Soal & Kunci Ujian Sekolah PKK TKRO Tahun 2022
Unduh Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Tahun Pelajaran 2021/2022 - Ujian sekolah merupakan ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan pada akhir jenjang yang menjadi salah satu faktor penting untuk mengukur dan menilai kompetensi peserta didik terhadap pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL)
Untuk membantu adik-adik kelas 12 TKRO SMK dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah, Bank Soal menyediakan Kisi-kisi, Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah PKK TKRO Tahun 2022.
Download Soal Ujian Sekolah (US) PKK
1. Dalam dunia usaha seringkali seorang pengusaha memiliki bawahan yang berumur jauh diatasnya, namun ia bisa mengatur mereka dengan baik. Berdasarkan ilustrasi tersebut, seorang pengusaha memiliki perilaku kerja prestatif berupa….
A. Kemampuan kepemimpinan
B. Bertanggung jawab
C. Motivasi untuk lebih unggul
D. Komitmen tinggi terhadap pekerjaan
E. Berorientasi pada masa depan
2. Seorang wirausaha yang ingin menjadi wirausahawan sukses harus memiliki 10 karakteristik sebagaimana disebutkan Bygrave, dan salah satunya adalah details. Pernyataan berikut ini yang sesuai dengan karakteristik tersebut adalah….
A. Kemampuan seseorang untuk menggunakan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan pola pikir dan tindakan yang berbeda
B. Kemampuan untuk bisa menganalisis secara rinci sampai ke hal-hal terkecil
C. Kemampuan untuk menghasilkan sesuatu gagasan atau penemuan baru yang dapat diterima atau dijual ke masyarakat
D. Kemampuan untuk menyampaikan gagasan dan pesan baik secara internal maupun eksternal kepada mitra usaha
E. Kemampuan untuk menjalin hubungan baik dengan beberapa pihak dalam menjalankan usahanya
3. Menjadi seorang wirausaha memiliki banyak manfaat baik untuk diri sendiri maupun sekitar. Berikut pernyataan yang kurang sesuai dengan manfaat menjadi wirausaha adalah….
A. Bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan membantu orang lain
B. Memiliki kesempatan menunjukkan kemampuan potensi diri
C. Memiliki keterbatasan untuk mengelola waktu, sumber daya, alat dan bahan
D. Memperoleh manfaat dan laba yang maksimal
E. Meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat
4. Seorang pemuda membuat sebuah produk yang memiliki konsep berbeda dengan yang lain. Berikut ini ciri-ciri peluang usaha yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah….
A. Sesuai dengan minat
B. Bersifat ide kreatif
C. Ada rasa senang saat menjalankan
D. Ada keyakinan untuk mewujudkan
E. Bersifat orisinil
5. Seorang karyawan selalu mengerjakan apa yang menjadi tanggung jawabnya dan selalu menyelesaikannya tepat waktu merupakan pemikiran secara positif dan kreatif, yaitu….
A. Mau menerima gagasan atau ide baru
B. Mampu berkomunkasi dengan baik
C. Memiliki semangat kerja tinggi
D. Mau mendengarkan orang lain
E. Mampu mengelola sumber daya
6. Sebelum memulai sebuah usaha diperlukan analisis peluang usaha tentang SWOT. Berikut ini adalah persiapan analisis peluang usaha atau disebut dengan Oportunity, kecuali…
A. Meneliti luas usaha yang dipilih, mengetahui bentuk usaha, dan mengetahui jenis usaha yang ditekuni
B. Memiliki peta peluang usaha yang menguntungkan, mengetahui bentuk dari usaha yang akan dilakukanbentuk usaha yang akan dijalan.
