Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 IPA Terpadu Kelas 7

  soal-penilaian-akhir-semester-ipa-terpadu-kelas-7 Artikel ini berisi kumpulan soal Penilaian Akhir Semester (PAS) 2019 IPA Terpadu untuk kelas 7, yang terdiri dari mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Biologi. -- Ujian sudah tiba, ujian sudah tiba. Hore! Hore! Hore! Loh, loh, kok malah nggak senang sih minggu PAS sudah tiba. Itu 'kan berarti sebentar lagi kamu akan liburan sekolah, hehe. Nggak perlu khawatir, nggak perlu risau, nggak perlu juga nyari dukun untuk minta kunci jawaban. Ruangguru siap membantu bersiap menghadapi ujian Penilaian Akhir Semester ini. Untuk siswa kelas 7 yuk merapaaat! Separator_Latihan_Soal_ipa-2 MATEMATIKA   Topik : Pengenalan Variabel Subtopik : Pengenalan Satu Variabel   1. Pada persamaan c - 8 = 19, yang merupakan variabel adalah…. A. 7 B. = C. c D. - Jawaban : C Pembahasan : Perhatikan bahwa variabel adalah simbol untuk menggantikan suatu nilai yang belum diketahui. Pada c - 8 = 19, yang merupakan variabel adalah c. Bilangan 8 merupakan suatu bilangan yang sudah diketahui. Tanda - merupakan tanda hubung untuk operasi pengurangan. Tanda = merupakan tanda hubung untuk menyatakan suatu persamaan. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Bilangan Bulat I Subtopik : Membandingkan Bilangan Bulat   2. Supaya bilangan 3α3.253 memiliki nilai yang lebih besar dari 346.176, maka nilai α yang memenuhi adalah .... A. 2 B. 3 C. 4 D. 5 Jawaban : D Pembahasan : Perhatikan bahwa kedua bilangan memiliki banyak angka penyusun yang sama, yaitu enam angka. Nilai angka pertama (yaitu ratusan ribu), sama-sama ditempati oleh angka 3, sehingga nilainya sama (yaitu 300.000). Selanjutnya perhatikan pada nilai angka kedua (yaitu puluhan ribu). Pada bilangan 3α3.253 ditempati oleh α. Sedangkan pada bilangan 346.176 ditempati oleh angka 4. Perhatikan bahwa supaya 3α3.253 lebih besar dari 346.176, maka salah satu penyelesaiannya adalah α  harus sama atau lebih besar dari 4 tergantung dari angka ketiga. Sehingga nilai pada opsi jawaban yang mungkin untuk α adalah 4 atau 5. Perhatikan terdapat kemungkinan untuk α = 4. Jika α = 4, maka didapat bahwa nilai angka kedua (yaitu puluhan ribu) dari kedua bilangan adalah sama. Sehingga perhatikan nilai angka ketiga (yaitu ribuan). Pada bilangan 3α3.253 ditempati oleh 3, sehingga bernilai 3.000 dan bilangan 346.176 ditempati oleh angka 6, sehingga bernilai 6.000. Perhatikan bahwa 3.000 lebih kecil nilainya jika dibandingkan dengan 6.000. Sehingga untuk α = 4 tidak terpenuhi, bahwa  masih lebih kecil dari 3α3.253. Maka bilangan  memiliki nilai yang lebih besar dari  untuk nilai  yaitu nilai di atas 4, yaitu 5, 6, 7, 8, dan 9. Sehingga pada opsi jawaban, nilai α yang mungkin adalah 5. . Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Bilangan Bulat I Subtopik : Penjumlahan Bilangan Bulat   3. Perhatikan penggunaan pin + dan pin – di bawah ini : ipa-terpadu-kelas-7-soal-penilaian-akhir-semester Operasi hitung penjumlahan dan hasil yang sesuai dengan penggunaan pin + dan pin – di atas adalah .... A. 5 + (-2) = 3 B. (-5) + 2 = -3 C. 5 + (-3) = 2 D. (-5) + 3 = -2 Jawaban: C Pembahasan: Perhatikan gambar penggunaan pin + dan pin – berikut ini : penilaian-akhir-semester-ipa-terpadu-kelas-7-soal Perhatikan bahwa terdapat 5 buah pin + dan 3 buah pin –. Sehingga operasi hitung penjumlahan yang diwakili oleh penggunaan pin di atas adalah 5 + (-3). Perhatikan bahwa dari 3 buah pin + dan 3 buah pin – didapat hasil 0 dan tersisa 2 buah pin +. Maka didapat hasil penjumlahan yaitu 2. Maka operasi hitung penjumlahan dan hasil yang sesuai dengan penggunaan pin + dan pin – di atas adalah 5 + (-3) = 2. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Pecahan I Subtopik : Penjumlahan Pecahan saintek_4-1 Jawaban: C Pembahasan: Perhatikan bahwa saintek_4 (1) Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Pecahan Subtopik : Bentuk Baku   5. Bentuk baku dari 90123000000000 adalah .... A. 9,0123 x 1012 B. 9,0123 x 1013 C. 9,0123 x 1014 D. 9,0123 x 1015 Jawaban : B Pembahasan : Bilangan pokok bentuk baku harus diantara 1 sampai 10, maka bisa diubah menjadi 9,0123 dengan pangkat 10 nya dapat dihitung dari angka setelah satu 1 sampai angka terakhir ke belakang, maka bentuk bakunya yaitu : 90123000000000 = 9,0123 x 1013 Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Himpunan Subtopik : Konsep Himpunan   6. Perhatikan pernyataan berikut!
