Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal & Kunci UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMK Semester 1 2021

Soal & Kunci UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMK Semester 1 2021

Unduh Soal & Kunci Penilaian Akhir Semester Bahasa Indonesia Kelas 11 SMK Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Melalui kegiatan penilaian akhir semester guru dapat mengevaluasi peserta didik untuk mengetahui kempetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah selesai mempelajari beberapa kompetensi dasar selama satu semester.

Untuk membantu adik-adik kelas XI dalam mempersiapkan diri menghadapi UAS, Bank Soal menyediakan Kisi-kisi, Soal & Kunci Jawaban UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas XI SMK Semester Gasal Tahun 2021/2022.



Download Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMK


1. Teks prosedur memiliki karakter teks yang berisi�
A. Langkah-langkah untuk mencapai tujuan
B. Gambaran kejadian atau peristiwa
C. Deskripsi ruang dan waktu pada suatu cerita
D. Unsur-unsur pembangun cerita
E. Uraian pendapat para ahli

2. Bagian pertama pada struktur teks prosedur adalah�
A. Pernyataan khusus
B. Pernyataan umum
C. Judul
D. Langkah-langkah
E. Penutup

3. Perhatikan penggalan teks berikut!
Cara Menghilangkan Jerawat
- Jeruk nipis dipotong terlebih dahulu, lalu peraslah
- Oleskan air jeruk nipis ke wajah Anda lalu biarkan meresap selama 30 menit
- Lakukan secara teratur
Bagian yang dominan dalam penggalan teks tersebut adalah�
A. Judul teks
B. Tujuan
C. Langkah-langkah
D. Penutup
E. Kesimpulan

4. Cermatilah kalimat-kalimat berikut:
- Yakinlah bahwa kalian telah mengenakan pakaian dengan rapi
- Berdirilah dengan tegak dan tenang
- Kuasailah pentas dan penonton
Pada beberapa kalimat di atas, partisipan yang digunakan ialah�
A. Kamu
B. Beliau
C. Mereka
D. Kalian
E. Saudara

5. Berikut ini merupakan contoh konjungsi temporal, yaitu�
A. Mula-mula, dan, akhirnya
B. Sebelumnya, tetapi, setelah itu
C. Jikalau, karena, kemudian
D. Akibatnya, sebaiknya, akhirnya
E. Kemudian, ketika, setelah itu

6. Perhatikan teks prosedur berikut:
Cara membuat adukan cor beton:
Pertama, (1)� bahan yang terdiri atas semen, pasir, kerikil, dan air. Kedua, (2)� semen, pasir, dan kerikil dengan perbandingan 1:2:3. Ketiga, (3)� air secukupnya sambil (4)�
Kata-kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang/kosong secara berurutan di atas adalah�.
A. Menyiapkan, pencampuran, menambahkan, diaduk
B. Siapkan, campur, kemudian ambil, ditambahkan
C. Sertakan, tambahkan, ambil, diaduk
D. Menyiapkan, tambahkan, simpan, ditambahkan
E. Siapkan, ambil, simpan, diaduk

7. Perhatikan penggalan teks prosedur berikut:
Cara menegur seseorang yang baik:
1) Pastikan kita sudah mengklarifikasi permasalahan yang terjadi
2) Undang orang yang melakukan kesalahan secara pribadi dan tidak diketahui orang lain
3) Ungkapkan permintaan maaf dan jelaskan permasalahan secara perlahan tanpa diketahui orang lain
4) Berikan solusi ke depannya agar tidak melakukan kesalahan yang sama
Tujuan dari teks prosedur di atas adalah�
A. Menegur seseorang agar terlihat kebodohannya
B. Menegur seseorang tanpa menyakiti perasaan orang yang ditegur
C. Menegur seseorang sehingga semua orang tahu akan kesalahannya
D. Mengumumkan kesalahan seseorang kepada orang banyak
E. Mendamaikan orang yang berbuat kesalahan

8. Perhatikan teks prosedur berikut ini
Proses Pengurusan KTP-Elektronik
1) Ambil nomor antrean dan tunggu panggilan
2) Menuju loket yang ditentukan
3) Masukkan data dan foto Anda
4) �
5) KTP diambil dua minggu kemudian
Langkah keempat yang tepat pada teks prosedur di atas adalah�
A. Membayar foto ke kasir
B. Menuju ruang ambil gambar/foto diri
C. Pembuatan e-KTP selesai
D. Mengambil nomor antrean pengambilan foto
E. Mengkonfirmasi kepada tukang foto