C. Mengerti calon pegawai yang akan bekerja, menaati sop wirausaha, dan mempunyai lahan untuk bangunan
D. Mengetahui luas usaha yang dipilih dengan menelitinya, dan menganalisa jenis usaha yang akan dijalankan
E. Mengenal informasi usaha yang diterima, dan memiliki peta peluang usaha yang menguntungkan
7. Ada banyak faktor yang mempengarui keberhasilan seorang dalam berwirausaha. Salah satunya yaitu faktor perencanaan. Berikut perencanaan yang sesuai untuk memulai sebuah usaha agar dapat berhasil yaitu…
A. Produk apa yang akan dibuat, berapa modal yang dibutuhkan, berapa pegawainya dan berapa jumlah cabangnya
B. Produk apa yang akan dibuat, berapa cabangnya, siapa konsumennya dan berapa jumlah pegawainya
C. Apa yang akan dibuat, berapa modalnya, siapa distributornya, siapa produsennya dan siapa konsumennya
D. Produk apa yang akan dibuat, berapa modal yang dibutuhkan, siapa konsumennya, dimana tempat usahanya dan siapa sja yang terlibat.
E. Siapa pegawainya, apa yang akan dibuat, siapa distributornya dan berapa modalnya
8. Berwirausaha dapat berhasil maupun mengalami kegagalan. Berikut ini adalah penyebab kegagalan wirausaha menurut Zimmerer yaitu…
A. Gagal dalam perencanaan, kurang pegawai, kurang pendistribusian barang
B. Tidak bersungguh-sungguh, modal yang kurang, tidak ada pelanggan setia
C. Terlalu optimis akan berhasil, tidak mengevaluasi, tidak memiliki pegawai yang loyal
D. Distribusi barang tidak lancar, kurang berpengalaman, tidak bersungguh-sungguh
E. Tidak kompeten dalam manajerial, kurang berpengalaman, lokasi kurang mendukung
9. Inovasi adalah suatu ide atau gagasan baru yang ditemukan untuk memperbaiki maupun menambah kualitas suatu produk. Berikut ini yang merupakan ciri-ciri inovasi yaitu…
A. Memiliki kekhasan khusus, memiliki unsur yang sama dengan sebelumnya, dilaksanakan secara spontan, dan memiliki tujuan
B. Tidak memiliki kekhasan khusus, tidak memiliki tujuan, dilaksanakan secara terencana dan terorganisir
C. Tidak memiliki kekhasan khusus, tidak memiliki tujuan, memiliki unsur yang sama dengan sebelumnya, dilaksanakan secara spontan
D. Dilaksanakan secara spontan, memiliki tujuan yang akan dicapai, dan memiliki pembaruan
E. Memiliki ciri khusus, memiliki pembaruan, dilaksanakan secara terencana, dan memiliki tujuan yang akan dicapai
10. Pendekatan dalam menganalisis peluang usaha ada dua, salah satunya yaitu analisis SWOT (Strenght, Weakness, Oportunity, Threat. Pernyataan yang sesuai dengan maksud dari Weakness yaitu…
A. kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan, bila tidak diatasi akan menghambat kinerja
B. kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan yang dapat digunakan untuk mendukung usaha
C. Peluang atau kesempatan untuk mengembangkan usaha
D. Ancaman, gangguan, hambatan
E. Kepercayaan yang dimiliki pelanggan terhadap perusahaan
11. Hak Kekayaan Intelektual adalah hak untuk menikmati secara ekonomi hasil suatu kreativitas intelektual, Sebagai obkjek yang menghasilkan karya-karya kemampuan intelektual manusia. Penerapan Kekayaan Intelektual sebagai pengakuan dan penghargaan pada seseorang atau badan hukum atas penemuan atau penciptaan karya intelektual mereka dengan memberikan hak-hak khusus bagi mereka, baik yang bersifat sosial maupun ekonomis. Penerapan definisi HAKI dikemukakan oleh ….
