Soal & Kunci PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 Semester 1 2021
Soal & Kunci PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 Semester 1 2021
Unduh Soal & Kunci Penilaian Akhir Semester OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 SMK Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Melalui kegiatan penilaian akhir semester guru dapat mengevaluasi peserta didik untuk mengetahui kempetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah selesai mempelajari beberapa kompetensi dasar selama satu semester.
Untuk membantu adik-adik kelas XI SMK dalam mempersiapkan diri menghadapi PAS, Bank Soal menyediakan Soal & Jawaban PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas XI SMK Semester Gasal Tahun 2021/2022.
Download Soal PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 Semester 1
1. Humas adalah bentuk tanggung jawab organisasi atas kepentingan public atau kepentingan masyarakat luas dan berkaitan dengan niat baik (good will) serta nama baik (reputasi), definisi tersebut merupakan pengertian yang dikemukakan oleh�.
A. Sirait
B. Cutlip dan Center
C. Rumanti
D. Rex Harlow
E. James Grunig
2. Humas memiliki satu sasaran, yaitu public. Public tersebut kemudian diartikan sebagai suatu kelompok dalam masyarakat yang memilliki karakteristik serta kepentingan yang sama. Pernyataan tersebut merupakan salah satu karakter humas yaitu�.
A. Sasarannya adalah public
B. Berorientasi pada organisasi
C. Terencana
D. Adanya upaya komunikasi yang bersifat dua arah
E. Bertanggung jawab
3. Humas merupakan bagian integral dari suatu kelembagaan atau organisasi. Artinya humas bukanlah fungsi terpisah dari fungsi manajemen perusahaan karena humas memilliki fungsi sebagai�..
A. Alat promosi
B. Pusat informasi
C. Penggerak perusahaan
D. Alat manajemen
E. Operator organisasi
4. Humas modern mengacu pada komunikasi dua arah sehingga kerja sama antara perusahaan dan masyarakat dapat terjadi dengan baik. Hl aini disebut�.
A. Aspek produktivitas
B. Aspek komunikasi
C. Komunikasi internal
D. Komunikasi eksternal
E. Komunikasi efektif
5. Memengaruhi perilaku orang secara individu ataupun kelompok melalui dialog dengan tujuan mencapai suatu kesuksesan sebuah perusahaan disebut�.
A. Aspek kesetiaan
B. Aspek produktivitas
C. Kolaborasi kepentingan
D. Kepentingan perusahaan
E. Kepentingan masyarakat
6. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Meyakinkan khalayak bahwa perusahaan mampu bertahan dan bangkit setelah krisis.
2) Mengatasi krisis dengan menjalin hubungan dengan pers.
3) Menjadi pembuat identitas perusahaan.
4) Menjadi perantara dalam hubungan dengan pemerintah
5) Menyebarluaskan informasi mengenai aktivitas dan partisipasi.
Dari pernyataan di atas, manfaat humas ditunjukkan dengan nomor�.
A. 1), 2), dan 3)
B. 2), 3), dan 4)
C. 3), 4), dan 5)
D. 4), 5), dan 1)
E. 5), 1), dan 2)
7. Proses dalam kegiatan humas merupakan proses yang berkelanjutan dan berkesinambunga. Pada tahap pertama akan dilakukan analisis sikap dan relasi organisasi dengan lingkungannya, kemudian setelah itu adalah�.
A. Analisis potensi masalah kebutuhan atau peluang
B. Analisis opini
C. Perumusan kebijakan
D. Rencana memperbaiki sikap kelompok
E. Menentukan sikap setiap kelompok pada organisasi
8. Humas perlu melakukan tindakan-tindakan, mulai dari menganalisis hingga mengevaluasi setiap reaksi umpan balik dari public, khususnya dalam upaya penilaian sikap, Tindakan, dan persepsi public sebagai suatu akibat kebijakan yang telah dijalankan oleh suatu organisasi. Penjelasan tersebut merupakan bagian dari tahapan proses humas yaitu�.
A. Analisis sikap dan relasi organisasi dengan lingkungannya
B. Menentukan sikap setiap kelompok pada organisasi
C. Analisis opini
D. Menjalankan kegiatan yang terencana
E. Umpan balik, evaluasi, dan penyesuaian
9. Berikut yang merupakan dasar hukum yang mengatur tentang kehumasan adalah�.
A. UU No. 14 Tahun 2008
B. UU No. 14 Tahun 2018
C. Permen PAN dan Reformasi Birokrasi RI No. 30 Tahun 2001
D. Permen PAN dan Reformasi Birokrasi RI No. 31 Tahun 2001
E. UU No. 25 Tahun 2019
10. Salah satu dasar hukum dalam profesi kehumasan adalah Permen PAN dan Reformasi Birokrasi RI No. 30 Tahun 2011 yang mengatur tentang�.
