nilai x:

Sehingga didapat
Topik: Bidang Ruang: Jarak Subtopik: Jarak Dua Bidang Sejajar Level Kognitif: MOTS 16. Pada kubus ABCD.EFGH memiliki panjang rusuk 6 cm. Jarak bidang ACF ke bidang DEG adalah … cm.
Jawaban: A Pembahasan: Perhatikan gambar-gambar di bawah ini.

Kemudian, perhatikan bidang diagonal BDHF pada kubus ABCD.EFGH di atas.

Jarak bidang ACF ke bidang CEG sama dengan jarak garis FP ke garis DQ. Jarak garis FP ke garis DQ = â…“ HB = â…“ (6 ) = 2
Topik: Statistika Deskriptif Subtopik: Penyajian Data Level Kognitif: LOTS 17. Perhatikan histogram di bawah ini:

Median untuk data di atas adalah …
Jawaban: B Pembahasan: 
Data histogram di atas diperoleh: Batas bawah kelas median = 19,5. Frekuensi kumulatif sebelum kelas median (fkum) = 7. Frekuensi kelas median (fmed) = 17. Panjang kelas (p) = 8. Maka,
Topik: Statistika Deskriptif Subtopik: Ukuran Pemusatan Data Tunggal Level Kognitif: MOTS 18. Nilai rata-rata ujian matematika dalam suatu kelas adalah 65. Jika ditambah nilai seorang siswa baru yang nilainya 87 rata-ratanya menjadi 66. Jumlah siswa dalam kelas tersebut setelah penambahan siswa adalah … A. 19 B. 20 C. 21 D. 22 E. 23
Jawaban: D Pembahasan: Digunakan rumus rata-rata gabungan:

Jadi, jumlah siswa total = 21 + 1 = 22.
Topik: Statistika Deskriptif Subtopik: Ukuran Penyebaran Data Kelompok Level Kognitif: HOTS 19. Lima buah bilangan bulat positif dengan rata-rata 7, median = modus = 9. Simpangan baku yang mungkin adalah … A. 4,8 B. 5,0 C. 6,5 D. 7,0 E. 7,2
Jawaban: A Pembahasan: Misalkan, data tersebut adalah x1, x2, x3, x4, dan x5. Karena modus = median = 9, maka ada dua atau lebih angka 9.
Kemungkinan I: Jika x2 = x3 = 9, maka x1 < 9 dan x4, x5 > 9.

Jika dipilih bilangan terkecil positif x1 = 1, maka x4 + x5 tidak mungkin hanya 16. Jadi, kemungkinan I salah.
Kemungkinan II: Jika x3 = x4 = 9, maka x1, x2 < 9 dan x5 > 9.

Misalkan, x1, x2 dipilih bilangan positif terkecil, yaitu 1, maka x5 = 35 - 1 - 1 - 9 - 9 = 15. Data yang mungkin adalah 1, 1, 9, 9, 15. Maka simpangan baku untuk data tersebut adalah
Topik: Aturan Pencacahan Subtopik: Kombinasi Level Kognitif: MOTS 20. Pada sebuah toples terdapat 7 kue nastar dan 4 sagu keju. Intan mengambil 5 kue dari toples tersebut. Banyak cara supaya kue yang diambil Intan maksimal 3 kue nastar adalah … A. 310 B. 301 C. 294 D. 217 E. 210
Jawaban: B Pembahasan: Beberapa kasus yang terjadi dengan maksimal 3 kue nastar adalah sebagai berikut: 3 kue nastar dan 2 kue sagu keju, maka banyaknya cara adalah

2 kue nastar dan 3 kue sagu keju, maka banyaknya cara adalah

1 kue nastar dan 4 kue sagu keju, maka banyaknya cara adalah

Jadi, total banyaknya cara adalah 210 + 84 + 7 = 301.
Nah, semoga soal-soal di atas tadi dapat membantumu dalam menghadapi ujian nasional nanti, ya... Kamu juga bisa belajar materi lainnya lewat aplikasi
ruangbelajar. Belajar bersama para Master Teachers handal yang bikin kamu mudah paham terhadap materi.

hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '62700d92-1aae-4202-a1e5-0542d3acc323', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
Posting Komentar untuk "Latihan Soal UNBK SMA Matematika IPS Tahun 2020"