A. Bambang Kesowo
B. Ismail Saleh
C. Adrian Sutedi
D. Bambang Pamungkas
E. Undang Undang hak cipta tahun 1912
12. Lisensi diberikan oleh pemegang hak cipta atau pemegang hak terbit kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak ciptaannya atau produk dengan disertai kewajiban pemberian royalti kepada pemegang hak cipta oleh penerima lisensi. Penentuan hak /izin berkaitan dengan hak….
A. Hak seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran
B. Hak yang berasal dari hasil kegiatan intelektual manusia yang memiliki manfaat ekonomi
C. Hak departemen kehakiman sehingga dilindungi oleh undang-undang
D. Hki telah menjadi isu yang sangat penting dan mendapat perhatian baik dalam nasional maupun internasional
E. Hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan,memperbanyak ciptaannya
13. Seorang pencipta lagu dangdut mendapati lagu dangdut ciptaanya diviralkan oleh seorang selebgram dan mengkalaim itu adalah lagu dangdut ciptaanya. Selebgram tersebut telah melanggar hak eksklusif dan mutlak dari sebuah produk. Apa yang dapat anda simpulkan ?
A. Selebgram memiliki wewenang untuk sebagian royaliti yang dihasilkan dari hasil konten tersebut
B. Selebgram memiliki wewenang untuk semua royaliti yang dihasilkan dari konten tersebut
C. Pencipta lagu berhak mengklaim lagu tersebut kepada pihak direktorat jendral haki.
D. Selebgram harus menghapus konten tersebut dan tidak dipublikasikan lagi
E. Selebgram mengedit konten tersebut dengan menambahkan sumber konten
14. Sebuah Industri Otomotif setiap harinya memproduksi ribuan Kendaraan. dari setiap Kendaraan yang diproduksi, sang penemu Kendaraan akan mendapatkan royalti/keuntungan. Hal tersebut merupakan penerapan dari prinsip HAKI tentang....
A. Prinsip sosial
B. Prinsip kebudayaan
C. Prinsip kebersamaan
D. Prinsip ekonomi
E. Prinsip kerjasama
15. Untuk menjadi wirausaha souvenir, maka pelaku usaha wajib melakukan inovasi produk yang dihasilkan. Berikut ini tindakan yang dilakukan pelaku usaha tersebut adalah ….
A. Mencari supplier bahan produksi yang berbeda dengan yang lain
B. Membuat desain souvenir baru yang lebih menarik dan elegan
C. Menghitung biaya dan menentukan harga produk souvenir yang dibuat
D. Mengikuti desain yang menghemat biaya produksi
E. Memilih metode yang paling baik dan ekonomis dalam pembuatan souvenir
16. Seorang ibu akan berbelanja makanan ringan untuk bayinya yang masih berusia 11 bulan. Setiap menemui produk makanan ringan ibu tersebut selalu membaca komposisi makanan dan kandungan bahan pewarna pada kemasan. Hal ini merupakan penerapan dari fungsi kemasan ….
A. Protektif
B. Sarana informasi
C. Promosional
D. Pelindung produk
E. Marketing dan produksi
17. Di supermarket banyak ditemui produk bahan/makanan yang pengemasanya dengan system vacuum. System vacuum pada kemasan suatu produk bertujuan untuk….
A. Kemasan kelihatan mewah
B. Kemasan lebih rapi
C. Kemasan mudah dalam pengangkutan /pemindahan
D. Kemasan mudah dikenali
E. Kemasan lebih awet masa kadaluwarsanya
18. Bisnis online shop merupakan bisnis yang sedang banyak dibicarakan pada era digital seperti sekarang ini. sudah banyak orang meraih suksek melalui bisnis on-line dengan menghasilkan jutaan rupiah, kesempatan ini merupakan impian bagi semua orang dapat meraup uang banyak akan tetapi masih banyak kekawatiran untuk masauk ke bisnis ini. Untuk mengubah rasa kekawatiran ini perlu….
