Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal PTS Kelas 12 SMA IPA Tahun 2020

latihan soal kelas 12 sma ipa-1 Artikel ini berisi kumpulan latihan soal PTS SMA IPA kelas 12 tahun 2020 --  Separator_Latihan_Soal_matematika-4 MATEMATIKA IPA   Topik: Statistika Inferensial Subtopik: Distribusi Normal Level Kognitif: MOTS 1. Sebuah mesin jahit diberi jaminan bahwa tidak akan rusak sampai 2000 hari dengan standar deviasi 100 hari. Probabilitas mesin jahit tersebut tidak akan rusak antara 1880 hari dan 2200 hari adalah …. A. 0,4772B. 0,6821C. 0,8621D. 0,9021E. 0,9201     Jawaban: C Pembahasan: Separator_Latihan_Soal_matematika-4 Topik: Statistika Inferensial I Subtopik: Distribusi Probabilitas Diskrit Level Kognitif: LOTS 2. Pada pelemparan dua buah uang logam sebanyak 5 kali, peluang munculnya salah satu sisi adalah gambar sebanyak 2 kali adalah …. A. 3/16B. 5/16C. 1/32D. 3/32E. 5/32     Jawaban: B Pembahasan:                Perhatikan bahwa n= 5 r = 2 Peluang munculnya salah satu sisi adalah gambar yaitu P = 2/4 = 1/2               Sehingga Separator_Latihan_Soal_matematika-4   Topik: Statistika Inferensial Subtopik: Distribusi Normal Level Kognitif: HOTS 3. Pada sebuah lomba cerdas cermat, nilai tahap penyisihannya berdistribusi normal dengan rata-rata 75 dan variansi 81. Tahap berikutnya hanya diikuti oleh 4,95% peserta dengan nilai tertinggi. Nilai minimum dari peserta yang melaju ke babak berikutnya adalah …. A. 86,85B. 87,58C. 88,58D. 89,85E. 87,58   Jawaban: D Pembahasan: Misalkan X adalah peubah acak yang menyatakan nilai tahap penyisihan, sehingga  Misalkan xmin adalah nilai minimum yang dibutuhkan untuk maju ke babak berikutnya, maka untuk Z~N(0,1) berlaku Maka berdasarkan tabel distribusi normal didapat Separator_Latihan_Soal_matematika-4 Topik: Statistika Inferensial Subtopik: Distribusi Normal Level Kognitif: MOTS 4. Sebuah mesin jahit diberi jaminan bahwa tidak akan rusak sampai 2000 hari dengan standar deviasi 100 hari. Probabilitas mesin jahit tersebut tidak akan rusak antara 1880 hari dan 2200 hari adalah …. A. 0,4772B. 0,6821C. 0,8621D. 0,9021E. 0,9201     Jawaban: C Pembahasan: Separator_Latihan_Soal_matematika-4 Topik: Statistika Inferensial Subtopik: Uji Hipotesis Level Kognitif: MOTS 5. Seorang pengusaha baju ingin menguji apakah penjualan bajunya mencapai 2000 pcs untuk setiap kota per bulan. Dia mencoba ikut mendistribusikan ke 36 kota dan mendapatkan bahwa rata-rata baju yang terjual yaitu sebanyak 2020 pcs dengan simpangan baku 100 pcs. Dengan taraf nyata 0,05, penjual baju itu ingin mengetahui apakah terdapat cukup bukti untuk menyatakan bahwa penjualan bajunya tidak mencapai 2000 pcs untuk setiap kota per bulan. Daerah penerimaan dan nilai uji statistik dari uji hipotesis di atas adalah…. A. Z< -1,645dan 1,03B. Z< -1,645dan 1,30C. Z> -1,645dan 1,02D. Z> -1,645dan 1,20E. Z< -1,645dan 1,02     Jawaban: D Pembahasan: Hipotesis H0 :μ≥2000 H1 :μ<2000 Uji statistik dari variabel acak Variabel acaknya berdistribusi normal sehingga uji statistiknya adalah Taraf nyata α = 0,05 Daerah penerimaan dan penolakan Daerah penolakan: Z <- Z0,05 Z atau Z<- 1,645 Daerah penerimaan: Z >- Z0,05 Z atau Z >- 1,645 Nilai Uji Statistik x = 2020, μ = 2000, s = 100, n = 36 Separator_Latihan_Soal_fisika-2 FISIKA   Topik: Relativitas khusus Subtopik: Konsekuensi transformasi Lorentz Level kognitif: C1 (LOTS) 6. Pemampatan massa termasuk dalam konsekueni transformasi Lorentz. Massa partikel akan bertambah bagi orang yang melihat partikel bergerak. Jika adalah massa diam partikel dan  adalah massa relativistik, massa relativistik dapat dinyatakan dengan persamaan….     