  1. Kumpulan siswa berbadan tinggi
  2. Kumpulan hewan berkaki empat
  3. Kumpulan sepatu yang bagus
  4. Kumpulan siswa yang memakai topi
Pernyataan di atas yang termasuk himpunan adalah .... A. i dan ii B. i dan iii C. ii dan iii D. ii dan iv Jawaban : D Pembahasan : Himpunan adalah kumpulan objek yang dapat didefinisikan dengan jelas dan terukut sehingga dapat diketahui termasuk atau tidaknya di dalam himpunan tertentu. Pernyataan i : Kumpulan siswa berbadan tinggi (objek tidak didefinisikan dengan jelas dan terukur karena tinggi-pendeknya seseorang itu relatif) Pernyataan ii : Kumpulan hewan berkaki empat (objek didefinisikan dengan jelas dan terukur) Pernyataan iii : Kumpulan sepatu yang bagus (objek tidak didefinisikan dengan jelas dan terukur karena bagusnya sepatu itu relatif) Pernyataan iv : Kumpulan siswa yang memakai topi (objek didefinisikan dengan jelas dan terukur) Jadi, pernyataan yang termasuk himpunan adalah (ii) dan (iv). Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Aljabar Subtopik : Penjumlahan dan Pengurangan   7. Hasil dari 5α - 2b - α +3b adalah .… A. 4α + b B. 6α - b C. 3α + 2b D. 8α - 3b Jawaban: A Pembahasan: Perhatikan bahwa  dan  merupakan suku-suku yang sejenis serta  dan  juga merupakan suku-suku yang sejenis. Perhatikan bahwa suku-suku yang dapat dijumlahkan atau dikurangkan adalah suku-suku yang sejenis. Maka 5α - 2b - α +3b = 5α - α - 2b + 3b                         = (5 - 1)α + (-2 + 3)b                          = 4α + b Separator_Latihan_Soal_ipa-2 FISIKA   Topik: Objek Ilmu Alam dan Pengetahuannya Subtopik: Penyelidikan Ilmiah IPA   1. Suatu pengamatan yang dilakukan dengan melakukan observasi mengenai sifat atau keadaan objek yang diamati dan tidak disajikan dalam bentuk angka merupakan jenis pengamatan…. A. Kualitatif B. Analitif C. Kuantitatif D. Deskriptif Jawaban: A Pembahasan: Pengamatan adalah suatu proses merasakan, mengenali, mengukur, dan mengamati suatu fenomena alam untuk mengumpulkan data dan memperoleh informasi. Pengamatan kualitatif dilakukan dengan menggunakan alat indera dan hasil yang diperoleh berupa data kualitatif yang menunjukkan sifat atau keadaan objek yang diamati. Contohnya ketika mengamati kucing, data yang diperoleh adalah kucing merupakan karnivora, memiliki rambut, dan vivipar. Separator_Latihan_Soal_ipa-2  Topik: Objek Ilmu Alam dan Pengamatannya Subtopik: Besaran   2. Perhatikan pernyataan berikut 1) Dani mengukur berat buku dengan neraca pegas2) Dina mengukur tinggi badannya dengan jangka sorong3) Andi mengukur massa badan dengan neraca Ohauss4) Ani mengukur waktu berlarinya menggunakan stopwatch Penggunaan alat ukur yang tepat dinyatakan oleh nomor …. A. 1) dan 2) B. 1) dan 4) C. 2) dan 4) D. 3) dan 4) Jawaban: B Pembahasan: Berat diukur dengan neraca pegas. Tinggi merupakan besaran panjang, namun tinggi manusia tidak dapat diukur menggunakan jangka sorong karena skalanya terbatas. Massa dapat diukur dengan neraca Ohauss, namun skala neraca Ohauss terbatas untuk digunakan mengukur massa manusia. Waktu dapat diukur dengan jam atau stopwatch. Jadi, pernyataan yang tepat dinyatakan oleh nomor 1) dan 4). Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik: Objek Ilmu Alam dan Pengamatannya Subtopik: Penggunaan Alat Ukur   3. Sebuah benda berbentuk tabung padat dengan jari-jari 3,5 cm dan tinggi 10 cm dimasukkan ke dalam gelas ukur berisi 38,5 mL air. Jika massa tabung padat tersebut 308 g, massa jenis tabung tersebut sebesar …. A. 0,8 kg/m3 B. 8 kg/m3 C. 800 kg/m3 D. 8.000 kg/m3 Jawaban: C Pembahasan: Diketahui : V0 = 38,5 mL r = 3,5 cm t = 10 cm m = 308 g Hitung volume tabung : saintek_fisika_3 Jadi, massa jenis tabung yaitu  saintek_fisika_3 (1) Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik: Zat dan Karakteristiknya Subtopik: Sifat Materi   4. Suatu zat memiliki ciri-ciri volumenya tetap, bentuknya berubah, dan gaya ikat antarpartikel lemah. Wujud zat tersebut adalah…. A. Padat B. Cair C. Gas D. Tidak dapat ditentukan Jawaban: B Pembahasan: Ciri-ciri dari zat cair adalah:
  • Bentuknya berubah
  • Volumenya tetap
  • Gaya ikat partikel lemah
  • Jarak antarpartikel renggang
  • Gerakan partikel bebas
  • Massa jenisnya lebih kecil dari zat padat
Berdasarkan ciri-ciri tersebut, zat yang dimaksud adalah zat cair. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik: Zat dan Karakteristiknya Subtopik: Perubahan Materi   5. Dina membeli buah yang sudah matang dan berencana untuk digunakan sampai esok hari. Ternyata secara tiba-tiba, Dina harus pergi selama empat hari, buah yang dibeli Dina hanya diletakkan di luar dan dibiarkan di udara terbuka. Empat hari kemudian ketika Dina pulang, hal yang ditemuinya adalah …. A. Buah yang dibeli Dina mengalami perubahan kimia, yaitu menyusut B. Buah yang dibeli Dina mengalami perubahan fisika, yaitu mengering C. Buah yang dibeli Dina mengalami perubahan fisika, yaitu membusuk D. Buah yang dibeli Dina mengalami perubahan kimia, yaitu membusuk Jawaban: D Pembahasan: Buah yang sudah matang harus segera dikonsumsi karena akan mengalami perubahan kimia, yaitu membusuk. Perubahan kimia adalah perubahan suatu benda yang disertai dengan terbentuknya zat baru. Perubahan kimia yang terjadi pada buah yang membusuk secara umum akan mengeluarkan bau yang tidak enak, berlendir, terasa lembek, dan lain sebagainya. Maka jawaban yang tepat, hal yang ditemui Dina ketika pulang adalah melihat bahwa buah yang dibeli Dina empat hari lalu mengalami perubahan kimia, yaitu membusuk. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik: Materi Subtopik: Campuran   6. Suatu cara pemisahan zat berdasarkan perbedaan daya serap zat pada medium stasioner disebut dengan …. A. Ekstraksi B. Distilasi C. Evaporasi D. Kromatografi Jawaban: D Pembahasan: Campuran homogen dapat dipisahkan dengan beberapa cara, yaitu ekstraksi, distilasi, evaporasi, sublimasi, kromatografi. Kromatografi adalah cara pemisahan zat berdasarkan perbedaan daya serap zat pada medium stasioner. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik: Kalor dan Perpindahannya Subtopik: Kalor   7. Lima gram raksa cair akan diubah menjadi raksa dalam bentuk padat. Jika 0,059 kJ kalor dilepaskan oleh raksa pada proses perubahan wujud tersebut, maka kalor lebur raksa sebesar …. A. 118.000 J/kg B. 11.800 J/kg C. 118 J/kg D. 11,8 J/kg Jawaban: B Pembahasan: Kalor lebur (L) adalah kalor yang dibutuhkan untuk mengubah benda padat menjadi cair. Diketahui: Q = 0,059 kJ = 59 J m = 5 g = 0,005 