Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latihan Soal & Pembahasan PTS Kelas 11 IPS Semester Ganjil 2021

latihan soal PTS kelas 11 IPS Penilaian Tengah Semester (PTS) semakin dekat nih! Buat kelas 11 IPS, Udah persiapan belum? Yuk, latihan soal dan pembahasan di artikel ini!  -- Wah, nggak kerasa kita sebentar lagi udah masuk ujian PTS aja, yah.  Buat yang sekarang kelas 11, gimana nih progres belajar kalian? Yuk, kejar nilai tinggi di sekolah dengan rajin latihan soal. Simak juga pembahasannya, ya!  LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM

GEOGRAFI

Topik :  Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Subtopik :  Letak, Luas dan Batas Wilayah Indonesia 1. Indonesia terletak di area pertemuan tiga lempeng di dunia mengakibatkan rawan terhadap bencana gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Hal ini menunjukkan dampak dari letak Indonesia secara ....
  1. astronomis
  2. maritim
  3. geografis
  4. geologis
  5. topografis
Jawaban :  D Pembahasan : Secara geologis, Indonesia terletak di zona pertemuan tiga lempeng besar dunia yang memberikan banyak pengaruh pada kehidupan di Indonesia. Gerakan lempeng menyebabkan terbentuknya relief muka bumi. Salah satu dampaknya adalah terbentuknya jalur pegunungan api yang melintasi Indonesia, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Selain itu, gerakan lempeng juga dapat menimbulkan gempa bumi dan tsunami.   Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik :  Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Subtopik :  Potensi dan Pengelolaan Laut Indonesia 2. Indonesia memiliki potensi perikanan laut yang besar di dunia. Potensi ini mencapai hingga 6,5 juta ton per tahunnya. Faktor yang mempengaruhi tingginya potensi sumber daya perikanan tangkap di Indonesia adalah .... 
  1. rendahnya tingkat salinitas laut di Indonesia 
  2. pengendapan ganggang membentuk batuan induk 
  3. peran nelayan dalam memelihara dan menangkap ikan 
  4. permintaan kebutuhan protein oleh masyarakat meningkat 
  5. pertemuan arus panas dan arus dingin di perairan laut  
Jawaban : E Pembahasan : Laut Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat tinggi. Potensi perikanan di Indonesia ini dipengaruhi oleh kondisi arus laut. Indonesia dilewati berbagai arus dari Samudra Pasifik dan Samudra Hindia yang menjadikan perairan laut di Indonesia menjadi hangat dan menjadikannya kaya akan plankton sebagai makanan ikan. Kondisi ini menjadikan potensi perikanan Indonesia menjadi sangat tinggi.   Jadi, jawaban yang tepat adalah E.   LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik :  Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Subtopik :  Faktor-faktor yang Memengaruhi Sebaran Flora dan Fauna  3. Suhu udara merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di dunia. Hanya beberapa negara yang memiliki suhu udara rata-rata hangat sepanjang tahun. Salah satunya adalah Indonesia. Kondisi ini disebabkan oleh ....
  1. rendahnya tekanan udara 
  2. kelembapan udara yang rendah 
  3. banyaknya keragaman jenis makhluk hidup yang tinggal 
  4. adanya hutan hujan tropis yang memiliki kelembapan tinggi 
  5. sinar matahari yang masuk ke Indonesia merata sepanjang tahun 
Jawaban : E Pembahasan : Bentuk bumi yang relatif bulat dan miring 23,5 terhadap bidang ekliptikanya mengakibatkan sinar matahari yang datang ke bumi tidak sama rata di semua wilayah. Pada wilayah lintang rendah atau khatulistiwa, sinar matahari didapatkan hampir sepanjang tahun sehingga suhu udaranya selalu hangat. Salah satu negara yang berada di wilayah ini adalah Indonesia. Suhu udara yang hangat seringkali dianggap merupakan suhu yang ideal bagi pertumbuhan flora dan fauna sehingga wilayah ini memiliki biodiversitas yang cukup tinggi.   Jadi, jawaban yang tepat adalah E.   Baca juga: Latihan Soal & Pembahasan PTS Kelas 11 IPS Semester Genap 2021 LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik :  Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Subtopik :  Karakteristik Bioma di Dunia 4. Bioma yang memiliki ciri-ciri suhu yang sangat tinggi pada siang hari dan berbalik menjadi sangat rendah pada malam hari adalah .... 