9. Teks prosedur cara membuat manisan mangga yang tepat adalah�
A. Rendam mangga-didihkan air-masak dengan api kecil-masukkan gula
B. Rendam mangga-masak dengan api kecil- masukkan gula-didihkan air
C. Didihkan air-masak dengan api kecil-masukkan gula-rendam mangga
D. Rendam mangga-didihkan air-masukkan gula-masak dengan api kecil
E. Didihkan air-masukkan gula-rendam mangga- masak dengan api kecil

10. Perhatikan teks prosedur berikut!
Cara membuat es buah
1) �
2) Masukkan buah-buahan ke dalam mangkuk
3) Masukkan susu cair ke dalam mangkuk
4) Masukkan es serut
5) Tuangkan sirup vanili
6) Es  buah siap disajikan
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah� 
A. Cuci bersih pisau dan talenan kayu
B. Masukkan gula ke dalam susu cair
C. Masukkan air ke dalam kulkas
D. Siapkan piring saji dan gelas
E. Siapkan bahan dan peralatan yang diperlukan

11. Perihal apakah yang dijelaskan dalam teks eksplanasi�
A. Kejadian atau fenomena alam maupun sosial
B. Langkah-langkah pembuatan suatu hal/alat
C. Pendapat penulis mengenai suatu fenomena
D. Perkiraan yang akan terjadi dalam suatu peristiwa
E. Saran-saran atau nasihat kepada khalayak umum

12. Apabila dalam menganalisis teks eksplanasi mengandung tiga proses, maka teks eksplanasi tersebut tergolong �
A. Sederhana
B. Kompleks
C. Sedang
D. Luar biasa
E. Biasa

13. Dalam penjelasan proses, pertanyaan yang bisa diajukan atas topic yang sedang diangkat adalah�
A. Siapa dan mengapa hal itu terjadi
B. Kapan dan siapa pelaku kejadian itu
C. Bagaimana dan mengapa sesuatu bisa terjadi
D. Di mana dan kapan kejadian itu berawal
E. Kapan dan bagaimana penanganan masalaha itu dilakukan

14. Perhatikan penggalan teks eksplanasi berikut!
Pengangguran merupakan fenomena sosial yang berhubungan dengan aspek ketenagakerjaan. Sudah banyak usaha yang diupayakan untuk mengatasi masalah ini.
Penggunaan kata benda pada penggalan teks di atas adalah�
A. Sosial, mengatasi
B. Mengatasi, masalah
C. Pengangguran, sosial
D. Pengangguran, masalah
E. Diupayakan, masalah

15. Bentuk kalimat pasif terdapat pada kalimat berikut, kecuali�
A. Lulusan sekolah perlu ditingkatkan kualitasnya
B. Sudah banyak usaha diupayakan untuk mengatasi masalah ini
C. Pengangguran bisa juga disebabkan karena pemutusan hubungan kerja
D. Dampak pengangguran dirasakan oleh semua kalangan masyarakat
E. Perubahan struktural ekonomi menyebabkan munculnya kebutuhan tenaga kerja dengan tingkat perekonomian yang beragam

16. Perhatikan penggalan teks eksplanasi berikut!
(1) Gempa bumi merupakan peristiwa alam. (2) Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergeseran lapisan batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. (3) Peristiwa alam itu sering terjadi di daerah yang  berada dekat dengan gunung berapi dan juga di daerah yang dikelilingi lautan luas.
Penggalan teks eksplanasi di atas merupakan struktur bagian�
A. Penjelasan umum
B. Penjelasan khusus
C. Penutup
D. Argumen
E. Koda

17. Perhatikan penggalan teks eksplanasi berikut!
(1) � 
(2) Kekurangan tidur menyebabkan penurunan kinerja mental dan fisik. 
(3) Selama tidur merupakan periode REM (rapyd eye movement) yang fungsinya untuk konsolidasi memori. 
(4) Insomnia sering disebabkan oleh keadaan cuaca, suara bising, cahaya yang terang, penyakit fisik, dan gangguan mental emosional.
Kalimat pertama yang sesuai untuk ditempatkan pada teks di atas adalah�
A. Banyak orang stress karena tidak bekerja
B. Hampir semua orang pernah mengalami kesulitan tidur
C. Semua orang membutuhkan waktu untuk tidur
D. Setiap anak membutuhkan waktu tidur untuk pertumbuhannya
E. Jarang sekali ada orang yang bisa tidur dengan mudah