kg L = ? saintek_fisika_7 Separator_Latihan_Soal_ipa-2 BIOLOGI    Topik : Klasifikasi makhluk hidup Subtopik : Ciri-ciri makhluk hidup   1. Dalam suatu kebun dekat sekolah terdapat 1) Bunga tulip2) Anjing3) Tanah4) Air5) Kupu – kupu6) Lebah madu7) Ulat8) Cahaya matahari Berdasarkan komponen diatas, yang termasuk kedalam komponen abiotik adalah…. A. 1, 2, dan 5 B. 3, 4, dan 8 C. 6, 7, dan 8 D. 2, 4, dan 7 Jawapan : B Pembahasan  : Abiotik berasal dari bahasa latin “a” yang artinya tidak dan bios yang artinya makhluk hidup jadi dapat dikatakan abiotik adalah benda tak hidup. Pada ekosistem diatas komponen abiotik adalah tanah, air dan cahaya matahari. Dalam ekosistem itu juga terdapat ekosistem biotik (yang terdiri dari makhluk hidup) yaitu bunga tulip, anjing, kupu-kupu, lebah madu dan ulat. Dengan demikian jawaban adalah B. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik  : Klasifikasi makhluk hidup Subtopik : klasifikasi makhluk hidup    2. Bunga matahari memiliki nama latin Helianthus annuus . Kata “Helianthus” pada nama tersebut menunjukkan …. A. Petunjuk spesies B. Petunjuk genus C. Petunjuk ras D. Petunjuk nama penemu Jawaban  : B Pembahasan : Dalam penulisan nama latin yang dicetuskan oleh Carolus linnaeus yaitu sistem tata nama ganda atau binomial nomenklatur memiliki salah satu aturan dimana suatu spesies terdiri dari dua kata dimana kata pertama petunjuk genus dan kata kedua adalah petunjuk spesies. Serta nama atau singkatan nama penemu dapat dituliskan di belakang nama spesies, dengan huruf tegak dan tanpa garis bawah. Bunga matahari dengan nama latin Helianthus annuus L. memiliki genus Helianthus, spesies annuus dan nama penemunya adalah “L”. Kode nama L sendiri adalah untuk Carolus linnaeus.  Dengan demikian jawaban adalah B. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Klasifikasi makhluk hidup Subtopik  : Klasifikasi makhluk hidup    3. Perhatikan gambar hewan dibawah ini kelas-7-soal-penilaian-akhir-semester-ipa-terpadu saintek_bio_3(1)-1 Kunci dikotom untuk hewan diatas adalah .... A. 1a-2b B. 1b-3b C. 1b-3a-4a D. 1b-3a-4b Jawaban : C Pembahasan  : Hewan yang terdapat pada gambar diatas adalah gurita (Octopus sp.). Gurita merupakan hewan tidak bertulang belakang yang memiliki tubuh lunak dengan ciri khusus berupa bergerak dengan kaki yang terletak di kepala. Berdasarkan ciri-ciri tersebut diketahui bahwa gurita termasuk kelompok Cephalopoda. Dengan demikian, urutan identifikasi gurita sesuai kunci dikotom adalah 1b – 3a – 4a. Dengan demikian jawaban adalah C. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik  : Klasifikasi makhluk hidup Subtopik : Pengenalan miskroskop     4. Perhatikan gambar dibawah ini ! 1) kelas-7-soal-penilaian-akhir-semester-ipa-terpadu-protista 2) kelas-7-soal-penilaian-akhir-semester-ipa-terpadu-lumur 3) kelas-7-soal-penilaian-akhir-semester-ipa-terpadu-fungi 4) kelas-7-soal-penilaian-akhir-semester-ipa-terpadu-paku Makhluk mikroskopis ditunjukkan oleh nomor …. A. 1) dan 2) B. 3) dan 4) D. 1) dan 3) C. 2) dan 4) Jawaban : C Pembahasan       : Makhluk mikroskopis adalah makhluk hidup yang berukuran sangat kecil yaitu tidak lebih dari 100 mm (0.1 ml) maka untuk melihatnya dibutuhkan alat bantu berupa mikroskop. Pada soal makhluk mikroskopis ditunjukkan oleh gambar 1 (protista) dan gambar 3 (Fungi mikroskropis). Sedangkan gambar 2 adalah lumut dan gambar 4 adalah tumbuhan paku yang dapat diamati secara langsung. Dengan demikian jawaban adalah C. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik   : Klasifikasi makhluk hidup Subtopik: Ciri-ciri makhluk hidup      5. Perhatikan gambar dibawah ini ! kelas-7-soal Ciri makluk hidup memerlukan makanan dan berkembang biak ditunjukkan oleh nomor …. A. 1 dan 2 B. 2 dan 3 C. 3 dan 4 D. 1 dan 4 Jawaban :APembahasan Ciri makluk hidup memerlukan makan ditunjukkan oleh gambar nomor satu karena pada gambar tersebut terdapat burung yang sedang mengambil madu dari bunga sedangkan ciri makhluk hidup yang menunjukkan berkembang biak ditunjukkan oleh nomor 2 karena pada gambar tersebut terdapat gambar kawanan singa. Dengan demikian jawaban adalah A. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik   : Klasifikasi makhluk hidup Subtopik  : Klasifikasi makhluk hidup      6. Perhatikan tingkatan takson berikut. 1) Spesies2) Genus3) Filum4) Ordo6) Kingdom7) Divisi8) Famili9) Kelas Urutan tingkatan takson mulai dari yang tertinggi hingga tingkatan terendah untuk Panthera tigris adalah …. A. 5 – 3 – 8 – 4 – 7 – 2 – 1 B. 5 – 6 – 8 – 4 – 7 – 2 – 1 C. 1 – 2 – 7 – 4 – 8 – 3 – 5 D. 1 – 2 – 7 – 4 – 8 – 6 – 5 Jawaban  : A Pembahasan   : Tingkatan takson adalah tingkatan unit atau kelompok makhluk hidup yang disusun mulai dari tingkat tertinggi hingga tingkat terendah. Panthera tigris adalah nama latin untuk hewan harimau maka urutan tingkatan takson mulai dari tingkat tertinggi ke tingkat terendah adalah kingdom – filum – kelas – ordo – famili – genus – spesies. Dengan demikian jawaban adalah A. Separator_Latihan_Soal_ipa-2 Topik : Klasifikasi makhluk hidup Subtopik  : Klasifikasi makhluk hidup      7. Perhatikan ciri-ciri makhluk hidup dibawah ini ! 1) Bersifat prokariotik2) Bersifat eukariotik3) Uniseluler dan mikroskopis4) Memiliki klorofil dan berkas pengangkut Seorang siswa bernama Daniel mengambil air sungai dengan menggunakan net plankton. Air yang diambil tersebut diamati dibawah mikroskop. Pada pengamatan didapatkan ada satu mikroorganisme yaitu Shigella dysenteriae dan Escherichia coli. Ciri-ciri yang sesuai dengan mikroorganisme tersebut ditunjukkan oleh nomor …. A. 2 dan 3 B. 3 dan 4 C. 1 dan 3 D. 2 dan 4 Jawaban :C Pembahasan : Mikroorganisme Shigella dysenteriae dan Escherichia coli merupakan jenis bakteri yang termasuk kedalam kingdom monera. Kingdom monera memiliki ciri yaitu bersifat prokariotik atau tidak memiliki membran inti sel dan merupakan makhluk hidup uniseluler dan mikroskopis. Dengan demikian jawaban adalah C.   Sudah siap 'kan semua? Oh, iya, Ruangguru juga masih punya kumpulan latihan soal untuk kamu, jadi stay tune ya. Jangan lupa juga berdoa dan istirahat yang cukup agar bisa mengerjakan soal dengan fokus. Kalau perlu, bisa juga ikut ruanglesonline bersama para tutor keren yang bisa membantu kamu menyelesaikan PR dan latihan soal melalui live chat. New Call-to-action hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, 'ca9ab7cb-ee71-4f58-a79e-ad61356b43bc', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 IPA Terpadu Kelas 7"