A. Karyawan yang terampil
B. Kemauan dan keyakinan
C. Ide dan gagasan
D. Modal yang banyak
E. Kuota yang banyak
19. Berikut ini yang merupakan penerapan prototype sebagai alat komunikasi adalah ….
A. Membuat miniature rumah untuk bahan presentasi kepada pihak investor
B. Membuat sampel meja dan kursi untuk diuji kekuatannya
C. Membuat simulator conveyor yang akan digunakan untuk menjelaskan proses kerjanya kepada pembeli
D. Melakukan uji tarik untuk memastikan kekuatan dari hasil pengelasan
E. Merancang komposisi bahan dalam pembuatan pukis
20. Seorang wirausaha asesoris mencoba membuat produk kreatif dari barang-barang bekas. Target pasar yang ingin disasar adalah masyarakat modern dengan estimasi keuntungan sekitar 10%. Hal-hal yang perlu disiapkan oleh wirausahawan tersebut adalah, kecuali….
A. Karakteristik produk selaras dengan kebutuhan pelanggan
B. Memberikan garansi kepada pelanggan
C. Melakukan pengembangan sesuai tuntutan pasar
D. Produk yang dihasilkan harus memenuhi kebutuhan pelanggan
E. Penggunaan waktu produksi secara efisien dengan meminimalisir revisi produk
21. Cermatilah kegiatan perencanaan dibawah ini :
1. Penjadwalan waktu produksi
2. Pemilihan perlatan yang telah mengadopsi system informasi yang terintegrasui
3. Pengerjaan dengan perkakas
4. Mobilisasi persona
5. Pembelian material
6. Pembagian pekerjaan
Urutan proses persiapan produksi masal yang benar adalah…
A. 1,2,3,4,5,6
B. 2,3,4,5,6,1
C. 3,4,5,6,1,2
D. 4,5,6,1,2,3
E. 5,6,1,2,3,4
22. Menetapkan keseimbangan antara tingkat kebutuhan dan produksi, teknik pemenuhan pesanan serta memonitor tingkat persediaan produk jadi setiap saat, merupakan salah satu tujuan dari perencanaan produksi masal. Untuk mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan dengan….
A. Membuat rencana persediaan dan melakukan revisi atas rencana produksi pada saat yang ditentukan
B. Melakukan rencana persediaan dan membuat revisi atas rencana produksi pada saat yang ditentukan
C. Membandingkan rencana persediaan dan melakukan revisi atas rencana produksi pada saat yang ditentukan
D. Membuat rencana persediaan dan membandingkan revisi atas rencana produksi pada saat yang ditentukan
E. Mengganti rencana persediaan dan melakukan revisi atas rencana produksi pada saat yang ditentukan
23. Teknologi komputer yang maju saat ini dapat menunjang berbagai kegiatan produksi yang lebih efisien. Hal ini merupakan fungsi dari perencanaan produksi masal untuk….
A. Menjamin rencana penjualan dan rencana produksi yang konsisten
B. Memonitor hasil produksi actual terhadap rencana produksi
C. Mengatur persediaan produk jadi
D. Menjamin kemampuan produksi yang konsisten terhadap rencana produksi
E. Mengarahkan penyusunan dan pelaksanaan jadwal induk produksi
24. Perhatikan beberapa istilah berikut!
(1) Relevansi
(2) Efisiensi
(3) Kreativitas
(4) Banyaknya konsumen
(5) Harga
Istilah yang bukan merupakan aspek yang menjadi indikator dalam keberhasilan pengendalian mutu produk adalah nomor....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
25. Produksi massal muncul di era Revolusi Industri atau Setelah ditemukannya Mesin. Oleh karena itu hingga saat ini, produksi massal biasanya menggunakan Alat seperti mesin. Hal ini dilakukan untuk mempercepat Proses Produksi. Produksi massal dilakukan untuk kepentingan orang banyak. Contoh produksi massal yaitu Pembuatan Sandal,Pembuatan Perabot rumah tangga, dan Pembuatan Mainan Berdasarkan pernyataan tersebut, berikut yang bukan manfaat dari lini perakitan produk massal , yaitu....