18. Perhatikan penggala teks eksplanasi berikut!
Curah hujan yang sangat lebat mempunyai tetes hujan besar. (�) tetes hujan berukuran besar, pori-pori permukaan tanah akan tertutup sehingga ilfiltrasi air hujan sangat kecil. 
Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian kosong pada teks di atas adalah�
A. Akhirnya
B. Sehingga
C. Karena
D. Selanjutnya
E. Maka

19. Perhatikan penggalan teks eksplanasi berikut!
Gelombang panas dapat menyebabkan tekanan udara rendah sehingga memicu terjadinya banjir dan tanah longsor.
Penggunaan konjungsi pada teks di atas adalah�
A. Dapat, menyebabkan
B. Tekanan, udara
C. Sehingga, memicu
D. Sehingga, dan
E. Dapat, dan

20. Perhatikan penggalan teks berikut ini!
Kekerasan, dalam metafora yang luas, bisa mencakup beragam perlakuan yang tidak menyenangkan, baik secara fisik maupun psikologis. Efek kekerasan terhadap anak sungguh amat dahsyat karena secara fisik maupun psikologis, kekerasan akan membekas lama dan dalam di relung jiwa seorang anak.
Makna tersirat dalam teks di atas adalah�
A. Kekerasan biasa dilakukan di kalangan masyarakat
B. Banyak orang merasa senang jika melakukan kekerasan
C. Dampak kekerasan tidak akan bertahan lama
D. Model anak sekarang sudah terbiasa dengan kekerasan
E. Sebaiknya jangan melakukan kekerasan terhadap anak

21. Tujuan dari adanya kegiatan ceramah dalam suatu masyarakat adalah�
A. Memberi wawasan pengetahuan, menghibur, dan mempengaruhi pendengar
B. Memberi wawasan politik, menghakimi, dan mengerahkan massa
C. Memberi wawasan, menghibur, dan mengkritik pemerintah
D. Memberi hiburan, wawasan pengetahuan, dan memberi sumbangan dana
E. Mempengaruhi, mengajak, dan membujuk massa untuk demo

22. Manfaat ceramah bagi penceramah itu sendiri adalah�
A. Sebagai ajang memamerkan kepandaian yang dimiliki
B. Sebagai wadah untuk melatih mental, keterampilan berpikir, dan berbicara
C. Sebagai tempat untuk mempromosika diri
D. Sebagai alat untuk mempengaruhi massa agar mengikuti keinginannya
E. Sebagai pertanda bahwa diri memang sudah selayaknya dihormati masyarakat.

23. Perhatikan penggalan teks ceramah berikut ini
Yth. Ketua Yayasan SMK Boedi Oetomo Cilacap
Yth. Kepala SMK Boedi Oetomo Cilacap
Yth. Bapak dan Ibu Guru SMK Boedi Oetomo Cilacap
Penggalan teks di atas merupakan struktur teks ceramah bagian�
A. Salam
B. Ucapan syukur
C. Sapaan
D. Ucapan terima kasih
E. Tujuan ceramah

24. Perhatikan penggalan teks ceramah berikut!
Pada masa remaja, kita akan melewati banyak godaan dan iming-iming yang sejatinya hanya akan menjerumuskan kita ke dalam marabahaya. Mari, senantiasa membuka diri dan waspada akan setiap hal buruk yang mengintai kita.
Penggunaan kata-kata persuasif terdapat pada kalimat�
A. Pada masa remaja, kita akan melewati banyak godaan
B. Godaan dan iming-iming sejatinya akan menjerumuskan kita.
C. Banyak hal buruk mengintai kita
D. Mari, senantiasa membuka diri dan waspada
E. Setiap hal buruk kemungkinan akan terjadi pada diri kita

25. Penggunaan kalimat tanya retoris terdapat pada kalimat�
A. Sampai kapan kita akan terhindar dari pandemi ini?
B. Apa yang bisa kita lakukan agar bisa selamat dari virus ini?
C. Mengapa hanya dunia pendidikan yang belum mengalami new normal?
D. Siapa saja yang berwenang menangani kasus ini?
E. Kalau bukan kita yang menjaga diri, siapa lagi?

