Artikel ini berisi kumpulan latihan soal penilaian akhir semester (PAS) pelajaran matematika untuk kelas 6 SD -- Seperti biasa nih. Menjelang ujian, Ruangguru datang bawa persiapan! Kali ini, kami akan beri 20 soal sebagai bahan kamu latihan soal pas Penilaian Akhir Semester Matematika. Buat yang kelas 6, mana suaranya. Yuk, uji kemampuan belajar kamu lewat soal-soal ini. Supaya nggak mepet dan keburu panik. Tenang aja, di sini juga udah ada pembahasannya kok. Jadi, kamu bisa sambil belajar dan cari tahu bagaimana proses soal itu terjawab deh.
1) Topik: Bilangan Bulat NegatifSubtopik: bilangan bulat negatif Pada garis bilangan -37 terletak di ... -78. A. TepatB. Sebelah kananC. Sebelah kiriD. Sebelah kanan dan kiri
Jawaban: B Pembahasan: Bilangan bulat negatif terletak di sebelah kiri 0.

Semakin ke kanan nilai bilangan bulat negatif semakin besar, begitu juga semakin ke kiri nilai bilangan bulat negatif semakin kecil.
2) Topik: Bilangan Bulat NegatifSubtopik: penjumlahan bilangan bulat negatif Santi mula-mula diam. Dia menghadap kanan dan berjalan mundur sebanyak 37 langkah. Kemudian dia berjalan mundur lagi 12 langkah. Posisi Santi sekarang adalah... . A. Sebelah kanan 25 langkah dari posisi awalB. Sebelah kiri 49 langkah dari posisi awalC. Sebelah kanan 49 langkah dari posisi awalD. Sebelah kiri 25 langkah dari posisi awal
Jawaban: BPembahasan: Berjalan mundur artinya (-) Berjalan lagi (+) Posisi Ami sekarang berada di titik = (-37)+(-12) = -49 Tanda negatif artinya berada di sebelah kiri posisi awal.
3) Topik: Bilangan Bulat Negatif Subtopik: Penjumlahan bilangan bulat negatif Hani mula-mula berada di titik nol. Hani melangkah ke sebelah kiri sejauh 14 langkah. Kemudian Hani melangkah lagi ke sebelah kiri awal sebanyak 16 langkah. Notasi yang tepat sesuai pernyataan di atas .. . A. (-14) + 16 = 2B. 16 – 14 = 2C. (-14) + (-16) = -30D. 14 + 16 = 30
Jawaban: CPembahasan: Melangkah ke kiri tandanya (-) Melangkah lagi tandanya (+) Jadi notasi yang tepat adalah (-14) + (-16) = -30.
4) Topik: Bilangan Bulat NegatifSubtopik: Pengurangan bilangan bulat negatif Sebuah mobil berjalan sejauh 340 km dengan waktu 5 jam. Kemudian melaju lagi, ternyata pada pukul 16.30 jarak yang ditempuh 500 km. Jika mobil berangkat pukul 08.00, mobil tersebut mengalami… . A. Kecepatan bertambah 33,00 km/jamB. Kecepatan berkurang 45,71 km/jamC. Kecepatan bertambah 12,20 km/jamD. Kecepatan berkurang 22,29 km/jam
Jawaban: DPembahasan: Ingat! Kecepatan = jarak tempuh/waktu tempuh Waktu tempuh: = 16.30 - 8.00 = 8.30 Kecepatan awal =340/5 jam = 68 km/jam Kecepatan akhir = 500-340/ (pukul 8.30 dikurang 5.00) = 160/3,5 jam = 45,71 km/jam Perubahan kecepatan = kecepatan akhir - kecepatan awal = 45,71 - 68 = (-) 22,29 km/jam Karena tanda negatif maka kecepatannya berkurang.
5) Topik: Bilangan Bulat Negatif Subtopik: Operasi bilangan bulat negatif -11- (-78) + (-26)... A. 63B. 41C. -88D. -115
Jawaban: BPembahasan: -11 - (-78) + (-26) = -11 + 78 - 26 67 - 24 41
6) Topik: Bilangan Bulat NegatifSubtopik: Bilangan bulat negatif Dion mula-mula berdiri menghadap kanan di titik 9. Kemudian dia berjalan sehingga dia berdiri di titik 2 dan tetap menghadap ke kanan. Yang sesuai dengan kegiatan Dion adalah... A. Dion melangkah mundur 7 langkahB. Dion melangkah maju 7 langkahC. Dion melangkah mundur 8 langkahD. Dion melangkah maju 8 langkah
Jawaban: APembahasan: Mula-mula di titik 9 Akhir di titik 2 Karena Dion menghadap kanan, maka Dion berjalan mundur ke titik 2 sebanyak 7 langkah.