A. Keterbukaan Informasi Publik
B. Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan di Lingkungan Instansi Pemerintah
C. Pedoman Umum Infrastruktur
D. Pedoman Umum Humas di Lingkungan Instansi Pemerintah
E. Pelayanan Publik
11. Visi humas pemerintah, misi humas pemerintah, dan strategi humas pemerintah adalah bagian dari�.
A. Dasar pelaksanaan kehumasan
B. Aturan kehumasan
C. Pedoman kehumasan
D. Asas kehumasan
E. Inti kehumasan
12. Seorang aparat humas pemerintah harus mampu membentuk, meningkatkan, dan memelihara opini positif public, hal tersebut merupakan salah satu dari � humas pemerintah.
A. Visi
B. Misi
C. Strategi
D. Asas umum
E. Prinsip dasar
13. Sebuah perusahaan menghasilkan suatu produk gagal sehingga produk tersebut dijual dengan harga murah. Saat konsumen menanyakan kelemahan produk tersebut pada petugas humas, petugas tersebut harus menerapkan asas�.
A. Terbuka
B. Objektif
C. Jujur
D. Tepat janji
E. Etis
14. Seorang petugas humas pemerintah dalam menjalankan tugas humasnya harus mempertanggung jawabkan apapun hasil yang dicapai olehnya. Hal tersebut sesuai dengan asa humas yaitu�
A. Tepat janji
B. Etis
C. Professional
D. Akuntabel
E. Integritas
15. Berikut yang bukan merupakan tugas pokok humas pemerintah adalah�.
A. Melaksanakan komunikasi timbal balik antara instansi pemerintah dan public
B. Membangun citra dan reputasi positif
C. Menciptakan iklim hubungan internal dan eksternal yang kondusif dan dinamis
D. Meningkatkan kelancaran arus informasi dan aksesibiltas public
E. Meningkatkan koordinasi dalam penyebarluasan informasi tentang kebijakan pemerintah
16. Pedoman humas dalam bersikap, berperilaku, bertindak, dan berucap di lingkungan instansi pemerintah disebut�.
A. Kode etik humas pemerintah
B. Strategi humas bisnis
C. Kode etik humas bisnis
D. Apparat humas bisnis
E. Tata Kelola kehumasan
17. Kelompok atau orang-orang yang berkomunikasi dengan suatu organisasi, baik secara internal maupun eksternal disebut....
A. Karyawan
B. serikut buruh
C. khalayak
D. manajemen
E. aparat
18. Elemen masyarakat yang ada di sekitar perusahaan disebut....
A. masyarakat luas
B. calon pegawai
C. para pegawai
D. pemasok jasa
E. investor asing
19. Berikut yang termasuk khalayak utama dalam suatu perusahaan adalah....
A. masyarakat luas
B. calon pegawai
C. para pegawai
D. pemasok jasa
E. investor asing
20. Khalayak yang sudah menjadi bagian dari organisasi atau perusahaan bahkan dijadikan sebagai sasaran utama organisasi adalah....
A. para manajer
B. umum perusahaan
C. para pegawai
D. perusahaan asing
E. obligator asing
21. Menyelenggarakan hubungan dengan organisasi-organisasi serumpun dalam bidang hubungan masyarakat, di dalam ataupun di luar negeri merupakan tugas dari....
A. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
B. Asosiasi Perusahaan Public Relations
C. Public Relations Society of American
D. Institute Public Relations of British
E. Netherlands Society of Public Relations
22. Menggiatkan, menyediakan sarana, dan kesempatan bagi riset serta memberikan, menghibahkan, dan mensponsori pemberian beasiswa merupakan tugas dari....
A. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
B. Asosiasi Perusahaan Public Relations
C. Public Relations Society of American
D. Institute Public Relations of British
E. Netherlands Society of Public Relations
23. Mendorong dan memupuk ketaatan pada standar profesional yang tinggi untuk para anggotanya merupakan tugas dari....
A. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
B. Asosiasi Perusahaan Public Relations
C. Public Relations Society of American
D. Institute Public Relations of British
E. Netherlands Society of Public Relations
24. Menerbitkan pamflet, buku, monofrogi, dan majalah merupakan tugas dari....
A. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia
B. Asosiasi Perusahaan Public Relations
C. Public Relations Society of American
D. Institute Public Relations of British
E. Netherlands Society of Public Relations
25. Tatanan etika yang telah disepakati oleh suatu kelompok masyarakat tertentu sebagai sarana untuk membantu para pelaksana sebagai seseorang yang profesional agar tidak merusak etika profesi disebut....
