Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal & Jawaban OTK Humas dan Keprotokolan SMK Kelas 11 Semester 1 2021

Soal & Jawaban OTK Humas dan Keprotokolan SMK Kelas 11 Semester 1 2021

Unduh Soal & Jawaban OTK Humas dan Keprotokolan Kelas 11 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 - Setiap selesai mempelajari satu kompetensi dasar, siswa diuji melalui beragam bentuk soal evaluasi untuk mengetahui kompetensi pengetahuan yang dimilikinya setelah mempelajari materi yang diberikan oleh guru.

Untuk membantu adik-adik kelas 11 dalam belajar, Bank Soal menyediakan Soal & Jawaban OTK Humas dan Keprotokolan Kelas 11 Semester Gasal Tahun 2021/2022.



Download Soal & Jawaban Pilihan Ganda OTK Humas dan Keprotokolan Kelas 11 Semester Gasal


1. Siapa tokoh pelopor awal kemunculan humas modern yang menjadikan ahli komunikasi sebagai agaen pers menurut Morissan (2008:3)?
A. George Parker
B. Lee Ledbetter Ivy
C. Ivy Ledbetter Lee
D. Woodrow Wilson
E. George Creel

2. Dalam kronologi perkembangan humas di negara-negara barat, pada tahun berapa publik mulai diberi pendidikan dan dihargai?
A. 1865-1900
B. 1918-1945
C. 1928
D. 1945-1968
E. 1968-1979

3. Pada tahun berapa publik mulai terbuka dan banyak tahu tentang peran humas?
A. 1865-1900
B. 1918-1945
C. 1928
D. 1945-1968
E. 1968-1979

4. Secara umum, apa yang dimaksud dengan humas?
A. Humas adalah usaha untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara suatu lembaga dan pihak masyarakat melalui suatu proses komunikasi timbal balik, hubungan yang harmonis, dan saling mempercayai.
B. Suatu aktivitas yang dilakukan oleh industri, perserikatan, perusahaan, perhimpunan, jawatan pemerintah, atau organisasi lainnya untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang sehat dan bermanfaat dengan masyarakat tertentu atau masyarakat pada umumnya dengan maksud menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar dan memperkenalkan dirinya kepada masyarakat.
C. bentuk tanggung jawab organisasi atas kepentingan publik atau kepentingan masyarakat luas dan berkaitan dengan niat baik (good will) serta nama baik (reputasi).
D. bentuk fungsi managemen khas yang  mendukung pembinaan dan membangun upaya saling menguntungkan melalui komunikasi, pengertian, penerimaan, dan kerja sama yang baik antara organisasi dan publiknya.
E. suatu kegiatan pengkomunikasian informasi, gagasan, serta pendapat dari suatu lembaga kepada publik, dan sebaliknya dari publik ke lembaga.

5. Pengertian humas menurut Rumanti (2002) adalah�
A. Humas adalah usaha untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara suatu lembaga dan pihak masyarakat melalui suatu proses komunikasi timbal balik, hubungan yang harmonis, dan saling mempercayai.
B. Suatu aktivitas yang dilakukan oleh industri, perserikatan, perusahaan, perhimpunan, jawatan pemerintah, atau organisasi lainnya untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang sehat dan bermanfaat dengan masyarakat tertentu atau masyarakat pada umumnya dengan maksud menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar dan memperkenalkan dirinya kepada masyarakat.
C. Bentuk tanggung jawab organisasi atas kepentingan publik atau kepentingan masyarakat luas dan berkaitan dengan niat baik (good will) serta nama baik (reputasi).
D. Bentuk fungsi managemen khas yang  mendukung pembinaan dan membangun upaya saling menguntungkan melalui komunikasi, pengertian, penerimaan, dan kerja sama yang baik antara organisasi dan publiknya.
E. Suatu kegiatan pengkomunikasian informasi, gagasan, serta pendapat dari suatu lembaga kepada publik, dan sebaliknya dari publik ke lembaga.