Berjalan mundur artinya negatif (-). 9 – 2 = 7.
7) Topik: Operasi HitungSubtopik: Operasi hitung campuran Hasil dua bilangan yang berbeda adalah 64 dan jumlahnya 20, maka selisih kedua bilangan tersebut adalah... A. 0B. 12C. 19D. 30
Jawaban: BPembahasan: Mencari 2 bilangan yang
hasil kalinya 64, bisa menggunakan faktor dari 64. 1 x 64 = 64 2 x 32 = 64 4 x 16 = 64 8 x 8 = 64 Dari faktor 64 pilih yang
jumlahnya 20 1 + 64 = 65 2 + 32 = 34
4 + 16 = 20 8 + 8 = 16 Jadi bilangan yang dimaksud adalah
4 dan 16 Jadi selisih kedua bilangan tersebut adalah 16 – 4 = 12.
8) Topik: Operasi Hitung Subtopik: Sifat-sifat Operasi Hitung (I) (84÷4) ÷ 7 = 84 ÷ (4÷7) (II) (62×5) × 18 = 62 × (5×18) (III) (2.634+1.728) + 282 = 2.634 + (1.728+282) (IV) (834-183) - 294 = 834 - (183-294) Pernyataan di atas yang sesuai dengan sifat assosiatif operasi hitung yang benar adalah... .
- (I) dan (III)
- (II) dan (III)
- (I) ,(III), dan (IV)
- Semua benar
Jawaban: BPembahasan: (I) (84÷4) ÷ 7 = 84 ÷ (4÷7) (21)÷7…84 ÷ 4/7 3≠147 (SALAH) (II) (62×5) × 18 = 62 × (5×18) (310) × 18…62 × (90) 5.580≠5.580 (BENAR)
Baca juga: Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 Matematika Kelas 9 (III) (2.634+1.728) + 282 = 2.634 + (1.728+282) (4.362) + 282…2.634 + (2.010) 4.644 = 4.644 (BENAR) (IV) (834-183) - 294 = (834-183) - 294 (651) - 294…834 - (-111) 357≠945 (SALAH) Jadi pernyataan yang benar adalah (II) dan (III).
9) Topik: Operasi Hitung Subtopik: Operasi hitung campuran Jika a+25 = -72 dan -38+b=36 , maka nilai a-b adalah... A. -171B. -23C. 23D. 49
Jawaban: APembahasan: a+25 = -72 maka a = -72 - 25 = -97 -38+b = 36 maka b = 36 + 38 = 74 Jadi a - b = -97 - 74 = -171
10) Topik: Operasi Hitung Subtopik: Operasi hitung campuran Umur Dedi 7 tahun lebih tua dari Rio, sedangkan umur Rio 1 tahun lebih muda dari Amin. Jika jumlah umur mereka 56 tahun, maka umur Dedi adalah… . A. 25 tahunB. 23 tahunC. 19 tahunD. 17 tahun
Jawaban: BPembahasan: Dedi = Rio + 7 atau Rio = Dedi - 7 Rio = Amin - 1 maka Dedi = Rio+7 ↔Dedi = Amin -1 + 7 ↔Dedi = Amin + 6 ↔Amin = Dedi - 6 Jika Dedi + Rio + Amin = 56 Maka Dedi + (Dedi -7) + (Dedi -6) = 56 ↔3×Dedi- 13 = 56 ↔3×Dedi = 56 + 13 ↔3×Dedi = 69 ↔Dedi = 69 ÷ 3 = 23 Jadi, umur Dedi adalah 23 tahun.
11) Topik: Lingkaran Subtopik: Unsur-unsur lingkaran Perhatikan gambar berikut.