A. Pekerja tidak perlu mengangkat beban berat
B. Tidak perlu membungkuk
C. Pekerja tidak perlu diberi pelatihan khusus
D. Membuka lapangan pekerjaan yang mampu dilakukan oleh siapa saja
E. Manambah pengangguran
26. Perakitan yang sebagian besar dikerjakan secara konvensional, menggunakan lebih banyak tenaga manusia dan menggunakan alat bantu yang sederhana, merupakan metode perakitan….
A. Manual
B. Otomatis
C. Kuno
D. Modern
E. Maju
27. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Membantu produsen mencermati kesalahan
(2) Menjajal strategi pemasaran.
(3) Memberikan diskon
(4) Memberikan informasi mengenai produk.
(5) Sebagai upaya untuk mengatur strategi merek.
Pernyataan yang bukan merupakan keuntungan dalam pengujian produk adalah nomor....
A. (1) dan (3)
B. (1) dan (2)
C. (1) dan (4)
D. (1) dan (5)
E. (2) dan (3)
28. Perhatikan fungsi pengendalian mutu produk berikut:
1. Memberikan penilaian yang lebih rinci
2. Memilih proses produksi yang sesuai serta peralatan yang diperlukan
3. Mendesain produk sesuai dengan keinginan konsumen
4. Mengidentifikasi berbagai penyesuaian akhir yang diperlukan untuk produk
5. Mencari umpan balik dari konsumen
Dari pernyataan tersebut yang termasuk fungsi pengendalian mutu produk adalah….
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 4, 5, dan 1
E. 5, 1, dan 2
29. Sebuah perusahaan menggunakan diagram kontrol untuk memonitor proses produksi dan umpan balik yang akan didapatkan oleh operator produksi atas suatu bentuk produksi, maka perusahaan ini menggunakan pendekatan dalam pengendalian mutu produk…
A. Statistical Quality Control
B. Statistical Process Control
C. Total Quality Control
D. Total Quality Manajement
E. Company Wide Quality Control
30. Sebuah perusahaan menggunakan smanajemen yang mengutamakan kualitas berdasarkan partisipasi semua anggota yang bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan, maka perusahaan ini menggunakan pendekatan dalam pengendalian mutu produk…
A. Company Wide Quality Control
B. Total Quality Control
C. Statistical Process Control
D. Total Quality Manajement
E. Statistical Quality Control
31. Pengendalian kualitas bertujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan-penyimpangan, baik bahan, tenaga, waktu maupun kualitas barang jadi serta untuk memperbaiki kesalahan – kesalahan yang pernah terjadi sebelumnya, pada saat maupun setelah proses produksi. Pengendalian dengan cara menetapkan standar yang sangat ketat terhadap spesifikasi bahan baku diperiksa secara cermat,tenaga kerja yang digunakan diseleksi secara ketat serta fasilitas atau perlengkapan produksi dipilih secara cermat disebut pendekatan ….
A. Proses
B. Keluaran
C. Hasil
D. Produk
E. Masukan
32. Pengendalian kualitas bagi perusahaan memiliki beberapa manfaat. Berikut yang bukan merupakan manfaat pengendalian kualitas yaitu ….
A. Tercapainya efesiensi, dikarenakan tidak ada pemborosan bahan baku atau pendukung,waktu dan tenaga kerja
B. Menekan biaya, sehingga biaya rata-rata dan harga jual menjadi rendah
C. Meningkatkan penjualan, disamping karena harga jual relative rendah juga kerena kualitas barang yang terjamin.
D. Menambah biaya yang mahal untuk proses produksi
E. Manfaat bagi konsumen adalah konsumen merasa puas karena memperoleh barang/produk yang berkualitas dengan harga yang bersaing
33. Produk ditentukan atau dirancang oleh produsen dan diproduksi untuk kepentingan pasar, dan produk erat kaitannya dengan pemuasan kebutuhan dan keinginan konsumen. Segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen yaitu ….