  1. stepa
  2. gurun
  3. sabana
  4. taiga
  5. tundra 
Jawaban :  B Pembahasan : Bioma gurun identik dengan suhunya yang tinggi pada siang hari dan berbalik menjadi sangat rendah pada malam hari. Hal tersebut terjadi karena wilayah gurun adalah wilayah yang kering dan biasanya terletak tengah benua. Pada wilayah gurun di siang hari, sinar matahari memancar dan diserap langsung oleh permukaan tanah, kondisi berpasir dan hampir tidak ada vegetasi di permukaannya membuat panas tersebut tidak bertahan dan berubah menjadi suhu lingkungan yang panas. Sedangkan pada malam hari disebabkan oleh kondisi permukaan tanah yang cepat menyerap panas dan cepat melepaskan panas sehingga saat malam hari akan menjadi sangat dingin. Selain itu udara gurun yang kering juga menyebabkan suhu lingkungannya menjadi dingin karena semakin rendah kelembapan (titik air di udara) makin sedikit juga panas yang tertahan di udara. Sehingga ketika udara kering, panas akan langsung dipantulkan menuju angkasa.  Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.  LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik :  Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Subtopik :  Persebaran Jenis-jenis Flora dan Fauna di Indonesia  5. Jenis fauna Asiatis yang hidup di wilayah Indonesia bagian barat memiliki ciri-ciri ....  
  1. tidak terdapat di daerah lain (endemik)  
  2. banyak jenis tikus berkantung  
  3. jenis burung berwarna-warni  
  4. terdapat banyak jenis kera  
  5. banyak burung kasuari  
Jawaban :  D Pembahasan : Hewan yang tinggal di wilayah Indonesia bagian barat adalah hewan dengan jenis fauna Asiatis. Fauna Asiatis memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Banyak hewan yang menyusui.
  • Jenis burung yang berwarna-warni sedikit.
  • Banyak jenis ikan air tawar.
  • Tidak terdapat hewan berkantung.
  • Terdapat berbagai jenis kera. 
Jadi, jawaban yang tepat adalah D.    LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM

EKONOMI

Topik : Pendapatan Nasional Subtopik : Pengertian dan Manfaat Pendapatan Nasional 1. Definisi pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan yang tepat adalah ....
  1. jumlah nilai akhir barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode tertentu
  2. jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh pelaku ekonomi dari faktor produksi suatu negara dalam periode tertentu
  3. jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh pelaku ekonomi dari barang dan jasa suatu negara dalam periode tertentu
  4. jumlah seluruh pendapatan yang dikeluarkan oleh pelaku ekonomi suatu negara dalam periode tertentu
  5. jumlah seluruh pengeluaran yang dikeluarkan oleh pelaku ekonomi suatu negara dalam periode tertentu
Jawaban : B Pembahasan : Definisi pendapatan nasional dapat dilihat dari 3 pendekatan, yaitu pendekatan produksi, pendekatan pendapatan, dan pendekatan pengeluaran. Berdasarkan pendekatan pendapatan, pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh pelaku ekonomi dari faktor produksi suatu negara dalam periode tertentu. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PMTopik : Pendapatan Nasional Subtopik : Konsep Pendapatan Nasional 2. Berikut ini pernyataan yang benar mengenai pendapatan nasional di negara berkembang adalah ….
  1. GNP = GDP
  2. GNP < GDP
  3. GNP > GDP
  4. PI > DI
  5. PI < DI
Jawaban : B Pembahasan : Jika GNP lebih kecil dibandingkan GDP (GNP < GDP), menunjukkan bahwa investasi negara asing di dalam negeri lebih besar daripada investasi negara tersebut di negara lain. Hal tersebut menunjukkan perekonomian negara tersebut belum maju karena masih menerima banyak modal dari luar negeri (terjadi di negara berkembang) dan begitupun sebaliknya. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik : Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Subtopik : Teori Pertumbuhan Ekonomi 3. Salah satu ekonom yang menjelaskan teori pertumbuhan ekonomi klasik dengan pandangan bahwa bahan makanan bertambah menurut deret hitung sedangkan penduduk bertambah menurut deret ukur. Hal tersebut pada akhirnya akan mengakibatkan bahan makanan tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan pangan manusia sehingga perekonomian mengalami kemandegan adalah ....