Garis RS disebut sebagai... A. BusurB. Tali busurC. ApotemaD. Diameter
Jawaban: C Garis RS garis yang tegak lurus dengan tali busur TU. Jadi garis RS disebut apotema, karena apotema adalah sebuah garis yang
ditarik dari titik pusat lingkaran dan tegak lurus dengan tali busur.
12) Topk: LingkaranSubtopik: Keliling Lingkaran Perhatikan gambar berikut.

Keliling bangun di atas adalah... A. 22 cmB. 44 cmC. 88 cmD. 99 cm
Jawaban: BPembahasan: Diketahui: diameter lingkaran besar = 14 cm diameter lingkaran kecil = 7 cm Keliling 1/2 lingkaran besar = 1/2 x 2 x 22/7 x (1/2 x 14) = 22 cm Keliling 1/2 lingkaran kecil = 1/2 x 2 x 22/7 x (1/2 x 7) = 11 cm Jadi keliling bangun di atas adalah 22 + 11 + 11 = 44 cm.
13) Topik: Lingkaran Subtopik: Keliling Lingkaran Jarak rumah Anggi ke sekolah adalah 770 m. Anggi menggunakan sepedanya untuk pergi ke sekolah, ternyata roda sepeda Anggi berputar sebanyak 490 kali. Panjang diameter roda Anggi adalah... (Ï€ = 22/7) A. 50 cmB. 48 cmC. 36 cmD. 24 cm
Jawaban: APembahasan: Ingat: Kelilingroda = Kelilinglingkaran = 2Ï€r jarak tempuh= 770 m=77.000 cm
jarak tempuh = Kelilingroda × banyak putaran 77.000 = 2 × 227 × r × 490 77.000=21.5607×r 77.000 = 3.080 × r r = 77.000/3.080 = 25 cm maka d = 2r = 2 × 25 = 50 cm Jadi panjang diameter roda Rudi adalah 50 cm.
14) Topik: Lingkaran Subtopik: Luas lingkaran Kolam ikan milik Pak Johan berbentuk lingkaran dengan luas 1.256 m2, sedangkan kolam Pak Badrun berbentuk setengah lingkaran dengan luas 308 dm2. Perbandingan panjang jari-jari kolam ikan milik Pak Johan dan Pak Badrun adalah… A. 100 : 7B. 200 : 7C. 10 : 7D. 20 : 7
Jawaban: APembahasan: Luas kolam Pak Johan = πr2 1.256 = 3,14 × r2 r2 = 1.256/3,14 r2 = 400 r = √400 = 20 m = 2.000 cm Luas kolam Pak Badrun = 1/2 r2 308 = (1/2)(22/7)r2 308 = 117 r2 r2 = 308 × 711 r2 = 196 r = √196 =14 dm=140 cm Perbandingan panjang jari-jari kolam Pak Johan dan Pak Badrun = 2.000 : 140 = 100 : 7
15) Topik: Lingkaran Subtopik: Bangun datar gabungan 
Keliling bangun yang diarsir adalah... A. 70 cmB. 71 cmC. 72 cmD. 73 cm
Jawaban: CPembahasan: diameter lingkaran = d = 14 cm Keliling 1/2 lingkaran = 1/2πd = 1/2 x 22/7 x 14 = 22 cm Jadi, Keliling total = 2 × keliling 1/2 lingkaran + panjang sisi atas + panjang sisi bawah = 2 × 22 cm + 14 cm + 14 cm = 44 cm + 28 cm = 72 cm
17) Topik: Lingkaran Subtopik: Bangun datar gabungan Halaman rumah Pak Cahya berbentuk lingkaran dengan diameter 7 m. Di tengah taman tersebut terdapat kolam ikan berbentuk persegi yang panjang sisinya 1 m. Luas halaman rumah Pak Cahya yang dapat digunakan untuk bermain adalah... A. 35 m2B. 37,5 m2C. 38,5 m2D. 42,5 m2
Jawaban: BPembahasan: 
Jari-jari lingkaran = r = 3,5 m Sisi persegi = s = 1 m Luas halaman rumah berbentuk lingkaran = πr2 = 22/7 x 3,52 = 22/7 x 12,25 = 38,5 m2 Luas kolam berbentuk persegi = s2 = 12 = 1 m2 Jadi luas halaman bermain = luas halaman total = luas kolam = 38,5 - 1 = 37,5 m2
18) Topik: Luas dan Volume Bangun Ruang (I)Subtopik: Kubus dan balok Risma mempunyai kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisinya 20 cm. Kemudian Doni juga punyak kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisi 15 cm. Selisih volume kotak pensil mereka berdua adalah .... cm³ A. 375B. 600C. 625D. 000
Jawaban: CPembahasan: Volume kotak pensil Risma = volume kubus = s3 = 203 = 20 × 20 × 20 =8.000 cm3 Volume kotak pensil Doni = volume kubus = s3 =153 =15 × 15 × 15 =3.375 cm3 Jadi selisih volume kotak pensil mereka adalah 8.000 cm3 – 3.375 cm3 = 4.625 cm3.
19) Topik: Luas dan Volume Bangun Ruang (I)Subtopik: Prisma Sebuah prisma alasnya berbentuk segitiga siku-siku dengan sisi miring 26 cm dan salah satu sisi siku-sikunya 10 cm. Jika luas permukaan prisma 960 cm2, tinggi prisma tersebut adalah... A. 12 cmB. 15 cmC. 18 cmD. 21 cm
Jawaban: APembahasan: Sisi miring alas = 26 cm Salah satu sisi siku-siku = 10 cm Cari panjang siku-siku yang kedua dengan teorema Phytagoras.