Jawaban: C Pembahasan: Massa relativistik adalah massa yang diukur oleh kerangka acuan (pengamat) yang bergerak terhadap benda yang diukur. Massa relativistik dapat dinyatakan dengan persamaan sebagai berikut: di mana  adalah massa relativistik benda dan  adalah massa diam benda. Maka jawaban yang tepat adalah C. Separator_Latihan_Soal_fisika-2 Topik: Relativitas khusus Subtopik: Pendahuluan relativitas khusus Level kognitif: C2 (MOTS) 7. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!   1) kerangka acuan yang diam 2) kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan konstan 3) kerangka acuan yang bergerak dengan percepatan sebesar nol 4) kerangka acuan yang bergerak dengan percepatan konstan Pernyataan yang tepat mengenai kerangka acuan inersia ditunjukkan oleh nomor …. A. 1), 2), 3), dan 4)B. 1), 2), dan 3)C. 1) dan 3)D. 2) dan 4)E. 4) saja   Baca juga: Latihan Soal UNBK SMA IPS 2020 dan Pembahasannya Jawaban: B Pembahasan: Kerangka acuan non-inersia adalah kerangka acuan yang bergerak dipercepat. Maka pernyataan 4) termasuk kerangka acuan noninersia. Kerangka acuan inersia adalah kerangka acuan yang tidak bergerak atau bergerak dengan kecepatan konstan relatif terhadap suatu kerangka inersia. Maka pernyataan 1) dan 2) benar. Kerangka acuan yang bergerak dengan percepatan sebesar nol sama dengan kerangka acuan yang bergerak dengan kecepatan konstan. Maka pernyataan 3) juga benar. Pernyataan yang tepat mengenai kerangka acuan inersia ditunjukkan oleh nomor 1), 2), dan 3).  Separator_Latihan_Soal_fisika-2 Topik: Relativitas khusus Subtopik: Konsekuensi traansformasi Lorentz Level kognitif: C3 (MOTS) 8. Sebuah partikel memiliki massa relativistik sebesar ketika bergerak dengan kecepatan . Jika partikel tersebut bergerak dengan kecepatan , massa relativistik partikel tersebut sebesar …. A. 0,4mB. 0,5mC. 0,6mD. 0,8mE. 1 m     Jawaban: D Pembahasan: Diketahui:   Massa relativistik adalah massa yang diukur oleh kerangka acuan (pengamat) yang bergerak terhadap benda yang diukur. Massa relativistik suatu benda dinyatakan dengan persamaan: Soal ini dapat diselesaikan menggunakan perbandingan: Separator_Latihan_Soal_fisika-2 Topik: Fisika kuantum Subtopik: Spektrum radiasi Level kognitif: C4 (HOTS) 9. Benda A memiliki panjang gelombang saat intensitasnya maksimum. Benda B memiliki panjang gelombang  saat intensitasnya maksimum. Benda C memiliki panjang gelombang  saat intensitasnya maksimum. Sebuah benda memiliki suhu 1.160 K, benda tersebut adalah …. A. Benda AB. Benda BC. Benda CD. Benda B dan CE. Tidak dapat ditentukan     Jawaban: C Pembahasan: Diketahui: Berdasarkan hukum pergeseran Wien: Benda yang memiliki panjang gelombang  saat intensitasnya maksimum adalah benda C. Maka jawaban yang tepat adalah C.  Separator_Latihan_Soal_fisika-2 Topik: Fisika kuantum Subtopik: Sifat partikel cahaya Level kognitif: C4 (HOTS) 10. Foton berfrekuensi 5×1015 Hz menyinari logam yang memiliki energi ambang 6×10-19 J. Hal yang terjadi adalah…. (h = 6,6 × 10-34 Js) A. elektron tidak dapat lepas dari permukaan logam karena energi yang diberikan lebih kecil dari energi ambang logam B. elektron tidak dapat lepas dari permukaan logam karena energi yang diberikan lebih besar dari energi ambang logam C. elektron tepat akan lepas dari permukaan logam karena energi yang diberikan sama dengan energi ambang logam D. elektron lepas