Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain & Kemasan Produk Materi PKK Kelas 12 Tahun 2022

Unduh Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Desain & Kemasan Produk Kelas 12 Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 - Kemasan adalah salah satu cara untuk mengenalkan identitas produk usaha kepada konsumen. Kemasan atau packaging sangat berkaitan erat dengan pengenalan itu sendiri. Jika saat ini Anda telah memiliki produk, tetapi belum memiliki desain untuk kemasan produknya, sekarang saatnya untuk mulai membuat desain kemasan untuk produk.

Idealnya, tenaga pemasaran atau produsen menyediakan informasi dan poin-poin yang spesifik dan detail untuk mengukur tujuan-tujuan yang hendak dicapai dalam desain kemasan dengan tepat. Oleh karena itu, kemasan sebuah produk merupakan salah satu unsur yang memengaruhi banyaknya penjualan atau minat konsumen terhadap produk tersebut. 



Fungsi dan Manfaat Kemasan

Beberapa hal yang berkaitan dengan fungsi dan manfaat kemasan, antara lain sebagai berikut.

a. Fungsi Protektif

Tujuan atau fungsi utama dari adanya kemasan produk adalah melindungi produk dari goresan atau cacat produk yang membuat produk menjadi rusak. Fungsi perlindungan itu tidak hanya saat produk didistribusikan, tetapi juga ketika produk sudah berada di toko-toko ritel.

b. Daya Tarik

Umumnya, banyak perusahaan melakukan sebuah riset terlebih dahulu tentang skema warna, desain, ukuran, atau jenis kemasan produk yang akan dipasarkan. Hal ini dilakukan agar tingkat pemasaran produknya jauh lebih luas. Jika Anda ingin produk yang dijual memiliki banyak peminat, Anda dapat menyiapkan desain kemasan yang tepat untuk produk usaha Anda.

c. Promosi

Kemasan digunakan sebagai sarana promosi dengan mempertimbangkan preferensi konsumen menyangkut warna, ukuran, dan penampilan produk.

d. Mendukung Keputusan Berbelanja

Akan lebih baik jika kemasan produk mencantumkan informasi yang nantinya dapat memengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk. Informasi yang dapat dicantumkan, antara lain manfaat, kegunaan, komposisi bahan, tanggal kedaluwarsa, dan cara pembuatan produk. Sampaikan informasi dengan jelas, padat, dan jangan terlalu berlebihan agar pesan utama dari keberadaan produk tersebut tersampaikan dengan baik.

e. Diferensiasi

Kemasan juga dapat dijadikan sebagai identitas bagi sebuah produk. Contohnya, ada beberapa produk mi instan yang ditata rapi pada sebuah toko. Produk tersebut secara fungsi sama-sama mi instan dengan rasa yang mungkin tidak jauh berbeda satu sama lain. Namun, bisa jadi konsumen lebih memilih mi instan dengan kemasan yang lebih unik dan menarik, baru kemudian memastikan merek dagangnya.

Membuat Kemasan yang Menarik

a. Desain Kemasan Sesuai Target Market

Usahakanlah untuk mendesain kemasan produk sesuai dengan target pasarnya. Jadi, jika target pasar Anda adalah mereka yang baru berusia 5-12 tahun, maka usahakanlah untuk membuat kemasan produk yang ditambahkan dengan tokoh atau gambar kartun yang digemari oleh anak-anak, atau Anda bisa membentuk kemasan tersebut seperti mainan.

b. Membuat Desain Kemasan yang Unik

Salah satu hal terpenting dalam membentuk kemasan adalah Anda harus mendesain kemasan tersebut secara lebih unik, inovatif, dan juga berbeda dari produk lain. Dengan membuat kemasan yang unik, maka minat masyarakat untuk membeli produk Anda akan meningkat. Contoh sederhananya jika Anda berbelanja di supermarket dan melihat adanya deretan kemasan produk kotak dalam satu rak, lalu Anda melihat ada satu kemasan yang bentuknya bulat. Bisa dipastikan Anda akan penasaran dengan isi yang ada di dalamnya.

c. Membuat Kemasan dalam Beberapa Ukuran

Jika produk yang Anda jual adalah produk yang tergolong baru, maka usahakanlah untuk membuat kemasan produk dalam berbagai variasi ukuran, seperti small, medium atau large. Masyarakat akan lebih cenderung untuk membeli kemasan yang lebih kecil dalam membeli produk baru.

d. Mencantumkan Informasi Produk secara Lengkap 

Usahakan juga untuk mencantumkan informasi produk di setiap kemasannya. Seperti komposisi produk, jenis, cara konsumsi, hingga tanggal kadaluarsa. Buatlah informasi yang jelas, padat dan singkat


Bagi Bapak/Ibu dan Adik-Adik yang memerlukan soft copy Materi Desain & Kemasan Produk PKK Kelas 12 SMK, silahkan klik link berikut ini  : 

Demikian informasi tentang Materi PKK Desain & Kemasan Produk Kelas 12 Semester 2 Tahun 2022 yang bisa Bank Soal berikan. Jangan lupa Follow ya biar selalu dapat notifikasi informasi terbaru dari Bank Soal. Terima kasih.

 

Desain & Kemasan Produk Materi PKK Kelas 12 Tahun 2022

MasTer
MasTer alone

Posting Komentar untuk "Desain & Kemasan Produk Materi PKK Kelas 12 Tahun 2022"