26. Ketika pendengar ceramah terdiri dari kalangan remaja pelajar, tema berikut cocok untuk diangkat dalam ceramah tersebut, kecuali�
A. Bijak berpolitik dalam negara
B. Berbakti pada orang tua
C. Kiat-kiat mencapai sukses di masa depan
D. Yang muda yang berakhlak mulia
E. Kenakalan remaja

27. Dalam menyusun teks ceramah, upaya dapat dilakukan agar ceramah tersebut menarik, kecuali�
A. Menggunakan ungkapan kata yang sesuai dengan teks
B. Menggunakan kalimat yang panjang dan lebar
C. Menggunakan majas untuk memperindah kalimat
D. Menggunakan pantun yang sesuai dengan konteks
E. Menggunakan kalimat yang singkat dan jelas

28. Jenis kalimat berikut tepat digunakan dalam menyusun teks ceramah, kecuali�
A. Kalimat simpleks
B. Kalimat kompleks
C. Kalimat ambigu
D. Kalimat deklaratif
E. Kalimat persuasif

29. Perhatikan penggalan teks ceramah berikut!
Sebagai (�) yang baik dan menjadi harapan Bapak/Ibu dan (�), teruslah berupaya untuk menghindarkan diri dari berbagai (�) bermasalah.
Secara berurutan, bagian rumpang/kosong dalam teks di atas akan tepat di isi dengan kata�
A. Warga, masyarakat, tempat
B. Manusia, makhluk hidup, sekolah
C. Ibu, keluarga, rumah
D. Remaja, bangsa, tindakan
E. Pejabat, Negara, daerah

30. Dalam menyusun teks ceramah, kalimat yang tepat digunakan untuk mempengaruhi pendengar agar mau mengikuti saran penceramah secara halus adalah�
A. Kalimat tidak efektif
B. Kalimat ambigu
C. Kalimat inversi
D. Kalimat bermajas
E. Kalimat persuasive

31. Dalam teks cerita pendek, unsur-unsur pembangun cerita dari dalam meliputi�
A. Tema, alur, amanat
B. Sudut pandang, alur, nilai agama
C. Nilai sosial, tema, amanat
D. Nilai pendidikan, alur, gaya bahasa
E. Amanat, penokohan, nilai politik

32. Teknik penggambaran karakter tokoh meliputi teknik analisis langsung dan tidak langsung. Teknik berikut merupakan teknik tidak langsung, kecuali�
A. Teknik penggambaran fisik dan perilaku tokoh
B. Teknik penggambaran kehidupan pengarang cerita
C. Teknik penggambaran lingkungan kehidupan tokoh
D. Teknik penggambaran jalan pikiran tokoh
E. Teknik penggambaran oleh tokoh lain

33. Perhatikan penggalan teks cerita pendek berikut!
Aku termangu mendengar berita itu. Kekasih yang selama ini kurindu-rindu telah meninggalkan dunia ini. Kedukaan bertubi-tubi menyelimuti hari-hariku. Tak mampu kutepis bayang wajahnya. Tak mampu kulupa dekap hangatnya. Tak mampu kubuang kenangan manis bersamanya. 
Latar suasana yang terkandung dalam teks cerita di atas adalah�
A. Gembira
B. Menegangkan
C. Sedih 
D. Bahagia 
E. Romantis

34. Perhatikan penggalan teks cerita pendek berikut!
Semalam berlalu setelah kuantar anakku mengaji jauh di kota santri. Paginya, kurasa hadirnya begitu dekat. Sosoknya lekat menyelimuti semua pandangan dan perasaanku, tak sedetik pun terlewat. Tak kuat rasanya hati ini untuk berpisah dengannya.
Alur yang digunakan dalam penggalan cerita pendek di atas adalah�
A. Mundur
B. Flashback
C. Campuran
D. Maju
E. Maju mundur

35. Perhatikan teks cerita pendek berikut!
Aku tergoda untuk bertanya kabar padanya, teman SD yang sudah puluhan tahun tidak bertemu. Ternyata dia respon dengan baik. Teringat kembali kenangan masa lalu. Rasa itu muncul lagi, sama persis saat pertama bertemu dulu.
Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam teks tersebut adalah�
A. Orang pertama di luar cerita
B. Orang pertama pelaku sampingan
C. Orang ketiga serba tahu
D. Orang ketiga di luar cerita
E. Orang pertama tokoh utama