  1. Thomas Robert Malthus
  2. David Ricardo
  3. Adam Smith
  4. John Maynard Keynes
  5. Werner Sombart
Jawaban : A Pembahasan : Salah satu ekonom klasik yang mengemukakan teori pertumbuhan ekonomi adalah TR. Malthus. Ia mengemukakan bahwa bahan makanan bertambah menurut deret hitung (1, 2, 3, 4, 5,  dan  seterusnya), sedangkan penduduk bertambah menurut deret ukur (1, 2, 4, 8, 16 dan seterusnya). Akibatnya, bahan makanan tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan pangan manusia sehingga masyarakat hidup pada tingkat subsistence (pas-pasan untuk hidup) dan perekonomian mengalami kemandekan.  Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.   Baca Juga: Latihan Soal PTS Kelas 11 SMA IPS Tahun 2020 LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik : Ketenagakerjaan Subtopik : Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja dan Mengatasi Pengangguran 4. Kurangnya tenaga kerja yang berkualitas berpengaruh kepada pihak perusahaan. Hal tersebut mengakibatkan perusahaan kurang berkembang karena mempunyai tenaga kerja berkualitas yang sangat sedikit. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka sikap yang harus dilakukan perusahaan adalah ….
  1. menerima calon tenaga kerja yang pintar
  2. mengadakan pelatihan untuk calon tenaga kerja
  3. menerima calon tenaga kerja lulusan luar negeri
  4. mengadakan seleksi untuk para calon tenaga kerja
  5. mengadakan test online dengan tingkatan soal yang sulit
Jawaban : B Pembahasan : Salah satu masalah tenaga kerja adalah kualitas tenaga kerja yang rendah. Di sisi lain perusahaan menginginkan pekerjanya memiliki kemampuan dan kualitas yang baik agar dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perusahaan bisa mengadakan pelatihan calon tenaga kerja. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja agar sesuai dengan kualitas yang diinginkan.  Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik : Ketenagakerjaan Subtopik : Sistem Upah 5. Penyebab upah tenaga kerja terdidik lebih tinggi dibandingkan dengan tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah ….
  1. produktivitas tenaga terdidik lebih tinggi
  2. jumlah tenaga kerja terdidik lebih banyak
  3. kebutuhan akan tenaga terdidik lebih besar
  4. status ekonomi dan sosial tenaga terdidik lebih tinggi
  5. pekerjaan utama tenaga kerja terdidik mengutamakan fisik
Jawaban : D Pembahasan : Penyebab upah tenaga kerja terdidik lebih tinggi dibandingkan tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah status ekonomi dan sosial tenaga terdidik lebih tinggi, sehingga dianggap lebih kompeten dan terpandang di mata masyarakat. Selain itu, biaya pendidikan yang dikeluarkan untuk menghasilkan tenaga kerja terdidik relatif lebih mahal.  Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM

MATEMATIKA

Topik : Induksi Matematika  Subtopik : Induksi Matematika 3 (Keterbagian) Level : Medium 1. Perhatikan pernyataan berikut! Pn :52n-1+1 habis dibagi 6. Dalam pembuktian dengan induksi matematika, maka yang harus diasumsikan benar pada langkah kedua induksi adalah ....
  1. 52(1)-1+1 habis dibagi 6
  2. 52k-1+1 habis dibagi 6k
  3. 52k-1+1 habis dibagi 6
  4. 52(k+1)-1+1 habis dibagi 6k
  5. 52(k+1)-1+1 habis dibagi 6
Kunci Jawaban: C Pembahasan: Dalam langkah kedua pembuktian dengan induksi matematika, Pk harus diasumsikan benar. Dengan demikian, yang harus diasumsikan benar pada langkah kedua adalah  Pk:52k-1+1 habis dibagi 6. Jadi, jawaban yang tepat adalah C. LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik : Program LinearSubtopik : Prasyarat Program LinearLevel : HOTS 2. Perhatikan gambar berikut ini! Program Linear 3 Daerah himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan (x+y-10)(x+3y-15)≤0, x≥0, dan y≥0 ditunjukkan oleh nomor ....
