Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal & Kunci UTS/PTS Kelas 4 Tema 1 PPKn, B.Indonesia, SBdP 2021

Soal & Kunci UTS/PTS Kelas 4 Tema 1 PPKn, B.Indonesia, SBdP 2021

Unduh Soal & Kunci Penilaian Tengah Semester Kelas 4 Tema 1 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Pada soal PTS ini dibagi ke dalam 2 sesi tema, dimana sesi 1 terdiri dari muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia dan SBdP, sedangkan sesi 2 terdiri dari muatan pelajaran IPA dan IPS. 

Untuk membantu adik-adik kelas 4 SD dalam mempersiapkan diri menghadapi UTS/PTS, Bank Soal menyediakan Contoh Soal & Jawaban, Pembahasan Serta Kisi-Kisi Penilaian Tengah Semester Kelas 4 Tema 1.


Soal & Kunci UTS/PTS Tema 1 Kelas 4 : PPKn, Bahasa Indonesia, SBdP


1. Hal yang dapat kita pelajari saat bekerja sama dalam keragaman adalah .... 
a. membeda-bedakan teman
b. membagi tugas secara adil 
c. menolak pendapat orang lain
d. memanfaatkan orang lain
Pembahasan : Saat bekerja sama dalam keragaman, banyak hal yang dapat kita pelajari, seperti membagi tugas secara adil.
 
2. Contoh cara membina persatuan dalam keragaman adalah .... 
a. merayakan hari kemerdekaan bersama 
b. mengunggulkan budaya suku sendiri dan merendahkan suku lain
c. membuat berita jelek tentang suku lain
d. tidak mau mempelajari budaya daerah lain
Pembahasan : Merayakan hari kemerdekaan bersama dapat membina persatuan. Kita dapat mengadakan kegiatan yang dapat diikuti oleh semua lapisan masyarakat.
 
3. Dampak kegiatan kerja bakti membersihkan rumah adalah .... 
a. mempererat persatuan dan kesatuan kelas
b. mempererat persatuan dan kesatuan keluarga 
c. menjaga persatuan dan kesatuan seluruh warga sekolah
d. menjaga persatuan dan kesatuan seluruh warga di lingkungan rumah 
Pembahasan : Kegiatan yang dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh anggota keluarga akan semakin mempererat persatuan dan kesatuan keluarga.
 
4. Pernyataan yang dapat memperkuat persatuan Indonesia adalah ... 
a. Kita tidak dapat hidup berdampingan dalam keragaman.
b. Keragaman merupakan halangan untuk bersatu.
c. Keragaman di Indonesia bukanlah suatu keistimewaan.
d. Keragaman bukan halangan untuk melakukan suatu hal bersama-sama. 
Pembahasan : Keragaman bukan halangan untuk melakukan suatu hal bersama-sama. Pernyataan tersebut akan semakin memperkuat persatuan Indonesia.
 
5. Contoh perbuatan yang mewujudkan kebersamaan adalah .... 
a. sering bertengkar dengan teman
b. tidak mau belajar kelompok
c. mengikuti lomba bakiak bersama 
d. mengucilkan teman yang berbeda suku
Pembahasan : Lomba bakiak adalah lomba yang dilakukan secara berkelompok. Kita harus bekerja sama saat mengikuti lomba ini. Kegiatan ini juga merupakan wujud dari kebersamaan.
 
6. Berikut ini yang bukan merupakan manfaat gotong royong adalah .... 
a. mengurangi biaya yang dikeluarkan
b. mengurangi beban warga yang kurang mampu
c. pekerjaan menjadi lebih ringan dan cepat selesai
d. memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat 
Pembahasan : Gotong royong tidak akan memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat, justru mempererat persatuan.
 
7. Bersatu dalam keragaman akan .... 
a. mempersulit tercapainya tujuan
b. mempermudah tercapainya tujuan
c. memecah belah bangsa Indonesia
d. menimbulkan pertikaian masyarakat
Pembahasan : Semua orang bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan. Bersatu dalam keragaman akan mempermudah tercapainya tujuan.
 
8. Made dan Dondo mempunyai perbedaan pendapat. Sikap mereka sebaiknya .... 
a. mempertahankan pendapat
b. saling menjelekkan pendapat
c. memusuhi satu sama lain
d. menerima pendapat yang lebih baik 
Pembahasan : Saat ada perbedaan pendapat, kita harus tetap saling menghargai. Kita terima pendapat yang lebih baik dengan lapang dada.
 