dari permukaan logam karena energi yang diberikan lebih kecil dari energi ambang logam E. elektron lepas dari permukaan logam karena energi yang diberikan lebih besar dari energi ambang logam     Jawaban: E Pembahasan: Diketahui: f = 5 × 1015 Hz  E0 = 6 × 10-19 J  h = 6,6 × 10-34 Js Hitung energi foton: Energi yang diberikan lebih besar dari energi ambang logam, maka elektron akan lepas dari permukaan logam. Maka jawaban yang tepat adalah E. Separator_Latihan_Soal_kimia-1 KIMIA   Topik: Senyawa Turunan Alkana Subtopik: Pendahuluan Senyawa Alkana Level Kognitif: LOTS 11. Perhatikan pasangan senyawa berikut ini: 1) alkohol dan eter2) asam karboksilat dan ester3) aldehida dan keton4) ester dan eter   Pasangan senyawa yang merupakan isomer gugus fungsi adalah …. A. 1, 2, dan 3B. 1 dan 3C. 2 dan 4D. 4 sajaE. 1, 2, 3, dan 4     Jawaban: E Pembahasan: Pasangan senyawa yang merupakan isomer gugus fungsi adalah pasangan senyawa yang memiliki rumus molekul yang sama, namun gugus fungsinya berbeda. Pasangan senyawa yang saling berisomer gugus fungsi adalah: Alkohol (-OH) dan eter (-O-) Asam karboksilat ((-COOH) dan ester (-COO-) Aldehida (-COH) dan keton (-CO-) Jadi, yang merupakan pasangan senyawa yang berisomer gugus fungsi adalah 1, 2, dan 3. Separator_Latihan_Soal_kimia-1 Topik: Senyawa Turunan Alkana Subtopik: Alkohol dan Eter Level Kognitif: HOTS 12. Seorang siswa mereaksikan suatu alkohol sebanyak 14,8 gram dengan sejumlah logam natrium berlebih hingga menghasilkan 2,24 L gas hidrogen. Alkohol tersebut adalah …. A. PentanolB. PropanolC. EtanolD. MethanolE. 2-metilpropanol     Jawaban: E Pembahasan: Mol H2 = V/22,4 L= 2,24 L / 22,4 L = 0,1 mol Reaksi alkohol dengan logam Natrium: Ingat! Perbandingan koefisien = perbandingan mol, maka Mol alkohol = 2 x mol H2                         = 2 x 0,1 = 0,2 mol Ingat, rumus molekul alkohol CnH2n+1OH CnH2n+1OH = 74 CnH2n = 74 – (16 + 1 + 1) CnH2n = 56 12n + 2n = 56 14n = 56 n = 4 Jadi, rumus molekul alkohol C4H9OH, memiliki 4 atom C, senyawa yang memiliki 4 atom C adalah 2-metilpropanol. Separator_Latihan_Soal_kimia-1 Topik: Senyawa Turunan Alkana Subtopik: Identifikasi Asam Karboksilat dan Ester Level Kognitif: MOTS 13. Perhatikan senyawa organik berikut ini: 1) CH3COCH32) CH3CH2CHO3) CH3CH(OH)CH34) CH3CH2CH2OH Asam propanoat dapat dihasilkan dari oksidasi senyawa …. A. 1, 2, dan 3B. 1 dan 3C. 2 dan 4D. 4 sajaE. 1, 2, 3, dan 4     Jawbaan: C Pembahasan:  Asam propanoat merupakan senyawa golongan asam karboksilat. Asam propanoat dapat dihasilkan dari oksidasi senyawa aldehid atau alkohol primer. Asam propanoat memiliki rumus molekul C3H6O2. Asam propanoat didapat dari oksidasi senyawa 1-propanol atau propanal. 1) CH3COCH3 -> metoksi etana (eter)2) CH3CH2CHO -> propanal3) CH3CH(OH)CH3  -> 2-propanol4) CH3CH2CH2OH -> 1-propanol   Sehingga, jawaban yang tepat adalah 2 dan 4. Separator_Latihan_Soal_kimia-1 Topik: Benzena dan Turunannya Subtopik: Tata Nama Turunan Benzena Level Kognitif: HOTS 14. Suatu benzena dapat mengalamai reaksi subtitusi. Ciri reaksi subtitusi pada benzena adalah tidak adanya perubahan ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal atau sebaliknya. Subtitusi benzena dapat berupa monosubtitusi, disubtitusi, dan trisubtitusi. Suatu benzena mengalami reaksi disubtitusi oleh gugus –COOH dan –OH dan memiliki struktur sebagai berikut: Nama yang tepat untuk senyawa tersebut adalah …. A. Para hidroksi benzoatB. Meta hidroksi benzoatC. Orto hidroksi benzoatD. Asam salisilatE. Para hidroksi