=24 cm2 Luas alas prisma = 1/2 x 10 x 24 = 120 cm2 Keliling alas prisma 10 cm + 24 cm + 26 cm = 60 cm Maka: Luas permukaan prisma = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi prisma 960 = 2×120 + 60 cm × tinggi prisma 960 = 240 + 60 × tinggi prisma 960 - 240 = 60 × tinggi prisma 720 = 60 × tinggi prisma tinggi prisma = 720/60 tinggi prisma=12 Jadi tinggi prisma tersebut adalah 12 cm.
20) Topik: Luas dan Volume Bangun Ruang (II) Subtopik: Tabung Sebuah tabung memiliki jari-jari dan tinggi masing-masing 10 cm dan 30 cm. Volume tabung tersebut adalah... . A. 471 cm3B. 942 cm3C. 420 cm3D. 710 cm3
Jawaban: CPembahasan: Jari-jari = r = 10 cm Tinggi = t = 30 cm Jadi, Volume tabung = πr2t = 3,14 × 102 ×30 =3,14 ×100 × 30 = 9.420 cm3

Nah, itu dia tadi kumpulan soal latihan yang bisa kamu pelajari untuk menghadapi persiapan Penilaian Akhir Semester untuk kelas 6 Matematika ya. Gimana? Sudah sejauh mana persiapan kamu dari latihan soal itu? Udah pada paham belum? Kalau ada yang masih ragu dan belum siap banget dari sisi materi, kamu bisa banget pelajarin topik tersebut di
ruangbelajar! Selain video animasi, di sana juga ada kuis dan rangkuman dalam bentuk infografis yang membantu kamu mengerti materinya lho!

hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '62700d92-1aae-4202-a1e5-0542d3acc323', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
Posting Komentar untuk "Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 Matematika Kelas 6"