Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Sekolah Online Ruangguru Kelas 7-9 SMP Periode 20-24 April 2020

Sekolon_-_LS_SMP_7-9-01 Blog Ruangguru menyajikan latihan soal dari Sekolah Online Ruangguru untuk jenjang kelas 7-9 SMP. Latihan soal ini untuk periode 20 April sampai 24 April 2020. Selamat belajar. separator - sekolon - smp-1 separator - sekolon - 7-1MATEMATIKATOPIK : BILANGAN BULATSUBTOPIK : OPERASI BILANGAN BULAT1. Hasil dari -4.500 : (-3) + 8 x (-25) –950 =⋯a. 400b. 350c. 450d. 500Kunci : BPembahasan :=-4.500 : (-3)+ 8 x (-25)-950={-4.500 : (-3)}+{8 x (-25)}-950=1.500-200-950=350Jadi, hasil dari -4.500 : (-3)+ 8 x (-25)-950 adalah 350separator - sekolon - smp-1TOPIK : BILANGAN BULATSUBTOPIK : PANGKAT DUA DAN TIGA BILANGAN BULAT1. Hasil dari 93-〖(17-4)〗2 – 〖(23-7)〗2 adalah....a. 169b. 256c. 304d. 729Kunci : CPembahasan :=93-〖(17-4)〗2 – 〖(23-7)〗2 = 729-〖(13)〗2- 〖(16)〗2= 729-169- 256= 560 – 256= 304Jadi, hasil dari 93-132 – 〖(23-7)〗2 adalah 304.separator - sekolon - smp-1 BAHASA INDONESIATOPIK : TEKS DESKRIPSISUBTOPIK : MENGENAL TEKS DESKRIPSI 1. Di bawah ini urutan struktur teks deskripsi yang tepat adalah ….a. deskripsi bagian, identifikasi atau gambaran umum, dan penutup b. pendahuluan, isi, dan penutupc. deskripsi awal, deskripsi bagian, deskripsi akhird. identifikasi atau gambaran umum, deskripsi bagian, dan penutupJawaban: DPembahasan: Teks deskripsi memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian, yaitu:● identifikasi atau gambaran umum,● deskripsi bagian,● penutupDengan demikian, urutan struktur teks deskripsi yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.separator - sekolon - smp-1TOPIK : TEKS DESKRIPSISUBTOPIK : KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI 2. Kalimat di bawah ini yang termasuk dalam majas simile adalah …a. Ombak bergulung bergantian membuat sebuah formasi yang indah.b. Ibuku cantik seperti bidadari.c. Pria itu adalah tulang punggung keluarganyad. Mereka melakukan obrolan mendalam tentang masalah mereka.Jawaban: BPembahasan: Terdapat empat jenis majas yang sering muncul pada teks deskripsi, yaitu personifikasi, simile, sinestesia, dan hiperbola.Majas simile merupakan majas yang membandingkan dua hal dengan menggunakan kata penghubung penanda perbandingan. Dengan demikian, kalimat yang memuat majas simile adalah Ibuku cantik seperti bidadari. Kalimat tersebut memuat majas simile karena membandingkan kecantikan ibu dengan bidadari. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. separator - sekolon - smp-1BAHASA INGGRISTOPIK : COMMON EXPRESSIONSUBTOPIK : EXPRESSION OF GREETING AND PARTINGStudents: ….Mr. Tim: Good morning. How are you today?1. What is the appropriate expression to fill in the blank?a. What’s up Mr. Tim?b. Good morning, Mr. Tim!c. How is everything?d. See you later, Mr. Tim?Jawaban : BPembahasan:Dalam percakapan diatas, lokasinya adalah di lingkup sekolah. Mr. Tim adalah seorang guru. Oleh karena itu, murid-murid harus menyapanya dengan sapaan yang formal. Yang merupakan sapaan formal adalah B. Pilihan A dan C salah karena ungkapan “what’s up” dan “how is everything” hanya digunakan untuk berkomunikasi kepada teman akrab, sedangkan D salah karena “See you later” digunakan untuk salam perpisahan.separator - sekolon - smp-1TOPIK : COMMON EXPRESSIONSUBTOPIK : EXPRESSION OF GREETING AND PARTING2. What will you say if you meet someone at 06.30 p.m.?a. Good morningb. Good afternoonc. Good nightd. Good eveningJawaban : DPembahasan:06.30 p.m berarti jam enam lewat tiga puluh menit di malam hari. AM menunjukkan pagi, sedangkan PM menunjukkan siang, sore, dan