9. Salah satu manfaat dari ronda malam adalah .... 
a. memberikan rasa aman kepada masyarakat 
b. mengurangi solidaritas masyarakat
c. menimbulkan tindak kejahatan
d. membutuhkan banyak biaya
Pembahasan : Ronda malam akan memberikan rasa aman kepada masyarakat karena setiap malam ada warga yang berkeliling dan berjaga.
 
10. Sikap bekerja sama perlu dikembangkan karena .... 
a. dapat memanfaatkan tenaga orang lain
b. ingin mendapat pujian dari orang lain
c. pekerjaan akan cepat selesai 
d. dapat menghindari tugas yang diberikan
Pembahasan : Salah satu manfaat bekerja sama adalah pekerjaan akan cepat selesai karena dikerjakan bersama.
 
Teks bacaan berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Sega jamblang atau nasi jamblang merupakan makanan khas dari Cirebon (1). Nasi jamblang memiliki ciri khas pada penyajiannya yang menggunakan daun jati (2). Lauk nasi jamblang disajikan dengan berbagai lauk antara lain tahu, tempe, paru, ayam goreng, dan sambal goreng (3). Meskipun bernama jamblang, makanan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan pohon atau buah jamblang (4). Pada awalnya, makanan ini diperuntukan bagi para pekerja paksa pada zaman Belanda (5).

11. Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor .... 
a. (1) 
b. (2)
c. (3)
d. (5)
Pembahasan : Kalimat utama adalah kalimat yang memuat inti paragraf. Kalimat utama paragraf tersebut terletak di awal paragraf yang ditunjukkan oleh nomor (1), yaitu Sega jamblang atau nasi jamblang merupakan makanan khas dari Cirebon.

12. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ... nasi jamblang. 
a. lauk
b. ciri khas
c. asal 
d. cara membuat
Pembahasan : Kalimat utama paragraf tersebut adalah Sega jamblang atau nasi jamblang merupakan makanan khas dari Cirebon. Jadi, gagasan pokok paragraf tersebut adalah asal nasi jamblang.
 
13. Ringkasan yang tepat untuk paragraf tersebut adalah .... 
a. masyarakat Cirebon sangat menyukai nasi jamblang
b. harga nasi jamblang sangatlah murah
c. lauk yang paling tepat untuk pelengkap nasi jamblang adalah tahu
d. nasi jamblang berasal dari Cirebon 
Pembahasan : Gagasan pokok yang sesuai dengan paragraf adalah asal nasi jamblang sehingga ringkasan yang tepat untuk paragraf tersebut, yaitu nasi jamblang berasal dari Cirebon.

14. Salah satu langkah percobaan untuk mengetahui bahwa jeruk nipis dapat menjadi sumber listrik adalah dengan menancapkan logam pada jeruk nipis.
Gambar yang tepat untuk langkah kerja di atas adalah .... 
a. 
 
b. 
c. 
d.
Pembahasan : Gambar yang tepat untuk langkah kerja menancapkan logam pada jeruk nipis adalah gambar c.
   
15. Perhatikan paragraf berikut!
      Sandi berasal dari keluarga sederhana. Ayahnya seorang tukang becak, sedangkan ibunya berjualan sayur di pasar. Semangat Sandi untuk belajar tidak pernah surut. Berkat doa dan usaha kedua orang tuanya, Sandi berhasil lulus dengan meraih juara pertama di sekolahnya. Semua guru, teman, dan saudara Sandi bangga atas prestasi yang diperoleh Sandi. Mereka menghormati kerja keras Sandi selama ini.
Ringkasan paragraf tersebut yang tepat adalah ... 
a. Ayah Sandi seorang tukang becak yang rajin bekerja untuk keluarganya.
b. Orang tua Sandi bekerja keras mencukupi biaya sekolah Sandi.
c. Meskipun berasal dari keluarga sederhana, Sandi mampu berprestasi. 
d. Guru Sandi bangga karena Sandi memperoleh juara umum di sekolah.
Pembahasan : Paragraf tersebut membahas tentang Sandi mampu berprestasi meskipun berasal dari keluarga sederhana.
 
Teks bacaan berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
       Sejak pagi, penduduk desa sudah berdatangan untuk kerja bakti. Hari ini, para warga akan memperbaiki jembatan desa yang rusak. Harapan mereka, jembatan segera dapat digunakan lagi secepatnya. Oleh sebab itu, penduduk desa setuju dengan adanya kegiatan kerja bakti.

16. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ... 
a. Para warga berkumpul.
b. Kerja bakti penduduk desa. 
c. Jembatan desa ambrol.
d. Harapan para penduduk desa.
Pembahasan : Gagasan pokok paragraf adalah inti permasalahan suatu paragraf dalam teks. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah kerja bakti penduduk desa.
 