  1. I saja
  2. II saja
  3. III saja
  4. I dan III
  5. II dan IV
Kunci Jawaban: D Pembahasan: Diketahui sistem pertidaksamaan linear berikut.   Sistem pertidaksamaan linear  Terlebih dahulu, tentukan titik potong garis x+y-10=0 terhadap sumbu-x dan sumbu-y sebagai berikut.  Sistem pertidaksamaan linear 2 Kemudian, tentukan titik potong garis x+3y-15=0 terhadap sumbu- x dan sumbu-y sebagai berikut.  Sistem pertidaksamaan linear 3 Oleh karena itu, dapat digambarkan sebagai berikut.   Sistem pertidaksamaan linear 4 Perhatikan bahwa (x+y-10)(x+3y-15)≤0. Oleh karena itu, penyelesaiannya dapat dibagi menjadi 2 kasus, yaitu: Kasus I: x+y-10≤0 dan x+3y-15≥0 Kasus II: x+y-10≥0 dan x+3y-15≤0 Selanjutnya, tentukan daerah himpunan penyelesaian dari masing-masing kasus. Kasus I : x+y-10≤0 dan x+3y-15≥0, dengan x≥0 dan y≥0.
  • Untuk x+y-10≤0, daerah himpunan penyelesaiannya adalah daerah I dan IV.
  • Untuk x+3y-15≥0, daerah himpunan penyelesaiannya adalah daerah I dan II.
Karena harus memenuhi kedua pertidaksamaan di atas, maka daerah himpunan penyelesaiannya adalah irisan dari kedua daerah penyelesaiannya, yaitu daerah I. Kasus II : x+y-10≥0 dan x+3y-15≤0, dengan x≥0 dan y≥0.
  • Untuk x+y-10≥0, berarti berada di daerah II dan III.
  • Untuk x+3y-15≤0, berarti berada di daerah III dan IV.
Karena harus memenuhi kedua pertidaksamaan di atas, maka daerah himpunan penyelesaiannya adalah irisan dari kedua daerah penyelesaiannya, yaitu daerah III. Dengan demikian, daerah himpunan penyelesaiannya adalah daerah himpunan penyelesaian dari kedua kasus tersebut, yaitu daerah I dan III. Jadi, jawaban yang tepat adalah D. LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik : Program LinearSubtopik : Pemodelan MatematikaLevel :Medium 3. Perhatikan gambar berikut!   Program Linear Pada daerah yang diarsir, fungsi objektif z=10x+5y mencapai nilai maksimum di titik ....
  1. P
  2. Q
  3. R
  4. S
  5. T
Kunci Jawaban: D Pembahasan: Pertama, buat garis selidiknya. Dari fungsi objektif z=10x+5y, dapat dibuat garis selidiknya, yaitu 10x+5y=k. Dimisalkan k=10 sehingga didapat persamaan garis awalnya adalah 10x+5y=10. Gunakan metode uji selidik dengan menggeser garis awal sehingga didapat ilustrasi sebagai berikut.   Program Linear 2 Karena koefisien x dan y pada fungsi objektif z=10x+5y bernilai positif, maka nilai maksimum dari fungsi objektif tersebut terdapat pada titik dengan garis selidik yang terletak paling kanan. Dapat diperhatikan bahwa garis paling kanan melalui titik S sehingga nilai maksimum dari fungsi objektif tersebut terjadi di titik S. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.   Baca Juga: Latihan Soal PTS Kelas 11 SMA IPS Semester Ganjil 2020 LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topik : MatriksSubtopik : Determinan MatriksLevel : Medium 4. Diketahui matriks p= (1 2 3 2)  dan l adalah matriks identitas yang berordo sama dengan matriks P. Hasil kali dan jumlah akar-akar persamaan det (P-x·I)=0 berturut-turut adalah ....
  1. -6 dan -4
  2. -4 dan 3
  3. -3 dan -4
  4. 3 dan 4
  5. -3 dan 4
Kunci Jawaban: B Pembahasan: Tentukan terlebih dahulu matriks P-x·I sebagai berikut.   matriks Karena det(P-x·I)=0, maka didapat perhitungan sebagai berikut. matriks 2-2 Dengan demikian, didapat hasil kali dan jumlah akar-akarnya adalah sebagai berikut. matriks 3-1 Dengan demikian, hasil kali dan jumlah akar-akar persamaan det(P-x·I)=0 berturut-turut adalah -4 dan 3. Jadi, jawaban yang tepat adalah B. LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-06-05-34-78-PM Topic : MatriksSubtopic : Determinan Matriks & Invers MatriksLevel : Medium 5. Jika M= (3 5 4 7) , maka invers matriks MT adalah ....