malam.Sehingga, jika bertemu seseorang pada jam tersebut, sapaan yang tepat adalah good evening (selamat malam).separator - sekolon - smp-1IPA FISIKATOPIK : OBJEK ILMU ALAM DAN PENGAMATANNYASUBTOPIK : PENYELIDIKAN ILMIAH1. Penyelidikan ilmiah IPA melibatkan sejumlah proses yang harus dikuasai. Proses menggunakan pancaindra termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai, disebut proses ….a. Pengamatanb. Membuat inferensic. Mengomunikasikand. PengukuranJawaban : APembahasan:Pengamatan  menggunakan pancaindra, termasuk melakukan pengukuran dengan alat ukur yang sesuai. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi.separator - sekolon - smp-1TOPIK : OBJEK ILMU ALAM DAN PENGAMATANNYASUBTOPIK : PENYELIDIKAN ILMIAH2. Penyelidikan ilmiah IPA melibatkan sejumlah proses yang harus dikuasai. Proses menyampaikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan, dalam bentuk grafik, tabel, atau bagan disebut proses ….a. Pengamatanb. Membuat inferensic. Mengomunikasikand. PengukuranJawaban : CPembahasan: Mengomunikasikan  mengomunikasikan hasil penyelidikan baik lisan maupun tulisan. Hal yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, bagan, dan gambar yang relevan.separator - sekolon - smp-1IPA BIOLOGITOPIK : KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SUBTOPIK : CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP 1. Daniel menangkap seekor kupu-kupu di halaman rumahnya, kemudian Daniel memasukkannya kedalam sebuah toples. Beberapa jam kemudian kupu-kupu tersebut sudah mati. Ciri-ciri makhluk hidup yang ditunjukkan dari peristiwa tersebut adalah ….a. Makanb. Tumbuh c. Bernapasd. Bergerak Jawaban : CPembahasan: Jika suatu hewan dimasukkan kedalam suatu wadah tertutup maka hewan tersebut akan mati karena tidak adanya kadar oksigen didalam wadah tersebut. Oksigen digunakan oleh makhluk hidup untuk membentuk energi didalam tubuhnya. Oksigen didapatkan dengan cara bernapas. Sehingga salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Dengan demikian jawaban adalah C. separator - sekolon - smp-1TOPIK : KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SUBTOPIK : CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP 2. Hewan dan tumbuhan mempunyai perbedaan dalam cara memperoleh makanan. Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri karena memiliki klorofil yang berperan didalam proses fotosintesis, karena hewan tidak memiliki klorofil maka cara pengambilan nutrisi dilakukan dengan mengambil zat organik dari sekitarnya dengan cara ….a. Heterotrofb. Autotrofc. Parasit obligat d. Fotolisis Jawaban :APembahasan: Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis sehingga disebut sebagai makluk hidup autotrof, sedangkan hewan merupakan makluk hidup yang tidak dapat mambuat makanan sendiri sehingga disebut dengan heterotrof. Dengan demikian jawaban adalah A. separator - sekolon - smp-1 IPS TERPADUTOPIK : KONSEP RUANGSUBTOPIK : KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA1. Indonesia adalah salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia dan berada pada zona pertemuan lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Dampak yang ditimbulkan dari kondisi tersebut adalah….a. Indonesia rawan terhadap bencana gunung meletusb. Indonesia rawan terhadap bencana tsunamic. Indonesia sering mengalami banjir robd. Indonesia sering mengalami badai siklonJawaban: BPembahasan:Posisi Indonesia yang berada pada zona pertemuan tiga lempeng besar dunia menjadikannya rawan terhadap bencana gempa bumi. Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya getaran yang ditimbulkan dari pergerakan lempeng-lempeng tersebut. Hubungannya dengan panjangnya garis pantai Indonesia adalah kondisi tersebut menjelaskan bahwa banyak wilayah di Indonesia yang rawan terhadap bencana tsunami. Tsunami merupakan dampak yang ditimbulkan apabila pusat gempa bumi terdapat di wilayah laut. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah B.separator - sekolon - smp-1TOPIK : KONSEP RUANGSUBTOPIK : KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA2. Negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia di sebelah utara adalah….a. Brunei Darussalamb. Papua Nuginic. Singapurad. AustraliaJawaban: CPembahasan:Wilayah Indonesia yang begitu luas menjadikannya berbatasan dengan negara lain. Pada sebelah utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipina, dan Laut China Selatan. Kemudian, di sebelah selatan Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia. Pada sebelah barat, Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia. Sementara, di sebelah timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik. Jawaban yang tepat adalah C.Download Latihan Soal Sekolah Online Ruangguru Kelas 7 SMP Periode 20-24 April 2020separator - sekolon - smp-1separator - sekolon - 8-1MATEMATIKATOPIK : POLA BILANGANSUBTOPIK : BARISAN BILANGAN1. Diberikan barisan bilangan sebagai berikut: 4, 5, 7, 10, 14, ...Dua suku berikutnya dari barisan bilangan tersebut adalah….a. 16 dan 19b. 19 dan 25c. 25 dan 32d. 32 dan 40Jawaban : BPembahasan :Perhatikan pola dari barisan tersebutU1 = 4 + 0 = 4U2 = 4 + 1 = 5U3 = 5 + 2 = 7U4 = 7 + 3 = 10U5 = 10 + 4 = 14U6 = 14 + 5 = 19U7 = 19 + 6 = 25Jadi, suku selanjutnya adalah 19 dan 25.separator - sekolon - smp-1TOPIK : ALJABAR SUBTOPIK : OPERASI BENTUK ALJABAR2. Lebar suatu persegi panjang adalah 3 kurangnya dari panjangnya. Jika keliling persegi panjang itu 22 cm, maka luasnya adalah ... cm2.a. 28b. 24c. 21d. 20Jawaban : A Pembahasan :Persegi panjang dengan p = p cm, l = p- 3 cm,dan K = 22 cm.K = 2( p + l)22 cm = 2 ( p + p – 3)22 cm = 2 ( 2p -3 )22 cm = 4p - 6 4p = 22 cm + 6 cm 4p = 28 cmp = 7 cmL = p x l = 7 cm x ( 7-3 cm)= 7 cm x 4 cm = 28 cm2Luas persegi panjang adalah 28 cm2.separator - sekolon - smp-1BAHASA INDONESIATOPIK : TEKS BERITA SUBTOPIK : MENGENAL TEKS BERITA 1. Syarat dari sebuah teks berita adalah …. a. faktual, lengkap, singkat, padat, aktual, dan menarikb. faktual, aktual, seimbang, lengkap, menarik, dan sistematisc. padat, lengkap, jelas, faktual, aktual, dan sistematisd. faktual, subjektif, seimbang, padat, jelas, dan sistematisJawaban : BPembahasan : Terdapat enam syarat sebuah teks berita, yaitu sebagai berikut.● Pertama, faktual● Kedua, aktual● Ketiga, seimbang● Keempat, lengkap● Kelima, menarik,dan● Keenam, sistematis.Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. separator - sekolon - smp-1TOPIK : TEKS BERITA SUBTOPIK : KEBAHASAAN TEKS BERITA Perhatikan kutipan teks berita berikut!Kamis (31/1) timnas sepakbola kalah 0-5 dari Yordania pada laga uji coba. Meski timnas kalah, Menpora menegaskan masih mempercayai PSSI untuk timnas. Sebelumnya, ada permintaan dari KPSI supaya pengelolaan timnas dipercayakan pada pihak ketiga. Jika kinerja PSSI dinilai kurang dalam menangani timnas, Menpora berjanji segera mengambil tindakan.2. Berdasarkan kutipan di atas, yang termasuk dalam unsur berita kapan terdapat pada....a. Kalimat pertamab. Kalimat keduac. Kalimat ketigad. Kalimat keempatJawaban : APembahasan : Dalam kutipan teks di atas terdapat beberapa unsur berita. Unsur berita harus terdiri apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana. Pada kutipan di atas, di awal kalimat terdapat unsur