36. Perhatikan penggalan teks cerita berikut!
Sinta duduk di kursi terdepan di ruangan itu. Semangatnya begitu meluap-luap saat pengawas ujian datang. Peserta ujian terlebih dahulu diminta untuk berdoa menurut kepercayaan masing-masing. Usai berdoa, sinta mendapat lembar soal dan lembar jawaban. 
Tema yang mendasari penggalan teks di atas adalah�
A. Ujian sekolah
B. Tempat duduk ujian
C. Berdoa di pagi hari
D. Lembar soal ujian
E. Jawaban ujian

37. Perhatikan penggalan teks rumpang berikut!
1) Pagi ini, aku siapkan sarapan dengan menu kesukaannya. 
2) Ada belut Lombok ijo, sup buntut sapi, dan peyek kacang. 
3) Selesai mandi dan berpakaian rapi, dia santap masakanku dengan lahab. 
4) Usai sarapan dia ambil kunci mobil langsung pergi tanpa pamit. 
5) Tinggallah aku dalam kelengangan. Kenapa selalu saja begitu. Tidak pantaskah aku untuk diajak bicara? Terlalu rendahkah aku sehingga tak pantas untuk dipamiti?
Urutan yang tepat pada teks cerita yang acak di atas adalah�
A. 3-2-4-1-5
B. 1-2-3-4-5
C. 1-3-2-4-5
D. 3-2-1-5-4
E. 1-2-3-5-4

38. Perhatikan penggalan teks cerita pendek berikut!
Semenjak ditinggal suaminya pergi entah kemana, Surti tak pernah berdandan sedikit pun. Jangankan berdandan, untuk mandi saja Surti harus berpacu dengan waktu. (�). Kerepotan mengurus anaknya yang baru berusia 4 bulan dan mertuanya yang lumpuh total.
Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah�
A. Banyak orang berlomba-lomba berpacu dengan waktu.
B. Berdandan membuat seorang wanita terlihat cantik.
C. Bagaimana tidak? Kepergian suaminya meninggalkan kerepotan-kerepotan bagi Surti.
D. Suami yang baik harus menafkahi istrinya, termasuk kebutuhan berdandan
E. Ibu kandung surti tak mampu berjalan lagi.

39. Perhatikan penggalan teks cerpen berikut!
Kuperhatikan langkah kucing itu gontai. Sebagian bulu-bulu lebatnya kotor oleh cairan berwarna gelap. Matanya memandang sayu ke arahku. Seakan kucing itu berkata, �Beri aku makan dan bersihkan tubuh kotorku ini.� Tak pikir panjang, kuambil sepotong ikan goreng dan kuberikan pada kucing itu. Sesaat kucing itu memandangku dan mengeong sekali sebelum menyantap ikan itu. Barangkali kucing itu mengucapkan terima kasih banyak kepadaku.
Amanat yang ingin disampaikan pengarang dalam penggalan cerita tersebut adalah�
A. Sebaiknya usir kucing yang berjalan gontai
B. Sudah sewajarnya kucing berbadan kotor dan kelaparan, abaikan saja
C. Sebaiknya hindari kucing yang kotor karena mengundang penyakit
D. Sebaiknya beri kucing makanan agar mendapat banyak kebaikan
E. Sebaiknya ajak bicara kucing agar kita terhibur

40. Perhatikan penggalan teks cerpen berikut!
Seminggu sudah hujan selalu menyapa setiap malam tiba. Dedaunan bermandikan air hujan bertubi-tubi. Genangan air menghias di setiap permukaan tanah yang rendah. Hembusan angin basah membelai wajah para pekerja yang pulang petang. Gumpalan awan hitam dan berat berbaris rapi memenuhi langit, siap meluncur menuju tanah negeri.
Penggunaan gaya bahasa yang dominan pada penggalan teks di atas adalah�
A. Penggunaan pantun
B. Penggunaan peribahasa
C. Penggunaan ungkapan
D. Penggunaan sinonim
E. Penggunaan majas


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Kisi-kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas XI SMK, silahkan klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Soal & Kunci UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMK Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Soal & Kunci UAS/PAS Bahasa Indonesia Kelas 11 SMK Semester 1 2021"