17. Kalimat-kalimat pendukung pada paragraf tersebut ... gagasan pokok. 
a. mendukung 
b. tidak mendukung
c. saling bertentangan
d. berlawanan
Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut membahas tentang kerja bakti penduduk desa. Kalimat-kalimat pendukung pada paragraf tersebut juga membahas tentang kerja bakti. Dengan demikian, kalimat-kalimat pendukung pada paragraf mendukung gagasan pokok paragraf.

Teks bacaan berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Upacara adat suku Bali adalah Ngaben (1). Ngaben merupakan upacara pembakaran jenazah orang Hindu di Bali (2). Upacara Ngaben juga menjadi simbol untuk menyucikan roh orang yang telah meninggal (3). Dalam upacara ini, tidak ada air mata karena mereka menganggap bahwa jenazah hanya tidak ada untuk sementara waktu dan menjalani reinkarnasi (4). Oleh karena itu, untuk menyucikan roh tersebut, perlu dilakukan upacara Ngaben untuk memisahkan roh dengan jasad kasarnya (5).

18. Kalimat utama paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor .... 
a. (1) 
b. (2)
c. (1) dan (5)
d. (5)
Pembahasan : Kalimat utama adalah kalimat yang memuat inti paragraf. Kalimat utama paragraf di atas ditunjukkan oleh nomor (1) atau berada di awal paragraf, yaitu Upacara adat suku Bali adalah Ngaben.
 
19. Hubungan antargagasan pada paragraf di atas adalah .... 
a. tidak jelas
b. tidak terkait
c. saling terkait 
d. saling bertentangan
Pembahasan : Gagasan pokok paragraf tersebut membahas tentang upacara Ngaben. Gagasan pendukungnya membahas tentang pengertian dan arti upacara ngaben. Jadi, gagasan pokok dan gagasan pendukung pada paragraf tersebut saling terkait.

20. Suatu paragraf dianggap memenuhi syarat kepaduan jika kalimat-kalimat di dalam paragraf tersebut saling .... 
a. berkaitan 
b. bertentangan
c. bersatu
d. berlawanan
Pembahasan : Paragraf dengan kalimat-kalimat yang saling berkaitan dianggap memiliki memenuhi syarat kepaduan.
 
21. Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum pentas tari sebagai berikut, kecuali .... 
a. panggung
b. busana tari
c. tata rias
d. jumlah penonton 
Pembahasan : Sebelum pentas tari, kita perlu mempersiapkan hal-hal yang mendukung pementasan agar hasilnya memuaskan. Hal-hal yang perlu dipersiapkan misalnya panggung, busana tari, tata rias, iringan tari, dan properti.
 
22. Formasi tari yang tidak terdapat pada tari Bungong Jeumpa yaitu .... 
a. formasi sejajar
b. formasi menyilang 
c. formasi zig-zag
d. formasi melingkar
Pembahasan : Formasi-formasi yang terdapat pada tari Bungang Jeumpa yaitu sejajar, huruf V, melingkar, dan zig-zag. Formasi menyilang atau diagonal tidak terdapat pada tari Bungong Jeumpa.
 
23. Tari Bungong Jeumpa biasanya ditarikan oleh .... 
a. satu orang penari putri
b. satu orang penari putra
c. dua orang penari berpasangan
d. tiga orang penari atau lebih 
 
24. Tempat pementasan tari perlu ditata agar penari merasa .... 
a. bangga
b. kecewa
c. puas
d. nyaman 
Pembahasan : Tempat untuk mementaskan tari yang ditata akan membuat penari merasa nyaman saat bergerak menari.
 
25. Perhatikan gambar berikut.
Gambar tersebut menunjukkan formasi tari .... 
a. sejajar
b. menyilang
c. zig-zag
d. huruf V 
 
26. Saat menari, sikap tubuh kita harus .... 
a. luwes dan tegang
b. luwes dan sempurna 
c. kaku dan tegak
d. lemas dan gemulai 

27. Tari Bungong Jeumpa adalah tarian daerah yang berasal dari Provinsi .... 
a. Aceh 
b. Medan
c. Maluku
d. Jambi

28. Tari yang dibawakan oleh banyak orang disebut tari ....
a. tunggal
b. berpasangan
c. solo
d. massal 

29. Saat menarikan tari Bungong Jeumpa, ekspresi wajah kita harus .... 
a. ceria dan bersemangat 
b. sedih dan murung
c. bersemangat dan berteriak-teriak
d. susah hati dan terharu
 
30. Gerakan kaki berjalan sambil jinjit termasuk gerak .... 
a. palsu
b. tiruan
c. maknawi
d. murni 
Pembahasan : Gerakan kaki berjalan sambil jinjit tidak memiliki maksud atau arti. Gerak ini termasuk gerak murni atau gerak asli. 
 