6. Berikut ini merupakan 4 model humas menurut James Grunig dan Todd Hunt (Grunig and Hunt�s Four Models) kecuali...
A. Press agentry model
B. Public information model
C. Press information model
D. Two-way asymmetric model
E. Two-way symmetric model

7. Gagasan dalam komunikasi dua arah, namun komunikasi dalam model ini bersifat tidak seimbang karena perubahannya hanya terjadi pada sikap atau perilaku publik bukan pada organisasi merupakan pengertian model humas�
A. Press agentry model
B. Public information model
C. Press information model
D. Two-way asymmetric model
E. Two-way symmetric model

8.Ciri model humas public information dalam hal tujuannya yaitu�
A. Penyebaran informasi
B. Propaganda
C. Peruasi saintifik
D. Pemahaman bersama
E. Pemahaman pribadi

9. Ciri model humas press agentry dalam hal sifat komunikasinya yaitu�
A. Satu arah dan kebenaran penting
B. Satu arah dan kebenaran tidak penting
C. Dua arah yang tidak seimbang
D. Dua arah yang seimbang
E. Satu arah yang tidak seimbang

10. Hakikat humas adalah�
A. Organisasi
B. Kinerja
C. Komunikasi
D. Informasi
E. Modifikasi

11. Berikut ini merupakan karakteristik humas, kecuali�
A. Adanya upaya komunikasi yang bersifat dua arah
B. Terencana
C. Berorientasi pada organisasi
D. Sasarannya adalah publik
E. Berorientasi pada kepentingan orang perorangan

12. Aktivitas yang berkesinambungan, memiliki metode terintegrasi dengan bagian lain, dan hasilnya nyata adalah salah satu karakteristik humas yaitu�
A. Adanya upaya komunikasi yang bersifat dua arah
B. Terencana
C. Berorientasi pada organisasi
D. Sasarannya adalah publik
E. Berorientasi pada kepentingan orang perorangan

13. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan humas adalah�
A. Meningkatkan bobot kualitas pegawai
B. Menyebarluaskan citra sukses yang telah dicapai oleh perusahaan kepada masyarakat dalam rangka mendapat pengakuan
C. Mendukung keterlibatan perusahaan kepada masyarakat luas serta membuka pasar-pasar ekspor baru
D. Meyakinkan khalayak bahwa perusahaan tidak akan bertahan setelah krisis
E. Mengubah citra umum di mata khalayak sehubungan dengan kegiatan-kegiatan baru yang dilakukan perusahaan

14. Berikut ini merupakan manfaat humas menurut Frank Jefkins (2010:8) kecuali�
A. Dapat menjadi tim dalam manajemen krisis
B. Dapat menjadi operator dalam penerbitan desktop (Desktop Publishing/DTP)
C. Dapat menjadi pengguna identitas perusahaan
D. Dapat menjadi perantara dalam hubungan parlemen
E. Dapat menjadi perantara dalam hubungan finsnsial

15. Apa yang dimaksud dengan publik internal?
A. Publik yang menjadi bagian dari unit/badan/perusahaan/organisasi itu sendiri
B. Publik utama perusahaan yang menentukan hidup dan matinya perusahaan
C. Publik kurang penting bagi perusahaan
D. Publik yang bisa diabaikan oleh perusahaan
E. Publik yang didalamnya terdapat keluarga pimpinan dan keluarga karyawan intansi perusahaan yang bersangkutan

16. Publik internal yang didalamnya berupa pensiunan, pegawai tidak tetap, dan alih daya merupakan jenis publik internal�
A. Primer
B. Sekunder
C. Tersier
D. Marginal
E. General

17. Menjaga komunikasi yang baik antar karyawan, terutama antara atasan dan bawahan. Selain itu, perlu ada kontak pribadi sehingga suasana akrab dan luwes dalam pergaulan akan tercapai merupakan salah satu kegiatan dari publik�
A. Primer
B. Sekunder
C. Tersier
D. Marginal
E. Internal

18. Berikut ini yang bukan merupakan elemen publik internal adalah�
A. Hubungan dengan lingkungan sekitar
B. Hubungan dengan karyawan
C. Hubungan dengan para manager
D. Hubungan dengan para pemegang saham
E. Hubungan dengan para serikat buruh