    1. (-5 3 3 -2)
    2. (2 -3 -3 5)
    3. (7 -4 -5 3)
    4. (7 -5 -4 3)
    5. (7 4 5 -3)
Kunci Jawaban: C Pembahasan: Diketahui bahwa M=(3 5 4 7) . Oleh karena itu, MT= (3 4 5 7 ) Kemudian, ingat bahwa invers dari matriks (a b c d)  adalah matriks 5-1.   Oleh karena itu, invers dari MT=3 4 5 7  dapat ditentukan sebagai berikut.   matriks 4-1 Dengan demikian, invers matriks MT adalah 7 -4 -5 3 . Jadi, jawaban yang tepat adalah C. LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM

SEJARAH

Topik : Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Eropa Subtopik : Perkembangan Kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia 1. Jatuhnya Hindia-Belanda ke tangan Inggris terjadi pada tahun 1811 tak lama setelah Gubernur Jenderal Daendels digantikan oleh....
  1. Johannes Van Mook 
  2. Jan Willem Raffles 
  3. Jan Willem Janssen 
  4. Van den Bosch 
  5. Pieter Both 
Jawaban : C Pembahasan Jan Willem Janssen merupakan pengganti dari Gubernur Jenderal H. Willem Daendels dalam mempertahankan wilayah jajahan Hindia-Belanda dari serangan Inggris. Namun, penggantian tersebut ternyata tidaklah efektif dan Gubernur Willem Janssens tidak dapat melakukan banyak hal dalam menyelamatkan tanah jajahan karena pada akhir tahun 1811 akhirnya Inggris berhasil menyerang dan menguasai tanah Hindia-Belanda. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.   LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM Topik : Dampak Penjajahan Bangsa Eropa Subtopik : Dampak Penjajahan Bangsa Eropa Pada Bidang Budaya dan Pendidikan 2. Dalam bidang pendidikan, salah satu dampak dari adanya penjajahan kolonial adalah munculnya golongan baru, yakni golongan elit terdidik. Golongan ini muncul setelah Belanda menerapkan politik etis. Golongan ini pada mulanya sengaja diciptakan oleh penjajah kolonial dengan tujuan .... 
  1. agar bangsa Indonesia setidaknya bisa sejajar dengan bangsaTimur Asing 
  2. sebagai pembantu dalam diplomasi saat terjadinya pergolakan daerah 
  3. pemerintah kolonial Belanda menginginkan adanya para peneliti dari golongan bumiputra 
  4. mendapatkan tenaga kerja muda dan terampil untuk bekerja di berbagai perusahaan swasta 
  5. untuk mempermudah dalam mendapatkan pegawai pemerintahan 
Jawaban : E Pembahasan Diberikannya ilmu pengetahuan melalui pendidikan Eropa kepada bangsa Indonesia pada awalnya bertujuan untuk mempermudahkan pemerintah kolonial Belanda dalam memenuhi tingginya kebutuhan terhadap pegawai pemerintahan. Hal ini terjadi karena pada saat itu banyak posisi pegawai pemerintahan yang membutuhkan pegawai yang minimal bisa membaca dan berhitung, sehingga diperlukan pegawai yang terdidik. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.   LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM Topik : Kerajaan Maritim Nusantara pada Masa Hindu-Buddha Subtopik : Kerajaan Maritim Hindu-Buddha 3. Bagi Kerajaan Sriwijaya penguasaan Selat Malaka mempunyai arti penting dalam bidang ekonomi dan pemerintahan, karena ....  
  1. Menguasai Selat Malaka berarti menguasai pelayaran dan perniagaan dunia 
  2. Dengan menguasai Selat Malaka Kerajaan Sriwijaya bisa menguasai seluruh Semenanjung Malaya  
  3. Dapat memperkuat armada laut Kerajaan Sriwijaya 
  4. Kesejahteraan rakyat Sriwijaya bergantung pada Selat Malaka 
  5. Dapat mempersempit ruang gerak perekonomian Kerajaan Singasari 
Jawaban : A Pembahasan : Selat Malaka pada masa Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu jalur perdagangan laut dunia. Banyak kapal asing seperti kapal-kapal yang berasal dari Cina dan Arab singgah di pelabuhan Sriwijaya. Pada saat itu kapal laut asing yang singgah di pelabuhan Sriwijaya harus membayar pajak bea cukai sehingga aktivitas perekonomian kerajaan berjalan seimbang. Maka dari itu penguasaan Selat Malaka bagi Kerajaan Sriwijaya sangat berpengaruh bagi aspek perekonomian dan pemerintahan kerajaan Sriwijaya. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.    Baca juga: Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 11 SMA IPS Tahun 2021 LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM Topik : Kerajaan Maritim Nusantara pada Masa Islam Subtopik : Kerajaan Maritim Islam   Perhatikan gambar berikut! Kerajaan Maritim Nusantara pada Masa Islam 4. Gambar tersebut merupakan gambar dari Masjid Agung Demak, jika diperhatikan masjid ini mendapat pengaruh dari kearifan lokal Nusantara, yakni .... 