A. kode etik profesi
B. etika diskriptif
C. kode etiket profesi
D. profesi humas
E. etika individu
26. Adat-istiadat atau kebiasaan yang baik yang dihayati oleh masyarakat disebut....
A. Profesi
B. Etika
C. Etiket
D. Moral
E. Asosiasi
27. Salah satu pilar etika hubungan masyarakat adalah..., yang berarti tidak hanya tidak menyakiti orang lain, tetapi menularkan kebaikan kepada masyarakat.
A. to do harm
B. beneficence
C. non-malaficence
D. responsibility
E. confidentiality
28. Salah satu pilar etika hubungan masyarakat adalah..., yang berarti menghormati wilayah pribadi orang lain dengan tetap menjaga kerahasiaan informasi.
A. Veracity
B. Beneficence
C. non-maleficence
D. to do no harm
E. confidentiality
29. Memperhatikan hal-hak pihak lain dan saling menghormati pendapat atau menghargai martabat orang lain merupakan salah satu kualifikasi humas yang disebut....
A. kesadaran etis
B. berperilaku etis
C. kepemimpinan etis
D. bernalar secara etis
E. bernalar secara logis
30. Seorang pegawai lulus mengikuti pelatihan yang diadakan untuk suatu perusahaan. Keterampilan yang dimiliki oleh pegawai tersebut disebut....
A. task skill
B. task management skill
C. contingency skill
D. transfer skill
E. roll environment skill
31. Menghargai hak, menjaga kehormatan, nama baik, martabat, dan milik bagi pihak lain agar tercipta rasa saling menghormati merupakan prinsip etika profesi yang disebut....
A. tanggung jawab
B. kebebasan
C. kejujuran
D. keadilan
E. otonom
32. Keterampilan mengelola sejumlah tugas berbeda dalam satu pekerjaan disebut..
A. contingency management skill
B. relationship management
C. role environment skill
D. transfer skill
E. task management skill
33. Semua orang yang terkena dampak produk dan merupakan anggota organisasi yang menghasilkan produk merupakan jenis pelanggan�.
A. Pelanggan internal
B. Internal organisasi
C. Internal pemerintah
D. Eksternal humas
E. Pelayanan humas
34. Semua orang yang terkena dampak produk, tetapi bukan anggota organisasi penghasil produk, namun masih dalam lingkungan instansi pemerintah dan merupakan anggota organisasi yang menghasilkan produk merupakan jenis pelanggan�.
A. Pelanggan internal
B. Internal organisasi
C. Internal pemerintah
D. Pelanggan eksternal
E. Pelayanan prima
35. Semua orang yang terkena dampak produk, tetapi bukan anggota organisasi merupakan jenis pelanggan�.
A. Pelanggan internal
B. Pelanggan eksternal
C. Internal organisasi
D. Internal pemerintah
E. Pelayanan prima
36. Suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai suatu wujud kepedulian untuk menghindarkan atau meminimalkan kerugian atau ketidakpuasan kepada pelanggan merupakan konsep pelayanan prima�.
A. Pengetahuan dan keahlian
B. Kesediaan melayani
C. Tanggung jawab
D. Tepat waktu dan janji
E. Pelayanan menarik
37. Bagian layanan kantor depan (resepsionis) memerlukan persyaratan, seperti wajah harus menawan, badan harus tegap/tidak cacat, tutur Bahasa menarik, baik dalam perilaku, penampilan penuh percaya diri, busana harus menarik. Hal ini merupakan konsep pelayanan prima�.
A. Penampilan prima
B. Kesediaan melayani
C. Tepat waktu dan janji
D. Kesopanan dan ramah tamah
E. Pengetahuan dan keahlian
38. Petugas pelayanan dalam menyampaikan sesuatu perlu memperhitungkan janji yang disampaikan kepada pelanggan, bukan sebaliknya selalu ingkar janji. Oleh karena itu pertugas pelayanan harus mengetahui unsur�.
A. Penampilan prima
B. Kesediaan melayani
C. Tepat waktu dan janji
D. Kesopanan dan ramah tamah
E. Pengetahuan dan keahlian
39. Petugas harus benar-benar bersedia melayani kebutuhan para pelanggan. Hal tersebut dalam unsur pelayanan prima disebut�.
A. Penampilan prima
B. Kesediaan melayani
C. Tepat waktu dan janji
D. Kesopanan dan ramah
E. Pengetahuan dan keahlian
40. Hal yang berkaitan dengan urusan atau kegiatan yang dalam penyelenggaraannya harus transparan disebut�.
A. Efektivitas kerja
B. Efisiensi kerja
C. Jaminan keamanan
D. Kepastian hukum
E. Keterbukaan
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal dan Kunci Jawaban PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas XI SMK , silahkan klik tautan berikut :
Posting Komentar untuk "Soal & Kunci PAS OTK Humas & Keprotokolan Kelas 11 Semester 1 2021"