Hadapi UN Bahasa Indonesia 2017 dengan Mempelajari Tipe-Tipe Soal Berikut!
Banyak yang sering gagal di Ujian Nasional dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tidak heran, mata pelajaran ini agak menakutkan bagi para siswa. Well, selain harus membaca soal panjang dengan cermat, pilihan jawabannya pun terkadang menjebak. Namun, hal ini bisa kamu atasi dengan memelajari tipe-tipe soal UN Bahasa Indonesia. Yuk simak latihan soal beserta pembahasannya! ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Cermati bagian penutup surat berikut! Demikian lamaran ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
1. Agar menjadi kalimat efektif, bagian kalimat yang harus diperbaiki adalah ....
KUNCI : B PEMBAHASAN : Perbaikan kalimat kami menjadi saya karena surat pribadi. Walaupun sejak tahun 2005 setiap 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila, bobot kesaktian Pancasila makin hilang. Kesaktian Pancasila yang dulu diagungkan, bagi generasi sekarang dianggap sebagai rekayasa Orde Baru. Upaya menghidupkan kembali kesaktian Pancasila jadi utama. Belakangan bahkan ingin dikembangkan paradigma sebagai salah satu pilar kehidupan berbangsa selain UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Menempatkan sebagai salah satu pilar secara tidak langsung mendegradasi bobot Pancasila. Kesaktian Pancasila terletak sebagai posisi ideologis dasar negara. Ketika Pancasila tidak lagi dianggap sebagai batu sendi dan common platform bernegara Indonesia, apalagi tidak lagi menjadi wacana publik maka kesaktiannya pun berangsur punah. Pancasila tidak lagi hanya berada di ujung tanduk dan masuk kotak, tetapi juga terbuang percuma. Olah pikir di atas perlu diapresiasi sebagai upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila. Sebagai ideologi, Pancasila terbuka dikembangkan sesuai dengan kebutuhan aktual, terutama dalam praktik bernegara dan bermasyarakat di Indonesia.2. Opini redaksi yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut adalah â¦
KUNCI : A PEMBAHASAN : Opini merupakan pendapat yang belum terjadi, masih diperkirakan. Opini redaksi artinya pendapat orang yang menulis. Opini redaksi tampak pada paragraf ke-2. Maka jawabannya Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tercermin, antara lain, dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah dasar (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi International Education Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), studi untuk kemampuan matematika siswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-40 dari 42 negara peserta.3. Ide pokok dari paragraf tersebut adalah ....
KUNCI : C PEMBAHASAN : Ide pokok terbagi atas:- eksplisit : sama dengan cara mencari kalimat utama (KU)
- implisit : sama dengan cara mencari simpulan
Posting Komentar untuk "Hadapi UN Bahasa Indonesia 2017 dengan Mempelajari Tipe-Tipe Soal Berikut!"