berita kapan, karena menjelaskan kapan terjadinya peristiwa tersebut. Sedangkan pada kalimat kedua terdapat unsur berita siapa,karena menjelaskan siapa saja yang ada pada peristiwa tersebut. Kemudian kalimat ketiga dan keempat terdapat unsur bagaimana, karena menjelaskan bagaimana proses peristiwa itu terjadi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. separator - sekolon - smp-1BAHASA INGGRISTOPIK : EXPRESSION IN LEARNING PROCESS SUBTOPIK : EXPRESSION OF ASKING FOR ATTENTION AND CHECKING FOR UNDERSTANDINGJeff : Hey Matt! ….Matt : Oh, hi Jeff. Wow! Is that the report?Jeff : Yeah! I have finished it.1. What is the correct expression to fill in the blank?a. Do you have any ideas?b. Look what I’ve got here!c. What should I do?d. I’m great thank youJawaban : BPembahasan :Dari ucapan Matt dapat kita lihat bahwa perhatian dia tiba-tiba tertuju kepada Jeff. Berarti Jeff mengucapkan sebuah ekspresi untuk mendapatkan perhatian atau expression of asking for attention. Pada pilihan jawaban, yang merupakan expression of asking for attention adalah pilihan B.separator - sekolon - smp-1TOPIK : EXPRESSION IN LEARNING PROCESS SUBTOPIK : EXPRESSION OF ASKING AND GIVING OPINION 2. Harry : ….? Yuki : How about trying the new Japanese restaurant?The appropriate expression of asking for opinion to fill in the blank is…a. What do you think about the new restaurant?b. Have you got any comments on Japanese food?c. Where do you think we should go for dinner?d. Do you think the movie is worth it?Jawaban : CPembahasan :Yuki menyarankan untuk mencoba restoran Jepang yang baru, berarti pertanyaan yang tepat adalah C, karena pertanyaan tersebut menanyakan kemana sebaiknya mereka makan malam.Jawaban lain salah karena akan membuat dialognya menjadi tidak menyambung antara perkataan Harry dengan Yuki.separator - sekolon - smp-1IPA FISIKATOPIK : GERAK DAN GAYASUBTOPIK : GAYA DAN PENGARUHNYA1. Sebuah mobil yang sedang mogok didorong hingga dapat bergerak. Hal tersebut menunjukkan bahwa gaya dapat ….a. Mengubah bentuk bendab. Mengubah arah kecepatan bendac. Mengubah besar kecepatan bendad. Mengubah massa bendaJawaban : CPembahasan :Mobil yang didorong tersebut awalnya diam dan didorong hingga bergerak. Hal ini menunjukkan bahwa gaya dapat mengubah besar kecepatan benda.separator - sekolon - smp-1TOPIK : GERAK DAN GAYASUBTOPIK : DEFINISI GERAK2. Gerak pada tumbuhan yang terjadi akibat rangsangan dari luar disebut dengan ….a. Endonomb. Higroskopisc. Esionomd. Hidrotropisme Jawaban : CPembahasan :Gerak pada tumbuhan yang terjadi akibat rangsangan dari luar disebut dengan gerak esionom. Gerak esionom dapat dibagin menjadi tiga jenis yaitu tropisme, nasti, dan taksis.separator - sekolon - smp-1IPA BIOLOGITOPIK : RANGKA DAN OTOT SUBTOPIK : GANGGUAN SISTEM GERAK 1. Daniel selalu merasa sakit punggung setelah selesai belajar. Penyebab hal ini karena posisi meja lebih rendah dari tempat duduknya sehingga tulang belakangnya membengkok ke belakang. Penyakit yang diderita oleh Daniel adalah ….a. Kifosisb. Skoliosisc. Lordosisd. Fraktura Jawaban :APembahasan:Kifosis adalah bentuk tulang belakang melengkung ke arah luar tubuh atau ke belakang yang mengakibatkan penderita menjadi terlihat bongkok. Keadaan ini disebabkan oleh bila sering duduk di kursi yang meja terlalu rendah. Sedangkan skoliosis adalah tulang belakang membengkok ke kiri atau kekanan, lordosis adalah tulang belakang yang membengkok kearah depan dan fraktura adalah patah tulang. Dengan demikian jawaban adalah A.separator - sekolon - smp-1TOPIK : RANGKA DAN OTOT SUBTOPIK : OTOT 2. Ketika seseorang membengkokkan tangannya maka