Soal Isian 
31. Permainan lari bakiak mengajarkan kita agar ... dengan orang lain. 
Jawaban : bekerja sama
Pembahasan : Pelajaran yang dapat kita ambil dari permainan lari bakiak adalah kerja sama.

32. Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan untuk menyatukan rakyat .... 
Jawaban : Indonesia

33. Pendapat dan ide yang berbeda harus kita .... 
Jawaban : hargai
Pembahasan : Kita harus menghargai setiap pendapat dan ide yang berbeda.

34. Kita harus bekerja sama dalam hal .... 
Jawaban : kebaikan
Pembahasan : Bekerja sama hanya boleh kita lakukan dalam hal kebaikan agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

35. Perhatikan paragraf berikut! 
      Nasi gandul merupakan masakan khas daerah Pati. Menurut cerita, daerah di Pati yang memopulerkan nasi gandul ini adalah desa Gajahmati. Itulah sebabnya sering ditemui kata-kata Nasi Gandul Gajah Mati. Walaupun pada akhirnya banyak ditemui penjual nasi gandul yang tidak berasal dari desa Gajahmati, tetapi tetap banyak penjual yang menuliskan kata desa Gajahmati pada spanduk tempat makan mereka. Jika ditelusuri asal-usul pemberian nama nasi gandul, banyak versi yang mengemukakan tentang hal tersebut. 
Paragraf tersebut membahas tentang .... 
Jawaban : nasi gandul
Pembahasan : Gagasan pokok merupakan topik yang dibahas dalam paragraf. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah nasi gandul.

36. Perhatikan paragraf berikut!
    Setiap hari, penduduk kota tampak sibuk (1). Anak-anak pergi ke sekolah (2). Para pegawai dan karyawan pergi ke tempat kerja (3). Ada yang mengendarai sepeda, sepeda motor, mobil, naik angkutan atau bus (4). Jalan-jalan pun menjadi padat dan merayap (5).
Kalimat pokok paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
Jawaban : (1)
Pembahasan : Paragraf tersebut menjelaskan tentang aktivitas penduduk kota. Kalimat pokok paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor (1) yaitu Setiap hari, penduduk kota tampak sibuk.

37. Perhatikan paragraf berikut!        
    Tari Guel merupakan tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Aceh, tepatnya masyarakat suku Gayo di Provinsi Aceh. Guel berarti membunyikan. Para peneliti dan pencipta tari mengatakan tarian ini bukan hanya sekedar tari. Tari ini merupakan gabungan dari seni sastra, seni musik, dan seni tari itu sendiri. Guel menjadi tari tradisi terutama dalam upacara adat tertentu. Tari ini juga merupakan apresiasi terhadap wujud alam yang kemudian dirangkai sedemikian rupa melalui gerak. 
Hal yang dibahas pada paragraf tersebut adalah .... 
Jawaban : tari Guel
Pembahasan : Hal yang dibahas dalam teks merupakan gagasan pokok atau topikdalam teks. Gagasan pokok paragraf tersebut adalah tari Guel.

38. Informasi dari teks bisa kita dapatkan dengan cara .... 
Jawaban : membaca teks dengan cermat
Pembahasan : Menemukan informasi dari teks bisa kita lakukan dengan cara membaca teks dengan cermat.

39. Iringan tari harus sesuai agar dapat menyatu dengan ... tari. 
Jawaban : gerakan

40. Perhatikan gambar berikut!
Gerakan kaki pada gambar tersebut dikenal dengan istilah .... 
Jawaban : trecetan
Pembahasan : Gerak kaki trecetan dilakukan dengan melangkahkan kaki dengan jinjit ke kanan atau ke kiri secara cepat seperti pada gambar tersebut.


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan soft copy Contoh Soal UTS/PTS Kelas 4 Tema 1, silahkan klik tautan berikut :

Soal UTS/PTS Kelas 4 Tema 1 IPA dan IPS => Klik di sini. 

Demikian informasi tentang Soal & Kunci UTS/PTS Kelas 4 Tema 1 PPKn, B.Indonesia, SBdP 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Soal & Kunci UTS/PTS Kelas 4 Tema 1 PPKn, B.Indonesia, SBdP 2021"