19. Mengapa humas harus mampu menjaga hubungan dengan karyawan?
A. Karena besar kecilnya modal perusahaan ditentukan oleh karyawan
B. Karena kemampuan karyawan dalam mengelola perusahaan akan berdampak pada keuntungan perusahaan
C. Karena untuk mengetahui kritik dan saran mereka yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dalam organisasi
D. Karena untuk menyelesaikan masalah yang terjadi diantara para serikat buruh
E. Karena sebagai jembatan untuk mengkoordinasikan pekerjaan antar bagian

20. Berikut ini yang bukan merupakan publik eksternal adalah�
A. Pelanggan
B. Pemasok bahan baku
C. Distributor hasil produksi 
D. Masyarakat
E. Manager

21. Apa yang dimaksud dengan publik eksternal marginal?
A. Komunitas di dalam instansi dan memiliki pengaruh terbesar
B. Komunitas diluar instansi, tetapi mempunyai pengaruh penekanan yang perlu diperhatikan
C. Lembaga pemerintah
D. Mitra instansi pemerintah pusat dan daerah
E. Media massa

22. Elemen publik eksternal menurut Effendy yaitu, kecuali�
A. Hubungan dengan pelanggan
B. Hubungan dengan media massa dan pers
C. Hubungan dengan pemerintah
D. Hubungan dengan karyawan perusahaan
E. Hubungan dengan para pemasok

23. Dampak positif yang diharapkan dari kegiatan publik eksternal adalah�
A. Terciptanya kesenggangan publik eksternal dan perusahaan
B. Menciptakan hubungan harmonis antara publik eksternal dan perusahaan
C. Menghindari citra baik perusahaan di mata publik eksternal
D. Menurunkan kepercayaan publik eksternal kepada perusahaan
E. Menciptakan hubungan harmonis antar relasi perusahaan

24. Berikut ini merupakan aspek humas, yiatu�
A. Layanan, komunikasi, kesetiaan, sikap, produktivitas
B. Layanan, komunikasi, sikap, opini, produktivitas
C. Layanan, komunikasi, kesetiaan, produktivitas, etika
D. Layanan, komunikasi, opini, etika
E. Layanan, potensi, sikap, etika, produktivitas

25. Berikut ini yang bukan merupakan sistematika kegiatan humas, yaitu�
A. Penelitian
B. Perencanaa
C. Penggiatan
D. Penilaian
E. Pengelompokkan

26. Mendapat pengakuan dan publikasi tentang apa yang telah mereka lakukan bagi kepentingan umum merupakan�. humas profesi
A. Pengertian
B. Tujuan
C. Manfaat
D. Fungsi
E. Prinsip

27. Commuunication manager role terdiri atas 3 sub peran, berikut ini yang bukan sub peran tersebut yaitu�
A. Penasihat ahli
B. Communicator
C. Fasilitator komunikasi
D. Fasilitator proses pemecahan masalah
E. Problem solving process facilitator

28. Berikut ini merupakan dasar hukum regulasi pemerintah, kecuali�
A. UU No. 14 Tahun 2008
B. Permen PAN dan Reformasi birokrasi RI No. 30 Tahun 2011
C. Permen PAN dan Reformasi Birokrasi RI No. 32 Tahun 2011
D. PER/12/M.PAN/08 Tahun 2007
E. UU No. 25 Tahun 2009

29. Salah satu asas umum humas pemerintah yaitu Integritas, yang dimaksud dengan integritas adalah�
A. Tidak memihak dalam melaksanakan tugas
B. Mengutamakan hati nurani dalam bersikap dan bertindak
C. Bersikap independen dengan komitmen yang tinggi
D. Menepati janji dan konsisten dalam melaksanakan tugas
E. Mempertanggung jawabkan setiap kegiatan dan hasilnya

30. Berikut ini yang tidak termasuk asas umum humas pemerintah adalah�
A. Terbuka
B. Objektif
C. Jujur
D. Subyektif
E. Etis

31. Tata kelola kehumasan yang berorientasi pada proses pencitraan dan penciptaan nilai merupakan salah satu� humas pemerintah
A. Tugas pokok
B. Fungsi
C. Manfaat
D. Peran
E. Prinsip dasar