  1. penyebaran agama Islam mengalami sinkretismebudaya
  2. adanya peran dari penduduk Hindu Majapahit dalam pembangunan Masjid Agung Demak 
  3. genting Masjid menggunakan tanah liat seperti bangunan-bangunan candi Majapahit 
  4. adanya pengaruh kerajaan Majapahit berupa bangunan masjid yang dibangun menyerupai candi 
  5. bentuk atap masjid ini terdapat persingungan antara pengaruh masjid dengan bangunan Majapahit 
Jawaban : E Pembahasan Persinggungan arsitektur Masjid Agung Demak dengan bangunan Majapahit bisa dilihat dari bentuk atapnya. Dengan bentuk atap berupa tajug tumpang tiga berbentuk segi empat, atap Masjid Agung Demak lebih mirip dengan bangunan suci umat Hindu, pura yang terdiri atas tiga tajug.  Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.  LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM Topik : Pemikiran dan Peristiwa Penting di Eropa Subtopik : Revolusi Industri 5. Revolusi Industri yang terjadi di Inggris membawa dampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat dunia. Adapun dampak dari Revolusi Industri pada bidang sosial adalah .... 
  1. upah buruh menjadi murah 
  2. berkembangnya paham liberalisme 
  3. berkembangnya paham imperialisme modern 
  4. munculnya urbanisasi secara besar-besaran 
  5. sistem kapitalisme menggantikan sistem merkantilisme dalam tatanan masyarakat 
Jawaban : D Pembahasan Salah satu dampak dari adanya Revolusi Industri yang terjadi di Inggris adalah munculnya urbanisasi secara besar-besaran yang dilakukan oleh masyarakat pedesaan ke kota untuk menjadi buruh pabrik. Hal itu biasanya terjadi karena banyak faktor di antaranya adalah semakin sedikitnya lahan pertanian dan juga kesejahteraan petani yang semakin menurun menyebabkan banyak petani desa pergi ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.  LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM

SOSIOLOGI

Topik :  Pembentukan Kelompok Sosial Subtopik :  Bentuk Kelompok Terstruktur 1. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
    1. Perkumpulan guru Indonesia melakukan evaluasi pembelajaran di Jepang.
    2. Para sukarelawan bencana turun ke jalan mengadakan penggalangan dana sosial.
    3. Kelompok PKK Desa Mawar mengadakan silaturahmi ke kelompok PKK di desa lain.
    4. Keluarga Situmorang mengadakan pertemuan keluarga menjelang hari raya keagamaan.
    5. Pemuda Dusun Tanahtinggi membentuk karang taruna.
Kelompok gemeinschaft (paguyuban) ditunjukkan oleh pilihan ....
  1. 1, 2, dan 3
  2. 1, 2, dan 4
  3. 1, 3, dan 5
  4. 2, 4, dan 5
  5. 3, 4, dan 5
Jawaban :  E Pembahasan : Kelompok gemeinschaft atau paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama yang bersifat alami, memiliki solidaritas mekanis, dan kekal. Penyataan nomor 1 dan 2 menunjukkan patembayan karena perkumpulan yang terbentuk untuk waktu yang pendek. Pernyataan nomor 3, 4, dan 5 menunjukkan paguyuban karena menunjukkan hubungan yang mekanis, alami, dan kekal. Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah E.  LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM Topik :  Permasalahan Sosial dalam Masyarakat Subtopik :  Kemiskinan Sebagai Masalah Sosial  2. Berikut ini yang merupakan alasan kemiskinan menarik untuk disimak dari aspek psikologi, yaitu ….
