Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal PTS Kelas 11 SMA IPA Tahun 2020

Latihan soal PTS SMA IPA Kelas 11 Artikel ini berisi 20 soal latihan soal PTS untuk kamu siswa-siswa kelas 11 SMA IPA. --   Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Lingkaran Analitika (NEW) Subtopik : Persamaan Lingkaran Level Kognitif : LOTS 1. Persamaan lingkaran yang berpusat di titik (0, 0) dan melalui titik 1,-5 adalah ...A. x2 + y2 = 1 B. x2 + y2 = 4 C. x2 + y2 = 5 D. x2 + y2 = 25 E. x2 + y2 = 26 Jawaban: E Pembahasan: Cari jari-jari lingkarannya latsol mtk 1 Maka persamaan lingkaran yang berpusat di titik (0,0) melalui titik 1,-5 adalah latsol mtk 2 Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Lingkaran Analitika (NEW) Subtopik : Posisi Suatu Titik terhadap Lingkaran Level Kognitif : MOTS 2. Jarak terjauh titik latsol mtk 2.1 ke lingkaran latsol mtk 2.5 adalah … satuan jarak. latsol mtk 2.3 Jawaban: E Pembahasan: Pertama, kita cari posisi titik latsol mtk 2.4 terhadap lingkaran latsol mtk 2.2. latsol mtk 2.6 Jadi, titik latsol mtk 2.4 berada di luar lingkaran latsol mtk 2.2. Selanjutnya, kita cari titik pusat dan jari-jari lingkaran tersebut. latsol mtk 2.7   Maka, jarak titik latsol mtk 2.1 ke titik pusat lingkaran adalah Jadi, jarak terjauh titik latsol mtk 2.4 ke lingkaran x2+y2+x+y-2=0 adalah Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Lingkaran Analitika (NEW) Subtopik : Kedudukan Garis terhadap Lingkaran Level Kognitif : LOTS 3. Persamaan garis singgung pada lingkaran x2 + y2 = 400 pada titik 12, -16 adalah ...A. 3x - 4y = 100 B. 3x + 4y = 400 C. 4x - 3y = 100 D. 4x + 3y = 400 E. 4x - 3y = 400   Jawaban: A Pembahasan: Titik 12,-16 terletak pada lingkaran, karena 122 + -162 = 400, maka persamaan garis singgungnya: x1x + y1y = r2 12x + -16y = 400 12x - 16y = 400 3x - 4y = 100 Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Irisan Dua Lingkaran Subtopik : Kedudukan Dua Lingkaran Level Kognitif : MOTS 4. Jika L1:x2 + y2 - 10x + 2y - 10 = 0 dan L2:x2 + y2 + 4x - 2y + 12 = 0. Jarak antara kedua pusat lingkaran tersebut adalah …. Jawaban: A Pembahasan: Sebelum menghitung jarak antara pusat kedua lingkaran, kita perlu mengetahui koordinat titik pusat keduanya terlebih dahulu. Jarak antara kedua pusat lingkaran tersebut adalah   Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Irisan Dua Lingkaran Subtopik : Tali Busur Persekutuan Level Kognitif : HOTS 5. Lingkaran x2 + y2 + 2x - 4y - 20 = 0 dengan pusat A berpotongan dengan lingkaran x2 + y2 - 8x + 6y + 12 = 0 dengan pusat B. Jika titik potong kedua lingkaran tersebut adalah titik P dan Q, maka lima kali luas segitiga APQ adalah … satuan luas. A. 10,54 B. 12,54 C. 21,08 D. 52,70 E. 62,70   Jawaban: D Pembahasan: Berikut adalah gambaran dua lingkaran yang saling berpotongan tersebut latihan soal pts 2020 Kita perlu mengetahui terlebih dahulu persamaan tali busur persekutuan PQ dengan mengeliminasi persamaan kedua lingkaran: latihan soal PTS 2020 1 Jarak pusat A ke garis PQ Kemudian, Sehingga Jadi Karena garis AT PQ, maka luas segitiga APQ  satuan luas. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 FISIKA Topik: Termodinamika Subtopik: Hukum ke-nol dan Hukum I Termodinamika Level Kognitif: C1 (LOTS) 6. Es batu yang dicampurkan ke dalam air hangat jika dibiarkan beberapa saat akan mencapai suhu kesetimbangan. Hal ini sesuai dengan …. A. hukum 0 termodinamikaB. hukum I termodinamikaC. hukum II termodinamikaD. hukum III termodinamikaE. hukum Boyle   Jawaban: A Pembahasan: Ketika es dan air hangat dicampurkan, air hangat akan melepaskan kalor sementara es akan menyerap kalor tersebut. Hal ini akan mengakibatkan campuran tersebut mencapai suhu kesetimbangan atau berada dalam kesetimbangan termal. Hal ini sesuai dengan hukum 0 termodinamika. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik: Termodinamika Subtopik: Kapasitas Kalor Level Kognitif: C4 (HOTS) 7. Suatu gas ideal monoatomik dalam wadah tertutup diberikan kalor sebesar Q dan tekanannya dijaga tetap sehingga gas tersebut mengalami kenaikan suhu sebesar T. Untuk menaikkan suhu gas sebesar 2T pada proses isokhorik, kalor yang perlu diberikan pada gas adalah ….   Jawaban: E Pembahasan: kapasitas kalor gas pada volume tetap: kapasitas kalor gas pada tekanan tetap: Kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu gas sebesar T pada proses isobarik: Kalor yang dibutuhkan untuk menaikkan suhu gas sebesar 2T pada proses isokhorik: maka Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik: Gelombang Mekanik Subtopik: Besaran dan Gelombang Level Kognitif: C3 (MOTS) 8. Suatu sumber gelombang menghasilkan sebuah gelombang yang merambat ke kanan dengan amplitudo 0,02 m, frekuensi 3 Hz, dan cepat rambat 12 m/s. Setelah sumber tersebut telat bergetar selama 1 sekon, simpangan di titik P yang berada sejauh 1 m dari sumber adalah …. A. 0,01 mB. 0,02 mC. 0,03 mD. 0,04 mE. 0,05 m   Jawaban: B Pembahasan:kecepatan sudut gelombang: Bilangan gelombang: Gelombang merambat ke kanan, maka persamaan simpangan gelombang tersebut dapat dituliskan sebagai Setelah sumber bergerak selama t = 1 s, simpangan di titik P yang berada x = 2 m dapat diketahui dengan Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik: Gelombang Bunyi Subtopik: Intensitas dan Taraf Intensitas Level Kognitif: C4 (HOTS) 9. Rumah Andi berada sejauh 1 km dari sebuah sumber ledakan. Suara ledakan sampai ke rumah Andi pada taraf intensitas 40 dB. Dinding rumah Andi yang menghadap ke arah sumber ledakan berukuran 3 m × 5 m. Besar energi bunyi yang sampai ke dinding rumah Andi tiap detik adalah …. A. 0,5×10-7 W B. 1,0×10-7 W C. 1,5×10-7 W D. 2,0×10-7 W E. 2,5×10-7 W   Jawaban: C Pembahasan: Pada soal diketahui bahwa TI = 40 dB A = 3 m × 5 m=15 m2   Intensitas bunyi yang sampai ke rumah Andi dapat diketahui dengan   Energi bunyi yang melewati dinding Andi tidap detik selama ledakan itu terjadi dapat diketahui dengan Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik: Gelombang Bunyi Subtopik: Nada Dawai Level Kognitif: C1 (LOTS) 10. Perhatikan beberapa besaran berikut ini!
  1. massa jenis dawai
  2. cepat rambat bunyi di udara
  3. tegangan dawai
  4. panjang gelombang bunyi
Frekuensi bunyi yang dihasilkan oleh sebuah dawai ketika dipetik dipengaruhi oleh …. A. 1 dan 2B. 1 dan 3C. 2 dan 3D. 2 dan 4E. 3 dan 4   Jawaban: B Pembahasan: Frekuensi nada atas ke-n pada senar atau dawai dapat diketahui dengan dengan cepat rambat gelombang pada senar atau dawai dinyatakan dengan Berdasarkan persamaan di atas, dapat diketahui bahwa frekuensi bunyi yang dihasilkan oleh dawai ketika dipetik dipengaruhi oleh tegangan dawai, panjang dawai, massa jenis dawai dan massa dawai. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 KIMIA Topik : Teori dan Karakteristik Asam – Basa Subtopik : Pendahuluan Asam – Basa Level Kognitif : C1 (LOTS) 11. Suatu asam lemah HX dilarutkan dalam 100 mL air hingga konsentrasinya mencapai 2 M. HX terurai dengan derajat ionisasi sebesar 0,2. Mol HX yang tidak terlarut sebanyak …. A. 0,04 mol B. 0,02 mol C. 0,16 mol D. 0,18 mol E. 0,05 mol   Jawaban: C Derajat ionisasi (α) adalah perbandingan jumlah zat yang terurai terhadap jumlah zat yang terurai terhadap jumlah zat sebelum terurai (mula – mula). Mol mula – mula = M x V = 2 M x 100 mL = 200 mmol = 0,2 mol Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam (Hidrolisis) Subtopik : Konsep Hidrolisis Garam Level Kognitif : C1 (LOTS) 12. Perhatikan ion – ion berikut ini:
  1. Na+
  2. NH4+
  3. Cl-
  4. CH3COO-
Berikut ini ion yang dapat mengalami reaksi hidrolisis adalah …. A. 1, 2, dan 3B. 1 dan 3C. 2 dan 4D. 4 sajaE. 1, 2, 3, dan 4   Jawaban: C Reaksi hidrolisis adalah reaksi ion – ion garam dengan air. Ion yang dapat mengalami hidrolisis adalah ion yang berasal dari asam atau basa lemah. Sehingga, yang dapat mengalami reaksi hidrolisis adalah ion NH4+ dan CH3COO-. Ion Na+ dan Cl- berasal dari asam dan basa kuat sehingga tidak akan terhidrolisis dalam air. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Kesetimbangan Ion dan pH Larutan Garam (Hidrolisis) Subtopik : Stoikiometri Hidrolisis Level Kognitif : C4 (HOTS) 13. Seorang siswa mencampurkan sebanyak 100 mL larutan NH3 0,2 M dengan 100 mL larutan HNO3 0,2 M, jika tetapan basa NH3 = 10-5. Campuran larutan akan memiliki pH sebesar …. A. 5B. 9C. 11D. 3E. 6   Jawaban: A Mol NH3 = M x V = 0,2 M x 100 mL = 20 mmol Mol HNO3 = M x V = 0,2 M x 100 mL = 20 mmol Kedua pereaksi habis bereaksi, menurut reaksi: NH3 + HNO3 NH4NO3 Mol NH4NO3 = mol NH3 = mol HNO3 = 20 mmol   Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Larutan Penyangga Subtopik : Perhitungan pH Penyangga Level Kognitif : C3 (MOTS) 14. Sebanyak 20 mL HCN 0,1 M dicampurkan dengan 10 mL KCN 0,2 M. Larutan yang terbentuk diencerkan hingga volumenya mencapai 1 L. pH larutan yang terjadi adalah …. (Ka HCN = 2 x 10-5) A. 9 + log 2B. 10 – log 2C. 5 – log 2D. 8 – log 5E. 6 + log 5   Jawaban: C Mol HCN = M x V = 0,1 M x 20 mL = 2 mmol Mol KCN = M x V = 0,2 M x 10 mL = 2 mmol Merupakan larutan penyangga asam: Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Titrasi Subtopik : Konsep Titrasi Level Kognitif : C3 (MOTS) 15. Perhatikan data hasil titrasi pada tabel berikut ini: Jika diketahui konsentrasi KOH 0,5 M, maka konsentrasi H2SO4 adalah …. A. 0,01 MB. 0,1 MC. 1 MD. 0,0001 ME. 0,002 M   Jawaban: C Gunakan volume rata – rata dari KOH, yaitu (20 + 21 + 19) : 3 = 20 mL Gunakan rumus titrasi: Separator_Latihan_Soal_ipa-2 BIOLOGI Topik : Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan Subtopik : Energi dan Menu Sehat Level kognitif : MOTS (C3) 16. Rohmat adalah siswa SMA berusia 19 tahun yang memiliki berat badan 36 kg dan tinggi badan 156 cm. Berdasarkan standar FAO/WHO/UNU laki-laki tersebut memiliki AMB sebesar…. A. 1300 Kal B. 1237,9 Kal C. 1458,7 Kal D. 1400 Kal E. 1229,8 Kal   Jawaban : E. Pembahasan : Rumus perhitungan AMB berdasarkan standar FAO/WHO/UNU ditentukan berdasarkan tabel berikut ini:   Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pernapasan Subtopik : Gangguan Sistem Pernapasan Level kognitif : HOTS (C4) 17. Seseorang mengalami gangguan pada saluran pernapasan. Berdasarkan hasil diagnosis dokter, ternyata gangguan tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diptheriae. Gejala yang dialami seseorang tersebut yaitu adanya selaput putih keabu-abuan yang menutupi amandel, sakit tenggorokan, sulit menelan, dan sulit bernapas. Gangguan tersebut menyebabkan selaput pada jaringan di saluran pernapasan menjadi mati, dan menumpuk di faring serta tenggorokan. Gangguan pernapasan yang diderita seseorang tersebut adalah…. A. laringitis B. difteri C. bronkitis D. asma E. pleuritis   Jawaban :B. Pembahasan : Difteri merupakan gangguan saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Corynebacterium diptheriae yang dapat terjadi di hidung, di faring maupun di laring. Gejala yang dialami penderita difteri yaitu adanya selaput putih keabu-abuan yang menutupi amandel, sakit tenggorkan, sulit menelan, dan sulit bernapas. Difteri dapat menyebabkan selaput pada jaringan di saluran pernapasan menjadi mati, lalu menumpuk di faring dan juga tenggorokan. Penyakit ini mengakibatkan seseorang kesulitan menelan dan bernapas. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B. Berdasarkan data pada soal, karena siswa tersebut berusia 19 tahun, maka AMB dari siswa SMA tersebut langsung dapat ditentukan melalui kategori AMB laki-laki = 15,3 (BB) + 679 = 15,3 (36) + 679 = 550,8 + 679 = 1229,8 Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah E. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Ekskresi Subtopik : Teknologi yang Berkaitan dengan Kesehatan Sistem Ekskresi Level kognitif : MOTS (C2) 18. Seseorang menderita penyakit gagal ginjal. Dokter menyarakan seseorang tersebut untuk melakukan terapi penggantian ginjal. Terapi pilihan yang dapat digunakan adalah…. A. hemodialisis B. ECG C. skin grafting D. transplantasi ginjal E. CAPD   Jawaban : D. Pembahasan : Transplantasi ginjal merupakan terapi pilihan untuk sebagian pasien yang mengalami penyakit gagal ginjal. Transplantasi ginjal melibatkan pencangkokan ginjal dari orang yang masih hidup atau ginjal dari seseorang yang sudah meninggal. Proses ini diharapkan dapat menggantikan ginjal pasien yang mengalami kerusakan sehingga pasien dapat menjalani kehidupan dengan normal. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Regulasi Subtopik : Sistem Saraf Level kognitif : HOTS (C4) 19. Seseorang menderita suatu penyakit pada sistem regulasi. Gejala yang dialami seseorang tersebut yaitu tidak mampu mendengar suara dengan jelas. Sehingga, ia harus mendengar berulang kali agar mampu mendengar. Berdasarkan gambar di bawah ini, bagian yang mengalami gangguan pada seseorang tersebut ditunjukkan oleh huruf…. gambar otak A. U B. X C. W D. V E. Y   Jawaban : D. Pembahasan : Otak besar dibagi menjadi 4 bagian yang disebut lobus, yakni lobus frontalis (depan), parietalis (atas), temporalis (samping), dan oksipitalis (belakang). Bagian otak yang berfungsi mengendalikan indra pendengaran adalah lobus temporalis. Jadi, jika seseorang mengalami gangguan pada sistem pendengarannya dapat dipastikan bahwa bagian otak besar yang mengalami gangguan adalah lobus temporalis. Bagian yang ditunjuk oleh huruf V adalah lobus temporalis. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. otak manusia Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Regulasi Subtopik : Sistem Saraf Level kognitif : MOTS (C2) 20. Perhatikan gambar proses penyampaian implus di bawah ini! sel Berdasarkan gambar tersebut, proses penghantaran impuls terjadi pada tahap…. A. polarisasi B. repolarisasi C. kembali polarisasi D. depolarisasi E. depokalisasi   Jawaban : D. Pembahasan : Gambar pada soal menunjukkan bahwa proses penghantaran impuls dalam neuron terjadi pada tahap depolarisasi. Pada tahap depolariasi, jika neuron diberikan rangsangan, saluran Na+ akan terbuka dan ion Na+ masuk ke dalam sel. Hal tersebut menyebabkan perubahan muatan listrik (penurunan gradien listrik), yaitu di bagian luar membran, menjadi bermuatan negatif (-) dan di bagian dalam membran, menjadi bermuatan positif (+). Depolarisasi selanjutnya akan terjadi jika saluran tambahan Na+ terbuka, sedangkan saluran K+ tetap tertutup. Hal tersebut menyebabkan keadaan di bagian dalam membran menjadi lebih positif (+). Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. Nah setelah selesai melatih pemahaman kamu melalui latihan soal ini, ada baiknya kamu juga mulai mengulas materi-materi pelajaran yang sudah dipelajari selama ini. Supaya gampang pahamnya, kamu  bisa belajar dengan menggunakan ruangbelajar. Kamu akan belajar ditemani oleh Master Teacher yang keren-keren banget. New Call-to-action hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '1eaeb7cf-6e40-4247-9ae0-312c2019d986', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Latihan Soal PTS Kelas 11 SMA IPA Tahun 2020"