mekanisme yang terjadi adalah ….a. Sinergis , yakni otot bisep berkontraksi, trisep relaksasi b. Antagonis, yakni otot trisep berkontraksi, bisep relaksasi c. Sinergis, yakni otot trisep berkontraksi, bisep relaksasi d. Antagonis, yakni otot bisep berkontraksi, trisep relaksasiJawaban :DPembahasan:Gerak membengkokkan tangan merupakan gerak fleksi, sifat kerja otot ini adalah antagonis (berlawanan), dimana fleksi (bengkok) berlawanan dengan ekstensor (lurus). Ketika kita membengkokkan tangan maka otot bisep akan berkontraksi dan otot trisep akan relaksasi sedangkan ketika kita meluruskan tangan maka otot bisep akan berelaksasi dan otot trisep berkontraksi. Dengan demikian jawaban adalah D.separator - sekolon - smp-1IPS TERPADUTOPIK : PERUBAHAN KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG DI INDONESIA DAN NEGARA-NEGARA DI ASEANSUBTOPIK : KONDISI GEOGRAFIS NEGARA-NEGARA ASEAN1. Negara yang memiliki bentuk compact adalah….a. Indonesiab. Vietnamc. Laosd. KambojaJawaban : DPembahasan:Berdasarkan bentuk secara geografis, negara-negara ASEAN memilliki ciri compact, fragmented, elongated, dan protruded. Negara yang berbentuk compact adalah negara.separator - sekolon - smp-1TOPIK : PERUBAHAN KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG DI INDONESIA DAN NEGARA-NEGARA DI ASEANSUBTOPIK : POTENSI SUMBER DAYA ALAM2. Pusat kegiatan dan jantung dari negara Thailand terletak di dataran rendah dekat aliran Sungai Chao Phraya. Ibu kota Thailand, Bangkok, juga terletak di wilayah ini. Faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah....a. Sungai Chao Phraya merupakan sungai paling suci di Thailandb. wilayah ini merupakan wilayah paling suburc. aman dari serangan negara laind. banyak menghasilkan kayu dengan nilai jual tinggiJawaban: BPembahasan:Daerah yang menjadi pusat kegiatan atau jantungnya negara Thailand berada pada dataran rendah di daerah aliran Sungai Chao Phraya. Kota Bangkok berada di dataran rendah ini.Hal tersebut disebabkan karena daerah yang paling subur dengan irigasi serta kanal yang baik. Kondisi tersebut tidak terlepas dari keberadaan Sungai Chao Phraya yang banyak.Download Latihan Soal Sekolah Online Ruangguru Kelas 8 SMP Periode 20-24 April 2020separator - sekolon - smp-1separator - sekolon - 9-1MATEMATIKATOPIK : BILANGAN BERPANGKATSUBTOPIK : SIFAT BILANGAN BERPANGKAT1. Nilai dari he 01 adalah ….a. 0,5b. 0,6 c. 0,7d. 0,8Jawaban: DPembahasan:Gunakan sifat perpangkatan :he 02separator - sekolon - smp-1TOPIK : BENTUK AKARSUBTOPIK : SIFAT BENTUK AKAR II2. Hasil dari he 03 adalah ....a. -4b. -6c. -8d. -9Jawaban: APembahasan:he 04separator - sekolon - smp-1BAHASA INDONESIATOPIK : LAPORAN PERCOBAAN SUBTOPIK : MENGENAL LAPORAN PERCOBAAN 1. Berikut ini yang termasuk dalam ciri-ciri laporan percobaan adalah …. a. menyajikan sebuah opini dari pengamat b. pembahasan dikemukakan secara subjektif c. disusun berdasarkan struktur yang sistematis dan lengkapd. menggunakan bahasa yang nonformal dan santai Jawaban: CPembahasan: Ciri-ciri laporan percoaban antara lain:• Disusun berdasarkan hasil percobaan.• Pembahasan dikemukakan secara objektif.• Harus Menyajikan fakta, bukan opini.• Disusun berdasarkan struktur yang sistematis dan lengkap.• Menggunakan bahasa baku dan ilmiah.Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. separator - sekolon - smp-1TOPIK : LAPORAN PERCOBAAN SUBTOPIK : MENGENAL LAPORAN PERCOBAAN 2. Struktur laporan percobaan bagian pernyataan umum menjelaskan tentang …. a. nama percobaan, definisi alat, dan cara percobaanb. tujuan, pengertian, landasan teori, dan latar belakangc. alat dan bahan, langkah-langkah, hasil percobaan, dan simpuland. mekanisme percobaan, hasil percobaan, dan simpulan Jawaban: BPembahasan: Pernyataan umum berisi paparan atau klasifikasi sesuatu yang dibahas secara umum. Pengertian atau landasan teori, tujuan, dan latar belakang juga menjadi cakupan bagian ini. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.separator - sekolon - smp-1BAHASA INGGRISTOPIK : DECISIVE EXPRESSIONSUBTOPIK : EXPRESSION OF AGREEMENT AND DISAGREEMENTKeenan: How about riding our bikes?Cindy: Sure, that’s a good idea.Jack: …. We should take the train.Cindy: Oh, really?Jack: Yes, I have been there twice.1. The suitable expression to complete the dialogue is …a. I disagree with you for the farm is far away from here.b. I quite agree for the farm is not far from here.c. I don’t think so for the farm is close.d. It certainly is for we don’t know where the farm is.Jawaban: A Pembahasan:Pada dialog, Jack mengusulkan agar naik kereta saja. Jawaban yang masuk akal adalah karena peternakan yang mereka tuju letaknya sangat jauh. Berarti jawaban yang tepat adalah A. Di situ ia tidak setuju untuk naik sepeda karena letak peternakannya sangat jauh. separator - sekolon - smp-1TOPIK : PROCEDURAL TEXTSUBTOPIK : FOOD AND BEVERAGE RECIPE2. Arrange these sentences below to form a sequential order!1. Dredge the shrimp in flour. Then, dip shrimp into eggs, then press shrimp into bread crumbs. Coat the shrimp on both sides2. Finally, use tongs to transfer the shrimp to paper towel to drain. Arrange shrimp on a plate and serve.3. First of all, peel and devein one pound of shrimp. Set aside.4. Next, mix 1/3 cup of flour, ¾ teaspoon of salt and ½ teaspoon of black pepper in another medium bowl.5. Crunchy fried shrimp is a delectable dish. This is how to make it.6. Second, beat three eggs in a medium sized bowl until frothy. Set aside. It will be used to coat the shrimp.7. As the shrimp has been coated thoroughly, deep-fry the shrimp thoroughly cooked.Which one is the correct answer?a. 3-4-6-1-7-5-2b. 3-6-1-5-7-4-2 c. 3-6-4-5-1-7-2 d. 5-3-6-4-1-7-2Jawaban: EPembahasan:Bagian pertama adalah nomor 5 karena terdapat Goal: “this is how to make it”. Selanjutnya adalah langkah pertama dan kedua (first of all dan second) yang terdapat pada nomor 3 dan 6. Lalu, siapkan tepung untuk membalut udang (nomor 4). Celupkan udang ke dalam telur dan balut dengan tepung (nomor 1). Setelah semuanya siap, tinggal digoreng udangnya (7) lalu tiriskan (2). separator - sekolon - smp-1IPA FISIKATOPIK : KEMAGNETANSUBTOPIK : KEMAGNETAN PRODUK TEKNOLOGI1. Salah satu teknologi pembangkit listrik yang memanfaatkan magnet untuk menahan panas yang dihasilkan dalam prosesnya adalah ....a. Pembangkit listrik tenaga airb. Pembangkit listrik tenaga geotermalc. Pembangkit listrik tenaga nuklird. Pembangkit listrik tenaga anginJawaban: CPembahasan:Pembangkit listrik tenaga nuklir memanfaatkan reaksi fisi pada atom untuk menghasilkan energi panas. Panas yang dihasilkan oleh reaktor nuklir dapat mencapai 1,5 juta derajat celcius sehingga tidak ada bahan di bumi yang mampu menahannya. Panas ini kemudian ditahan dengan menggunakan botol magnet dengan medan magnet yang sangat besar agar panas tidak menyebar ke lingkungan.separator - sekolon - smp-1TOPIK : KEMAGNETANSUBTOPIK : MENGHILANGKAN SIFAT KEMAGNETAN2. Sebuah magnet batang yang terbuat dari baja ingin dihilangkan sifat magnetnya dengan dililit oleh kawat yang dihubungkan pada baterai seperti ditunjukkan pada gambar berikut.he 05Tegangan yang diberikan pada magnet 5 V, ternyata sifat kemagnetan baja tidak hilang serta kutub-kutubnya tidak tertukar. Hal yang perlu