  1. akan tampak pada terbatasnya interaksi individu dengan individu lain yang membuatnya tidak memiliki rasa percaya diri
  2. kecilnya akses terhadap berbagai fasilitas dan kesempatan, diskriminatif, dan posisi lemah dalam pengambil keputusan
  3. terbatasnya interaksi sosial dan penguasaan informasi
  4. rasa rendah diri, fatalisme, malas, dan rasa terisolir
  5. terlihat seberapa besar minat seorang individu dalam mencari tau dan melihat masa depannya
Jawaban : D Pembahasan : Berbagai persoalan kemiskinan penduduk merupakan suatu hal yang menarik untuk disimak dari berbagai aspek, salah satunya dari aspek psikologi. Masalah kemiskinan dilihat dari aspek psikologi timbul karena adanya perasaan tertentu yang dimiliki individu atau kelompok terutama akibat rasa rendah diri, fatalisme, malas, dan rasa terisolir. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM Topik :  Permasalahan Sosial dalam Masyarakat Subtopik :  Ketidakadilan Sebagai Masalah Sosial  3. Tiga macam keadilan menurut Aristoteles, yaitu ….
  1. keadilan distributif, keadilan komutatif, keadilanrestitutif
  2. keadilan remedial, keadilan restitutif, keadilan komutatif
  3. keadilan distributif, keadilan komutatif, keadilanremedial
  4. keadilan distributif, keadilan restitutif, keadilan restorative
  5. keadilan distributif, keadilan restitutif, keadilan fluktuatif
Jawaban : C Pembahasan : Keadilan menurut Aristoteles adalah kelayakan dalam tindakan manusia. Terdapat 5 macam keadilan menurut Aristoteles, yaitu keadilan komutatif, keadilan distributif, keadilan kodrat alam, keadilan konvensional, dan keadilan perbaikan (remedial). Berdasarkan penjelasan tersebut pilihan yang tepat adalah keadilan distributif, keadilan komutatif, dan keadilan remedial. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.   Baca juga: Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 11 SMA IPS 2020 LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM Topik :  Permasalahan Sosial dalam Masyarakat Subtopik :  Masalah Sosial sebagai Realitas Sosial 4. Fenomena yang ada di masyarakat dapat menimbulkan masalah sosial. Namun, tidak semua fenomena disebut sebagai masalah sosial. Suatu fenomena dapat disebut sebagai masalah sosial karena …. 
  1. merugikan masyarakat
  2. menimbulkan keresahan di masyarakat
  3. sulit diatasi di masyarakat
  4. menimbulkan kesulitan pada orang lain
  5. terdapat korban dalam masalah tersebut
Jawaban :  A Pembahasan : Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang dianggap merugikan masyarakat. Berbagai masalah sosial yang ada di masyarakat dapat menimbulkan kerugian, baik fisik maupun non fisik. Sehingga, fenomena dapat disebut sebagai masalah sosial karena merugikan masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.   LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PM Topik :  Pembentukan Kelompok Sosial Subtopik :  Dasar-dasar Pembentukan Kelompok 5. Setiap individu melakukan interaksi dengan individu lain dalam masyarakat untuk mencukupi kebutuhannya. Individu yang berada dalam masyarakat tersebut akan membentuk ….
  1. hubungan sosial
  2. ikatan sosial
  3. kelompok sosial
  4. interaksi sosial
  5. solidaritas sosial
Jawaban :  C Pembahasan : Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Selain itu, manusia memiliki naluri untuk selalu berinteraksi dengan sesama. Interaksi sosial di masyarakat dihasilkan oleh hubungan antarindividu yang dilakukan secara berkesinambungan. Manusia (individu) dalam suatu masyarakat yang melakukan interaksi dengan yang lain akan membentuk suatu kelompok sosial. Jadi, jawaban yang tepat adalah C. LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA-Sep-15-2021-07-05-16-74-PMYeay, Keren nih hari ini belajar banyak! Gimana nih latihan soal dan nyimak pembahasan dari Ruangguru? Gampang bukan! Nah untuk lebih banyak dapetin materi belajar keren lainnya, yuk cobain juga belajar di Aplikasi Ruangguru. Video-video di ruangbelajar cocok banget nih buat jadi teman belajar kamu di rumah. Semangat terus ya! ruangbelajar hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '62700d92-1aae-4202-a1e5-0542d3acc323', {"useNewLoader":"true","region":"na1"});
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Latihan Soal & Pembahasan PTS Kelas 11 IPS Semester Ganjil 2021"