benzaldehid     Jawaban: C Pembahasan:  Berdasarkan struktur dapat diketahui bahwa posisi dari substituent adalah orto. Prioritas subtituen adalah –COOH > –OH, sehingga senyawa tersebut akan memiliki nama Orto hidroksi benzoat. Separator_Latihan_Soal_kimia-1 Topik: Benzena dan Turunannya Subtopik: Pendahuluan Benzena Level Kognitif: MOTS 15. Jumlah elektron phi pada senyawa P, Q, R, dan S berturut – turut adalah 6, 10, 16, dan 20. Senyawa yang termasuk senyawa aromatis adalah …. A. P dan QB. P dan RC. Q dan SD. R dan SE. P dan S     Jawaban: A Pembahasan: Senyawa hidrokarbon dapat dikatakan sebagai senyawa aromatik jika memenuhi aturan Huckel: Jumlah elektron phi = 4n + 2, dengan n adalah bilangan asli 0, 1, 2, 3, dst. Jika n=1 , jumlah elektron phi = 4(1) + 2 = 6 Jika n=2 , jumlah elektron phi = 4(2) + 2 = 10 Jika n=3 , jumlah elektron phi = 4(3) + 2 = 14 Jika n=4 , jumlah elektron phi = 4(4) + 2 = 18 Jika n=5 , jumlah elektron phi = 4(5) + 2 = 22 Sehingga, senyawa yang merupakan aromatis adalah P dan Q. Separator_Latihan_Soal_biologi-17 BIOLOGI   Topik: Mutasi Subtopik: Mutasi gen Level Kognitif: LOTS   16. Suatu rantai DNA normal memiliki urutan basa nitrogen yaitu AAT - CTA - CCG - GAC. Jika terjadi adisi basa nitrogen G pada rantai pangkalnya maka urutan basa nitrogen yang terbentuk adalah …. A. AAA -TCT - ACC - GGA - CB. ATC - TAC - CGG - ACC. GGC - CTA - CCG - GACD. TTC - CTA - CCG - GACE. GAA - TCT - ACC - GGA - C     Jawaban: E Pembahasan:    Adisi adalah penambahan basa nitrogen di pangkal atau ujung rantai nukleotida.Suatu rantai DNA normal dengan urutan basa nitrogen  AAT - CTA - CCG - GAC mengalami adisi basa nitrogen G pada rantai pangkalnya sehingga urutan basa nitrogen menjadi GAA - TCT - ACC - GGA - C. Dengan demikian jawaban adalah E. Separator_Latihan_Soal_biologi-17 Topik: Mutasi  Subtopik: Mutasi kromosom Level Kognitif: MOTS   17. Perhatikan gambar di bawah ini ! Jenis mutagen yang dimanfaatkan untuk menghasilkan buah seperti gambar di atas adalah …. A. sinar XB. sinar ultravioletC. natrium nitritD. kolkisinE. formaldehid     Jawaban: D Pembahasan: Gambar pada soal adalah gambar semangka tanpa biji. Pembuatan semangka tanpa biji memanfaatkan suatu mutagen berupa kolkisin. Kolkisin biasanya dibuat untuk buah triploid (buah tanpa biji). Pemberian kolkisin pada tunas dan perendaman biji semangka di dalam kolkisin dapat menghambat proses pembentukan benang spindel pada saat anafase sehingga pergerakan kromatid menuju ke kutub sel terhambat dan tidak terjadi pemisahan kromosom. Akibat pemberian kolkisin ini jumlah kromosom akan berlipat ganda menjadi triploid (3n). Dengan demikian jawaban adalah D. Separator_Latihan_Soal_biologi-17 Topik: Evolusi  Subtopik: Asal usul kehidupan Level Kognitif: MOTS   Perhatikan gambar di bawah ini! Berdasarkan percobaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa larva …. A. berasal dari gabungan udara dengan daging yang membusukB. berasal dari telur-telur lalat yang hinggap pada dagingC. berasal dari udara yang masuk kedalam wadahD. berasal dari telur-telur dan daging yang membusukE. berasal dari wadah itu sendiri     Jawaban: B Pembahasan: Gambar percobaan tersebut merupakan gambaran percobaan yang dilakukan oleh Francesco Redi. Pada percobaannya dilakukan tiga perlakuan yaitu
  1. sebuah daging yang diletakkan di dalam sebuah wadah yang terbuka,
  2. sebuah daging diletakkan di dalam wadah ditutup
  3. sebuah daging yang diletakkan di sebuah wadah yang ditutup dengan kain kasa.