dilakukan adalah ….a. menambah tegangan baterai yang digunakan menjadi 10 vb. menambah tegangan baterai yang digunakan menjadi 100 vc. mengganti baterai dengan sumber tegangan bolak-balikd. menukar kutub-kutub bateraiJawaban: CPembahasan:Perhatikan bahwa baja dililit kawat dan dialiri dengan arus dari tegangan searah (DC). Perlakuan ini tentu tidak akan membuat baja kehilangan sifat kemagnetannya. Menukar kutub-kutub baterai juga hanya akan menukar kutub-kutub magnet. Hal yang paling tepat dilakukan tentunya adalah dengan mengganti baterai dengan sumber tegangan bolak-balik.separator - sekolon - smp-1IPA BIOLOGITOPIK : REPRODUKSISUBTOPIK : SISTEM REPRODUKSI 1. Dibawah ini adalah organ reproduksi pada pria.a. Vas deferens b. Uretra c. Kelenjar cowper d. Testis e. Epididimis f. ProstatUrutan jalan keluarnya sperma yang benar adalah ....a. D – E – A – F – C – Bb. A – E – D – F – C - Bc. D – E – F – A – C - Bd. D – E – A – C – F - BJawaban: APembahasan: Proses keluarnya sperma diawali dengan pembentukan sel sperma didalam tubulus seminiferus yang berada didalam testis yang kemudian dialirkan ke epididimis yang berfungsi tempat pematangan sperma setelah itu akan akan ke vas deferens atau saluran sperma, kemudian sel sperma akan masuk ke prostat untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian masuk kedalam bulbo urethra/kelenjar cowper untuk menetralkan urin asam setelah itu sel sperma akan disalurkan ke urethra untuk dikeluarkan dari tubuh. Dengan demikian urutannya adalah D – E – A – F – C – B sehingga jawabannya adalah A.separator - sekolon - smp-1IPS TERPADUTOPIK : PERUBAHAN KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG NEGARA-NEGARA ASIA DAN BENUA LAINNYASUBTOPIK : KONDISI GEOGRAFIS DUNIA1. Massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu disebut dengan istilah….a. samudrab. pulauc. datarand. benuaJawaban: DPembahasan:Benua adalah massa daratan yang memiliki ciri atau karakteristik tertentu. Benua tidak hanya berkaitan dengan kondisi fisik wilayahnya saja, namun juga menyangkut dengan aspek budaya yang ada di sana. Jawaban yang tepat adalah D.separator - sekolon - smp-1TOPIK : PERUBAHAN KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG NEGARA-NEGARA ASIA DAN BENUA LAINNYASUBTOPIK : KONDISI GEOGRAFIS DUNIA2. Pembagian wilayah Benua Asia didasarkan oleh….a. perbedaan kondisi topografi wilayahb. perbedaan ras pendudukc. perbedaan kebudayaand. perbedaan kondisi iklimJawaban: CPembahasan:Benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah, yaitu wilayah Asia Timur, Asia Barat, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Setiap wilayah di Benua Asia memiliki ciri khasnya masing-masing yang berbeda satu sama lain. Ciri khas ini tampak pada adat istiadat dan kebudayaan penduduknya. Oleh sebab itu, dasar pembagian wilayah Benua Asia adalah perbedaan kebudayaan penduduknya. Jawaban yang tepat adalah C.Download Latihan Soal Sekolah Online Ruangguru Kelas 9 SMP Periode 20-24 April 2020separator - sekolon - smp-1Ruangguru terus berkomitmen untuk menghadirkan pendidikan berkualitas para para siswa di Indonesia. Selama sekolah diliburkan, Ruangguru menghadirkan program #SekolahOnlineRuangguru yang bisa diakses secara gratis. Setiap harinya akan ada pembelajaran dari Master Teacher Ruangguru mulai dari pukul 8:00 hingga pukul 12:00. Yuk, gabung di Sekolah Online Ruangguru sekarang juga! New call-to-action hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '31bb6345-d22a-481a-9b69-65475ba89213', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Sekolah Online Ruangguru Kelas 7-9 SMP Periode 20-24 April 2020"