32. Menciptakan iklim hubungan internal dan eksternal yang kondusif dan dinamis merupakan salah satu� humas pemerintah
A. Tugas pokok
B. Fungsi
C. Manfaat
D. Peran
E. Prinsip dasar

33. Terdapat beberapa tugas pokok humas pemerintah, kecuali�
A. Melaksanakan komunikasi timbal balik antara instansi pemerintah dan publik secara terencana demi menciptakan rasa saling mengerti dalam mencapai tujuan dan manfaat bersama
B. meningkatkan kelancaran arus informasi dan aksesbilitas publik
C. Meningkatkan koordinasi dalam penyebarluasan informasi tentang kebijakan pemerintah
D. Membangun citra dan reputasi positif
E. Menjadi penghubung antara instansi dan publik

34. Pedoman untuk pengelolaan infrastruktur kehumasan, serta acuan bagi pembuatan petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis infrastruktur kehumasan dilingkungan instansi pemerintah merupakan pengertian dari�
A. Pedoman humas
B. Tujuan pedoman humas
C. Tujuan pedoman umum infrastruktur humas
D. Manfaat pedoman umum infrastruktur humas
E. Manfaat humas

35. Apa yang dimaksud dengan pojok cendera mata yang terdapat dalam humas pemerintah?
A. Ruangan yang disediakan untuk wartawan untuk mencari informasi dan berdiskusi
B. Fasilitas yang menyediakan segala informasi yang dibutuhkan media massa
C. Pojok yang menyediakan berbagai cendera mata untuk mempromosikan instansi yang bersangkutan
D. Perangkat kerja humas yang wajib dimiliki
E. Alat pendukung untuk mengontrol informasi yang disampaikan

36. Kelaompok atau orang-orang yang berkomunikasi dengan suatu organisasi, baik secara internal maupun eksternal adalah pengertian khalayak menurut�
A. Frank Jammie
B. Frank Jefkins
C. Rosadi Ruslan
D. Silih Agung Wasesa
E. Effendy

37. Mengapa membangun citra positif dimata investor merupakan hal utama yang tidak boleh diabaikan oleh perusahaan?
A. Karena investor merupakan orang yang menanamkan modalnya di perusahaan
B. Karena investor adalah sumber pendanaan perusahaan
C. Karena citra positif perusahaan dimata investor akan menjadikan mereka percaya dan yakin untuk menempatkan modalnya di perusahaan
D. Karena investor merupakan khalayak eksernal
E. Karena citra positif sangatlah penting walaupun tidak untuk dinilai dimata investor

38. Mengapa konsumen dan pemakai produk merupakan jenis khalayak yang memiliki pengaruh yang besar bagi perusahaan?
A. Karena semakin banyak konsumen yang memiliki citra positif, maka semakin poitif pula citra perusahaan
B. Karena semakin banyak konsumen akan suatu produk, semakin besar pula keuntungan perusahaan
C. Karena semakin loyal konsumen terhadap suatu produk, maka semakin tinggi juga nilai produk tersebut dimata masyarakat
D. Karena semakin banyak konsumen yang menggunakan suatu produk, maka akan semakin tinggi daya saingnya
E. Karena konsumen merupakan pemakai produk yang dihasilkan oleh perusahaan

39. Berikut ini yang buakan merupakan organisasi profesi humas yaitu�
A. Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas)
B. Asosiasi Perusahaan Public Relations (Aphumasi)
C. Public Relations of American
D. Institute Public Relations of American
E. Netherlands Society of Public Relations

40. Pada tanggal berapa para praktisi humas di Indonesia mendirikan Perhumasi di Jakarta?
A. 15 Agustus 1972
B. 15 September 1972
C. 15 Desember 1972
D. 13 Desember 1972
E. 13 September 1972


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan Soal dan Kunci Jawaban OTK Humas dan Keprotokolan Kelas XI, silahkan klik tautan berikut :

Demikian informasi tentang Soal dan Jawaban OTK Humas dan Keprotokolan SMK Kelas 11 Semester 1 2021 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.
MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Soal & Jawaban OTK Humas dan Keprotokolan SMK Kelas 11 Semester 1 2021"