Setelah beberapa lama pada wadah yang terbuka ditemukan bahwa daging sudah membusuk dan banyak ditemukan belatung. Dengan demikian Francesco Redi mengambil kesimpulan yaitu larva bukan berasal dari daging, melainkan dari lalat yang hinggap dan bertelur di atas daging. Dengan demikian jawaban adalah B.   Separator_Latihan_Soal_biologi-17 Topik: Evolusi  Subtopik: Asal usul kehidupan Level Kognitif: MOTS   Perhatikan gambar di bawah ini ! Kesimpulan dari percobaan di atas adalah ….. A. makhluk hidup berasal dari benda mati yang muncul secara spontanB. setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnyaC. protein yang terdapat pada kaldu merupakan bahan pembentuk makhluk hidupD. air kaldu merupakan media tumbuh mikroorganismeE. makhluk hidup timbul secara bertahap dari senyawa tak hidup     Jawaban: B Pembahasan:   Gambar percobaan pada soal merupakan gambar percobaan dari Louis Pasteur. Percobaan dari Louis Pasteur dilakukan untuk menyempurnakan percobaan dari Lazzaro Spallanzani dengan mempertahankan udara menggunakan tabung berleher angsa. Percobaan pertama Louis Pasteur adalah dengan cara meletakkan tabung secara vertikal sehingga mikroorganisme terperangkap di leher tabung, hasilnya air kaldu tetap jenih atau tidak ada mikroorganisme. Percobaan kedua Louis Pasteur dengan cara meletakkan tabung secara horizontal sehingga air kaldu sampai ke bagian leher angsa dan terkena udara, hasilnya air kaldu menjadi keruh atau terdapat mikroorganisme. Dengan demikian Louis Pasteur mengambil kesimpulan bahwa “kehidupan tidak dapat muncul pada tempat yang tidak terkontaminasi kehidupan atau lebih dikenal dengan istilah omne vivum ex vivo (makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya)”. Dengan demikian jawaban adalah B. Separator_Latihan_Soal_biologi-17 Topik: Mekanisme Evolusi Subtopik: Hukum Hardy-Weinberg Level Kognitif: HOTS   Suatu Desa A memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.000 orang. Jika terdapat 300 orang laki-laki buta warna, maka jumlah wanita normal carrier dengan wanita normal adalah …. A. 700 orangB. 490 orangC. 420 orangD. 510 orangE. 910 orang     Jawaban: E Pembahasan: Genotip buta warna XY (Laki-laki normal) → p XcbY (Laki-laki buta warna) → q XX(Wanita normal) → p2 XcbX Wanita normal carrier) → 2pq XcbXcb (Wanita buta warna) → q2   Laki-laki buta warna = 300 orang q = 300/1000 = 0,3   p + q = 1 p = 1 - 0,3 p = 0,7   Jumlah wanita normal carrier = 2pq x 1.000 = 2 (0,7)(0,3) x 1.000 = 420 orang   wanita normal = p2 x 1.000 = (0,7)2 x 1.000 = 490 orang   maka total jumlah wanita normal carrier dan wanita buta warna adalah 910 orang. Dengan demikian jawaban adalah E. Separator_Latihan_Soal_biologi-17 Nah, itulah berbagai kumpulan soal yang bisa kamu pakai sebagai ajang latihan sebelum memasuki periode PTS SMA kelas 12 IPA tahun 2020. Kalau ada materi yang kamu ingin tahu pembahasannya, yuk tonton lewat ruangbelajar! New Call-to-action hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '1eaeb7cf-6e40-4247-9ae0-312c2019d986', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Latihan Soal PTS Kelas 12 SMA IPA Tahun 2020"