A. Produksi
B. Jasa
C. Produk
D. Produsen
E. Produktivitas
34. Produk merupakan hasil kegiatan produksi yang berwujud barang atau jasa. Produk secara sempit dapat diartikan sebagai sekumpulan atribut fisik yang secara nyata terkait dalam sebuah bentuk yang dapat diidentifikasikan. Merupakan definisi produk menurut ....
A. Djasmin Saladin
B. William J. Stanton
C. Solomon
D. Philip Kotler
E. Fandy Tjiptono
35. Setiap produsen akan berusaha untuk mendesain produk yang memiliki. Keadaan yang berbeda dari suatu produk apabila dibandingkan dengan produk-produk pesaingnya pengembangan atas suatu produk yang melibatkan penentuan manfaat yang diberikan disebut ….
A. Karakteristik produk
B. Atribut produk
C. Merek produk
D. Label produk
E. Kemasan produk
36. Bagi pecinta bakso atau mie ayam, pasti tidak asing lagi dengan mangkuk berwarna putih bergambar ayam jago. Gambar tersebut sudah didaftarkan mereknya oleh perusahaan keramik PT Lucky Indah Keramik dengan nama Lukisan Ayam Jago. Pendaftaran merek ini berdasarkan pada Sertifikat Perdaftaran Merek nomor IDM00366635 dalam kelas 21 yang meliputi barang-barang piring, mangkuk, basi, tatakan cangkir, tea set, dinner set, poci, cangkir, gelas, tutup cangkir, dan vas bunga. Dengan adanya pendaftaran merek ini, maka produsen lain tidak bisa sembarangan menggunakan lukisan ayam jago pada produk mereka yang masuk kategori kelas 21. Pendaftaran merek ini mencerminkan salah satu tujuan pemberian merek yaitu ....
A. Identitas suatu produk
B. Alat promosi
C. Pembina citra
D. Pengendali pasar
E. Daya tarik
37. Persaingan produk yang semakin ketat di pasar mengharuskan produsen meningkatkan fungsi kemasan Konsumen seringkali membeli suatu produk tidak untuk segera dikonsumsi tetapi untuk persediaan, sehingga konsumen membutuhkan produk yang terlindungi secara baik isinya. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan pemakaian kemasan yaitu ....
A. Kemudahan dalam penggunaan
B. Daya tarik
C. Pelindung produk
D. Identitas
E. Distribusi
38. Perhatikan gambar produk berikut ini:
Berdasarkan gambar, label deskriptif ditunjukkan dengan nomor ....
A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V
39. Perkembangan teknologi saat ini memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan. Salah satu contohnya yaitu kemudahan perusahaan dalam memasarkan produk melalui internet. Perusahaan menyediakan layanan pelanggan secara online untuk menanggapi berbagai keluhan terkait penggunaan produk. Pelayanan yang dilakukan oleh termasuk kelompok layanan perlengkapan yaitu ....
A. Informations
B. Hospitality
C. Order taking
D. Exceptions
E. Caretaking
40. Adanya kartu anggota yang memberikan diskon setiap 10 kali laundry gratis 1 kali, serta jaminan dari pihak laundry jika ada kerusakan/kehilangan pakaian termasuk ke dalam salah satu tingkatan produk berikut yaitu ....
A. Core benefit
B. Basic product
C. Expected product
D. Augmented product
E. Potencial product
Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal, Kisi-Kisi dan Kunci Jawaban Ujian Sekolah PKK TKRO SMK, silahkan klik tautan berikut :
Posting Komentar untuk "Soal & Kunci Ujian Sekolah PKK TKRO Tahun 2022"