Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Resensi Buku | Bahasa Indonesia Kelas 11

Bahasa Indonesia_11 Squad, apakah kamu sudah pernah mendengar istilah resensi? Atau bahkan kamu pernah diminta guru untuk meresensi isi buku favorit kamu di kelas? Masih banyak yang belum mengenali apa itu resensi dan bagaimana cara membuat resensi yang baik. Nah, kali ini kita akan belajar tentang unsur-unsur resensi serta bagaimana cara membuatnya. Yuk, kita mulai. Resensi adalah sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan suatu buku. Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu recensere yang artinya “melihat kembali”, “menimbang”, atau “menilai”. Unsur-unsur Resensi
  1. Judul Resensi Buku
  2. Data Buku
Data buku biasanya disusun sebagai berikut.
  • Judul buku
  • Pengarang
  • Penerbit
  • Tahun terbit beserta cetakannya
  • Tebal buku
  • Harga buku
  1. Pembukaan Resensi (lead)
  2. Isi Resensi Buku
  3. Penilian Kelebihan dan Kekurangan Buku
  4. Penutup Resensi Buku
struktur teks resensi Baca juga: Pengertian Resensi atau Ulasan Langkah-Langkah Meresensi Buku
  1. Mengenali semua aspek buku yang diresensi mulai dari tema, deskripsi isi buku, hingga jenis buku tersebut.  
  2. Membaca buku yang akan diresensi secara komprehensif, cermat, dan teliti.
  3. Menandai bagian-bagian buku yang diperhatikan secara khusus dan menentukan bagian-bagian yang dikutip untuk dijadikan data.
  4. Membuat sinopsis atau intisari dari buku yang akan diresensi.
  5. Menilai kualitas buku yang diresensi.
Saat menilai kualitas sebuah buku yang diresensi, berikut ini ialah sejumlah hal yang menjadi indikator penilaian.
  • Organisasi atau kerangka penulisan. Dalam hal ini, kita harus memerhatikan bagaimana sistematika buku tersebut, seperti penyusunan bab dan subbabnya.
Contoh kalimat yang berhubungan dengan organisasi dan kerangka penulisan: Buku ini mempunyai sistematika yang baik karena setiap bab disusun secara terstruktur sehingga pembaca lebih mudah mengikuti alur pemikiran dari penulisnya.
  • Isi pernyataan. Dalam hal ini, kita menilai bobot ide, analisis, penyajian data, dan kreativitas penulisnya dalam menulis buku tersebut.
Contoh kalimat yang berhubungan dengan isi pernyataan resensi: Penulis buku ini mampu menampilkan ide-ide yang unik karena bukunya lebih banyak menonjolkan aspek kearifan lokal.
  • Dalam hal ini, kita mengkritisi bagaimana pemakaian ejaan, penulisan kata, dan penyusunan kalimat di buku tersebut.
Contoh kalimat yang berhubungan dengan aspek kebahasaan buku: Buku ini tidak cocok dibaca oleh kalangan remaja karena di dalamnya terdapat banyak istilah-istilah akademik yang hanya bisa dipahami oleh kalangan mahasiswa atau dosen.
  • Aspek teknis. Dalam hal ini, kita mencermati bagaimana tata letak buku.
Contoh kalimat yang berhubungan dengan aspek teknis buku: Dari tata letaknya kita dapat mencermati bahwa buku ini disusun dengan cermat karena dipenuhi oleh ilustrasi yang mendukung penjelasan penulisnya. Sebelum menilai, alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita membuat semacam garis besar (outline) resensi itu. Outline membantu kita ketika menulis, mengoreksi, dan merevisi hasil resensi. kaidah kebahasaan resensi Contoh Soal Soal 1 Berikut ini yang bukan termasuk langkah-langkah meresensi buku, yaitu ....
  1. pengenalan terhadap buku yang diresensi
  2. membaca buku yang akan diresensi secara cermat dan teliti
  3. menandai bagian-bagian buku yang diperhatikan secara khusus
  4. membuat sinopsis buku yang akan diresensi
  5. mendiskusikan isi buku dengan penulisnya
Jawaban: E Pembahasan: Pilihan E bukan langkah dalam melakukan resensi karena penulis resensi tidak perlu mendiskusikannya kepada penulis asli. Semua itu dilakukan agar resensi yang dihasilkan bersifat lebih objektif. Soal 2 Cermatilah kutipan resensi berikut. Bahasa yang ditampilkan oleh penulis Gao Xin Jian sebetulnya mudah dipahami. Semua itu terjadi lantaran Gao memakai ungkapan sehari-hari yang umum dijumpai dalam obrolan masyarakat. Namun demikian, di situ juga terdapat banyak ungkapan bahasa daerah yang perlu mendapat catatan agar pembaca dari daerah lainnya dapat memahaminya. Unsur yang dominan dari penggalan resensi tersebut adalah ....
  1. identitas buku
  2. sinopsis cerita
  3. kebahasaan pengarang
  4. keunggulan dan kelemahan
  5. kepengarangan
Jawaban: C Pembahasan: Dalam kutipan tersebut sudah terlihat bahwa aspek kebahasaan lebih banyak disoroti. Sudah paham ‘kan Squad? Jangan lupa untuk lebih banyak berlatih ya agar kamu dapat membuat teks resensi yang baik. Kamu bisa berlatih di ruangbelajar supaya #BelajarJadiMudah. ruangbelajar hbspt.cta._relativeUrls=true;hbspt.cta.load(2828691, '62700d92-1aae-4202-a1e5-0542d3acc323', {"useNewLoader":"true","region":"na1"}); ReferensiSuherli dkk. 2017. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas 11. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.Artikel diperbarui 2 Desember 2020
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Resensi Buku | Bahasa Indonesia Kelas 11"